Menanam Hidroponik Dengan Media Air, Flowerian.com – Bagaimana Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air?

Banyak orang menanyakan itu karena menyimpan minat besar untuk bercocok tanam walaupun terlilit masalah ketersediaan lahan tanah kosong.

Hidroponik yang lebih mengandalkan air ketimbang tanah telah menjadi solusi alternatif untuk menanam beragam jenis sayuran dan tanaman.

Akan tetapi kurangnya informasi, pengetahuan serta pemahaman membuat sejumlah orang memandang ‘sebelah mata’ metode ini.




Banyak petani modern di negara maju seperti Jerman, Belanda dan Australia mengandalkan hidroponik untuk dongkrak produksi sayuran tertentu. Hasil panen ternyata di luar dugaan, jauh mengungguli metode konvensional.

Gambar Foto Menanam Hidroponik Dengan Media Air Menggunakan BotolTertarik mempelajari Hidroponik Dengan Media Air? Pahami dasar-dasar penting sebagai berikut! Ini merupakan pengetahuan dasar yang harus dipahami

3 Ilmu dasar Menanam Hidroponik Dengan Media Air

Tips Menanam Hidroponik Dengan Media Air

1. Sistem hidroponik
Hidroponik terbagi menjadi beberapa sistem yang dikelompokkan ke kategori aktif/pasif serta recovery/non-recovery.




Kategori aktif memakai pompa untuk mendorong larutan nutrisi ke medium penanaman, sedangkan kategori pasif mengandalkan sumbu terhubung ke medium penanaman untuk menyerap larutan nutrisi.

Kategori recovery akan kembali memakai larutan nutrisi yang tak terserap akar, sedangkan kategori non-recovery tidak akan kembali memakai lantaran akar sudah menyerap larutan nutrisi dengan sempurna.

Sejauh ini ada empat sistem paling populer yakni Wick System, Ebb and Flow System, Nutrient Film Technique dan Continuous Drip.

Gambar Ilustrasi Cara Menanam Hidroponik Dengan Media AirMasing-masing sistem punya kelebihan dan kekurangan, oleh karena itu pelajari terlebih dahulu ‘cara kerja’ sebelum memutuskan untuk berkebun secara hidroponik.




Bagi pemula minim dana, boleh pilih wick sistem yang bisa dibangun dari barang bekas seperti botol air minum.

2. Larutan nutrisi
Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air cukup menentukan jenis larutan nutrisi sebagai pengganti tanah.

Larutan harus mengandung beragam senyawa penting untuk tumbuh kembang tanaman, biasanya terkandung dalam pupuk yang bisa dibeli langsung dari toko pembibitan.

Membuat larutan nutrisi sangat mudah, cukup 2-4 sendok teh pupuk dengan komposisi tertentu yang dilarutkan dalam satu galon air.

Tak jauh berbeda dari metode konvensional, pupuk hidroponik juga terbagi dua yakni organik dan kimia.

Beberapa pekebun memakai nutrisi organik sebagai suplemen, sedangkan nutrisi kimia sebagai penyuplai makanan utama.

Trik ini membuat tanaman memperoleh asupan nutrisi stabil tanpa pemeliharaan merepotkan pada sebuah sistem hidroponik.

3. Medium penanaman
Usai menyiapkan sistem dan larutan nutrisi, langkah selanjutnya menentukan medium penanaman untuk menampung dan mendukung akar tanaman sekaligus penyalur larutan nutrisi. Beragam jenis medium bekerja sempurna pada beragam tipe sistem hidroponik.

Gambar Foto Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air Menggunakan RockwoolDi antara beragam pilihan yang tersedia di toko pembibitan, justru rockwool paling populer. Selain itu masih ada perlit, vermikulit dan masih banyak lagi.

Perlit dan vermikulit dianggap medium paling stabil dan jarang mempengaruhi pH dari larutan nutrisi.

Akan tetapi keduanya punya kekurangan dalam hal efektivitas sebagai medium penanaman yang baik, sementara unggul dalam hal menahan lembab, harga terjangkau dan cocok untuk wick system.

Demikian Pengenalan dasara proses cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air yang perlu diketahui, dipelajari dan dipahami terlebih dahulu sebelum memulai.

Walaupun semua jenis sayuran dan tanaman tumbuh subur dengan metode ini, jangan langsung ambil proyek dengan tingkat kesulitan serta kebutuhan tinggi jika masih minim pengalaman.

Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai karakteristik tanaman, apalagi masing-masing punya kebutuhan nutrisi dan sistem berbeda.

Pilih tanaman ukuran kecil seperti tomat, cabe, selada dan sejenisnya sebagai langkah awal untuk membiasakan diri dengan metode hidroponik. Baca semua panduan di internet sebagai referensi agar lebih mudah dalam meracik larutan nutrisi.







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
29 + 24 =