Cara Menanam Bawang Putih, FLOWERian.com – Bawang putih termasuk salah satu sembilan bahan pokok dapur yang terus mengalami pelonjakan harga pasar dalam beberapa tahun terakhir.

Ketimbang terus menerus beli, coba tanam sendiri di sekitar pekarangan rumah. Bagaimana Cara Menanam Bawang Putih? Mudah sekali, bahkan tak perlu beli benih khusus.

Siung bawang justru bisa ditanam kembali sebagai benih dan proses penumbuhan tak memakan waktu lama hingga akhir masuk masa panen.

Jika sudah siap untuk bercocok tanam, ikuti langkah-langkah berikut ini!




Cara Menanam Bawang Putih Waktu penanaman

Gambar Foto Cara Menanam Bawang Putih Menggunakan PotBawang putih bisa tumbuh pada beragam iklim. Akan tetapi tumbuh kurang subur pada area terlalu panas, lembab atau sering turun hujan.

Dianjurkan mulai tanam jelang berakhirnya musim hujan atau awal musim panas agar proses penumbuhan tidak menemui hambatan berarti.

Tentukan lokasi & tanah




Bawang putih tumbur subur di area yang menerima sinar matahari penuh, sedangkan tanah harus dicangkul lebih dahulu agar lebih gembur.

Pastikan tanah mudah menyerap air, hindari lahan yang didominasi tanah liat. Sebelum mulai menanam benih, segera suburkan tanah dengan kompos.

Benih segar

Cara Menanam Bawang Putih tergolong mudah, hanya perlu menyiapkan siung dalam kondisi segar.




Beli beberapa siung bawang putih yang ada di pasar atau supermarket. Pilih siung besar, keras dan berkualitas tinggi, disarankan hasil metode penanaman organik agar bebas dari semprotan kandungan kimia.

Siapkan siung bawang yang masih terbungkus kulit luar, jangan pakai yang rusak karena tidak akan tumbuh. Sebaiknya tanam siung ukuran besar.

Penanaman

Tanam satu siung ke tanah sedalam 5 cm dengan ujung kepala mengarah ke atas. Jarak setiap siung sekitar 20 cm untuk kondisi pertumbuhan terbaik.

Penutupan

Usai siung tertanam, segera tutupi permukaan tanah dengan jerami atau rerumputan kering. Selain itu, bisa juga memakai kompos dan dedaunan kering. Pilih saja yang paling mudah dan murah diperoleh.

Cara Menanam Bawang Putih Pemupukan

Pemupukan termasuk salah satu Cara Menanam Bawang Putih yang harus cermat diperhatikan.

Segera pupuki lapisan teratas dengan kompos. Siung yang telah tertanam butuh pemupukan pada saat penanaman.

Lakukan pemupukan secara berkala, begitu juga pada lahan jika ingin kembali bercocok tanam.

Penyiraman

Usai siung tertanam, penyiraman harus rutin. Benih wajib berada di lingkungan tanah lembab untuk bantu akar berkembang.

Meski butuh air, jangan siram terlalu banyak sehingga benih bawang tak bisa tumbuh sebagaimana mestinya, atau mungkin membusuk. Oleh karena itu tak disarankan menanam saat puncak musim hujan.

Jika hujan tidak kunjung turun, boleh menyirami dengan banyak air setidaknya seminggu sekali.

Sebenarnya penyiraman pada bawang putih tidak begitu perlu kecuali saat tanah benar-benar kering pada puncak musim kemarau.

Meskipun demikian, jangan beri air terlalu banyak karena bawang putih termasuk tanaman yang tak menyukai tanah basah.

Kurangi penyiraman pada saat tanaman semakin membesar dan memasuki puncak musim kemarau.

Bawang putih sebenarnya butuh suhu udara panas dan kering agar umbi dibagian bawah semakin matang.

Dalam hal perawatan hanya perlu pemupukan dan penyiraman berkala, namun harus tetap mewaspadai hama pengganggu seperti tikus yang tak segan menggali dan mengambil umbi yang belum matang.

Yuk pelajari juga: Cara Menanam Bawang Merah

Demikian Cara Menanam Bawang Putih yang bisa dilakukan pemula di sekitar pekarangan rumah dengan lahan minim sekalipun.

Metode penanaman tidak sulit, begitu pula perawatan. Dengan mengikuti semua instruksi, maka kemungkinan besar memperoleh hasil terbaik saat panen tiba.







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
14 − 8 =