Cara Menanam Cabe Di Polybag, FLOWERian.com – Beragam cara menanam cabe tanpa harus memiliki rumah dengan tanah pekarangan luas, salah satunya metode indoor dengan menggunakan polybag. Ternyata metode alternatif itu sangat cocok untuk dataran tinggi dan dataran rendah.

Cara Menanam Cabe Di Polybag hanya perlu memperhatikan kondisi lokasi dan iklim. Tanaman ini tumbuh subur di atas daratan dengan ketinggian 0-2000 meter dari permukaan laut dan menyukai temperatur udara 24-27 derajat Celsius bahkan lebih tergantung jenis.

Tertarik tanam cabe memakai polybag? Pelajari teknik rahasianya berikut ini!

Langkah Langkah Cara Menanam Cabe Di Polybag

1. Pemilihan benih




Beragam jenis cabe ada di pasaran, mulai dari hybrid hingga lokal, dimana teknik penanaman tak jauh berbeda sama sekali.

Jika belum pernah punya pengalaman tanam cabe, pilih benih berkualitas yang sudah diformulasi khusus tahan gangguan penyakit dan hama. Benih ini bisa diperoleh via toko pembibitan dengan harga tertentu.

Benih cabe lokal hasil seleksi ketat jauh lebih unggul ketimbang lokal tanpa seleksi, dimana keunggulan terletak pada kemampuan produktivitas.




Jika ingin proyek pertama berhasil, disarankan pilih benih lokal yang sudah terbukti tahan banting dengan kondisi iklim Indonesia.

2. Penyemaian

Benih cabe harus melalui proses penyemaian terlebih dahulu sebelum pindah ke polybag ukuran lebih besar.

Hal ini sengaja dilakukan untuk mengetahui mana benih yang tumbuh optimal sebagai bibit potensial. Proses ini bisa melalui penampan pembibitan yang terisi campuran tanah dengan kompos.




Benih ditanam dengan jarak 7.5 cm lalu tutupi dengan permukaan tanah dan langsung siram sedikit air.

Pastikan tanam tetap basah atau lembab selama 3-4 hari. Biasanya benih akan tumbuh menjadi tunas pada hari ke-4 dan masih rentan rusak terhadap beberapa faktor seperti panas berlebih.

Oleh karena itu perlu ditutupi dengan plastik transparan. Bibit boleh pindah ke polybag ukuran besar setelah berusia 3-4 minggu atau memiliki 3-4 daun.

3. Pemilihan polybag

Cara Menanam Cabe Di Polybag sangat tergantung pada medium tumbuhnya. Disarankan pilih polybag dengan kapasitas melebihi 30 cm sehingga mampu menahan tanaman yang terus tumbuh besar.

Jika takut ukuran tanaman terus membesar tak terkendali, boleh mengganti polybag dengan pot dari plastik, tanah, semen ataupun keramik.

Usai menyiapkan beberapa buah polybag, langkah selanjutnya yaitu menentukan medium penanaman.

Boleh saja memakai tanah campuran dengan kompos ataupun sekam padi. Ada dua komposisi yang bisa dicoba, yaitu 2:1 (tanah gembur 2, kompos 1) dan 1:1:1 (tanah gembur 1, pupuk 1 dan sekam padi 1).

Cara Menanam Cabe Di Polybag – Pemindahan Bibit

4. Pemindahan bibit

Proses pemindahan bibit termasuk salah satu cara menanam cabe di polybag yang patut diperhatikan seksama.

Segera lakukan pemindahan bibit usai segala sesuatu siap, termasuk polybag dan medium penanaman.

Ada beberapa hal wajib diperhatikan sewaktu pemindahan. Lakukan pada pagi dan sore hari sewaktu terik matahari tidak terlalu panas demi mengurangi stres pada bibit.

Proses pemindahan bibit dari penampan ke polybag harus dilakukan hati-hati jangan sampai merusak bagian akar.

Buat celah lubang dengan kedalaman 5-7 cm untuk menanam bibit beserta akar dan tanah yang masih tertempel.

Gunakan sisa tanah pada penampan untuk menutupi celah lubang pada polybag. Segera basahi tanam ketika proses pemindahan selesai.

Coba juga untuk belajar Cara Menanam Onclang/Daun Bawang

Sebenarnya Cara Menanam Cabe Di Polybag hampir serupa layaknya cocok tanam dengan pot atau tanah lahan terbuka.

Proses pemilihan benih, penyemaian dan pemindahan masih sama sederhana alias tak sulit untuk seorang pemula minim pengalaman berkebun secara indoor.







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
9 + 26 =