Cara Menanam Bawang Merah, FLOWERian.com – Bawang merah termasuk salah satu dari sembilan bahan pokok yang sering dipakai untuk bumbu masakan, beberapa orang justru gemar makan mentah karena menyimpan rasa unik.

Angka permintaan tinggi mengakibatkan harga melonjak naik di pasaran, oleh karena itu tak ada salahnya coba menanam sendiri di rumah.

Sebenarnya Cara Menanam Bawang Merah hampir sama dari sang “saudara tiri”nya, bawang putih.

Tak perlu cari benih atau bibit khusus dari toko pembibitan, cukup pergi ke supermarket atau pasar untuk membeli beberapa siung bawang segar yang masih memiliki akar dibagian bawah.




Akan tetapi ada beberapa metode yang sedikit berbeda dari penanaman bawang merah, sehingga harus diperhatikan seksama.

Sebelum mulai bercocok tanam, siapkan tiga item penting seperti pot, tanah gembur dan pisau. Langkah selanjutnya cukup ikuti poin-poin berikut ini:

Langkah Persiapan Cara Menanam Bawang Merah

Tips Cara Menanam Bawang Merah

1. Cari beberapa siung bawang merah yang masih bagus, keras dan memiliki sistem akar berkualitas.




Sistem akar terletak dibagian bawah dan butuh waktu untuk menemukan yang terbaik. Coba cari di pasar, supermarket atau datangi langsung penadah hasil panen.

2. Hanya bagian bawah dari bawang merah yang dibutuhkan, yakni sistem akar. Oleh karena itu, potong saja bagian bawah dengan pisau setidaknya 1,5-2 inci.

3. Taruh potongan bagian bawang merah ke area gelap nan kering selama 1-2 hari, atau biarkan hingga bagian bawah yang terpotong mengering.

Proses ini sengaja dilakukan agar bagian yang terpotong tidak membusuk ketika ditanam ke tanah. Ini wajib dilaksanakan sebelum penanaman dimulai.




4. Siapkan beberapa pot, isi dengan tanah gembur sebanyak 2/3. Cara Menanam Bawang Merah

yaitu memasukkan siung ke tanah di posisi tengah pot. Dorong secara perlahan lalu tutupi dengan tanah. Ingat, bagian sistem akar harus dibawah dan bukan sebaliknya.

5. Atur posisi pot di area yang terkena sinar matahari langsung. Lakukan penyiraman berkala secara mingguan atau secukupnya saja agar tanah selalu lembab. Biarkan daun bawang baru tumbuh dan berkembang.

6. Segera cabut bawang keluar dari tanah ketika tanaman bawang baru sudah terbentuk kuat.

Usai beberapa hari tertanam di tanah, potongan bawah siung sudah memiliki sistem akar tangguh dan mungkin saja ada lebih dari satu tangkai dengan beberapa daun.

Pisahkan batang tersebut dengan pisau untuk ditanam terpisah.

7. Langkah selanjutnya cukup memindahkan tanaman di lahan tanah pekarangan. Cari lokasi yang terus disinari matahari.

Potong beberapa daun yang ada di batang bawang untuk mendorong umbi tumbuh besar. Bawang merah siap panen antara 108-110 hari usai penanaman benih.

Demikian cara menanam bawang merah yang hanya bermodalkan siung, pot, tanah gembur dan pisau.

Apakah masih mau terus membeli? Segala kemudahan dari proses persiapan dan penanaman harus dimanfaatkan sebaikmungkin untuk coba bercocok tanam sendiri.

Meskipun memakan waktu panen cukup lama, setidaknya bisa memenuhi kebutuhan sendiri dengan pengeluaran lebih irit.

Jika kondisi tanah bebas dari segala kandungan kimia, maka bawang merah yang dihasilkan jauh lebih baik lagi.

Langkah-langkah diatas bahkan tak menyebut penggunaan pupuk kimia, jadi semua ditempuh secara organik dan boleh saja menggunakan kompos.

Suka kentang? Ketahui juga: Cara Menanam Kentang

Cara Menanam Bawang Merah pada artikel ini sangat dianjurkan bagi pemula yang ingin menggeluti bercocok tanam sebagai hobi baru.

Untuk memperoleh hasil optimal, cari siung bawang dalam kondisi terbaik sehingga hasil panen memuaskan.

Jika masih kerap menemui kegagalan, baca berulang kali prosedur diatas untuk mengetahui poin penting yang tak sengaja terlewati.







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
26 + 6 =