Cara Menanam Cabe Merah, FLOWERian.com – Cabe merah termasuk jenis tanaman yang bisa tumbuh kapan saja.

Walaupun tengah berada di puncak musim hujan sekalipun, tanaman dapat tumbuh subur via metode indoor dengan penggunaan pot.

Cara Menanam Cabe Merah untuk semua jenis varian ternyata tak jauh berbeda satu sama lain. Benih bisa diperoleh langsung dari biji cabe segar atau beli jadi via toko pembibitan.

Jika tertarik menanam jenis varian tertentu, coba beli benih secara online. Jelang datangnya musim panas, segera ubah lahan kosong sekitar pekarangan rumah untuk menanam cabe merah secara outdoor.




Cara Menanam Cabe Merah – Jenis Jenis Cabe Merah

Karena metode penanaman dan perawatan tergolong mudah, pertimbangkan menanam lebih dari satu varian.

Tak ada salahnya anda mencoba menanam ‘Trinidad Scorpion Butch T’ yang saat ini dianggap cabe merah terpedas se-dunia.

Rasa pedas cabe merah dipengaruhi beberapa faktor seperti tingkat kematangan serta iklim tempat tubuh. Berikut ini daftar varian yang bisa ditanam sekitar pekarangan rumah:




a. Pedas sedang: Poblana.

b. Pedas: Heatwave, Inferno, Jalapeno.

c. Sangat pedas: Demon Red, Pinochio’s Nose, Tabasco.

d. Super pedas: Prairie Fire, Tropical Heat.




e. Super sangat pedas: Naga Jolokia, Trinidad Scorpion Butch T.

Tips Mudah Cara Menanam Cabe Merah

Usai menentukan jenis varian yang disukai, mari ikuti Cara Menanam Cabe Merah berikut ini.

1. Untuk hasil terbaik dengan cita rasa pedas berkualitas, mulai cocok tanam secara indoor dengan memakai pot.

Beberapa jenis varian butuh periode masa tanam lebih lama jadi harap sabar. Benih harus berada di iklim hangat agar bibit tunas segera tumbuh, oleh karena itu taruh pot di pinggir jendela atau lemari kaca tembus pandang dan pot ditutupi kantong plastik.

2. Tanam benih di tanah lembab yang cepat menyerap air. Tutupi benih dengan taburan kompos. Pastikan benih berada di area dengan temperatur sekitar 18-25 derajat Celcius hingga pembentukan bibit, biasanya proses ini memakan waktu sekitar 7-10 hari.

3. Usai bibit tumbuh subur, pot boleh dipindah ke area yang lebih hangat dan kena paparan langsung sinar matahari.

Pastikan tanah tetap lembab dengan penyiraman teratur tanpa membuatnya benar-benar basah.

4. Ketika bibit semakin besar, segera pindahkan ke pot ukuran 3 inci yang berisi tanah gembur plus kompos.

Rawat terus hingga siap dipindah kembali ke lahan terakhir. Sebelum memindahkan tanaman di lahan pekarangan rumah, taruh pot ke area terbuka selama 7-10 hari agar cepat terbiasa dengan iklim baru.

Cara Menanam Cabe Merah dengan pemindahan ke lahan terbuka harus sesudah tanaman beradaptasi. Pastikan kondisi tanah subur, lembab dan cepat serap air. Pastikan jarak setiap tanaman terpisah 50 cm

Apabila lahan pekarangan rumah tak mencukupi, tetap lanjutkan penanaman secara indoor dengan menaruh pot di pinggir jendela atau teras rumah.

5. Tanaman perlu penyiraman rutin serta pemberian pupuk usai berbunga untuk pertama kali. Untuk menghasilkan cabe merah pedas, coba biarkan tanaman berada di kondisi tanah sedikit kering.

Segera pasang tiang peyangga jika tanaman semakin meninggi. Buat kelembaban tanah tetap terjaga dan bebas ancaman gulma dengan menutupi area lahan dengan dedaunan kering.

6. Metode penanaman indoor hanya perlu membuka jendela dan pintu agar serangga masuk untuk bersentuhan langsung dengan bunga.

Inilah cara penyerbukan terbaik sehingga cepat berbuah. Langkah alternatif yaitu penyerbukan manual dengan menempel inti bunga satu dengan lainnya memakai kuas cat lembut.

Baca Juga: Cara Menanam Cabe di Polybag

Ikuti semua petunjuk cara menanam cabe merah di atas untuk memperoleh tanaman subur dengan buah pedas saat panen tiba.

Ini berlaku untuk semua jenis varian tanpa adanya metode tambahan.







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
13 + 24 =