Cara Menanam Brotowali, Flowerian.com – Dalam bahasa latin tanaman brotowali dikenal sebagai Tinospora tuberculate beumee atau┬áTinospora cordifolia atau┬áTinospora crispa, tumbuh dengan sangat baik di hutan belantara sekitar Asia Tenggara.

Tumbuhan ini berkhasiat untuk mengatasi rematik, demam, kencing manis, kudis, radang hati, malaria, hingga mencegah demam kuning dan meningkatkan nafsu makan.

Cara menanam brotowali tidak sulit sama sekali kok karena tanaman ini biasa tumbuh liar di hutan belantara. Berikut tehnik penanaman tanaman brotowali:

Tentang Tanaman dan Cara Menanam Brotowali

Gambar Foto Cara Menanam Brotowali di Dalam PotTanaman brotowali merupakan jenis tanaman merambat berkayu yang tinggi batangnya mencapai 15 meter dengan diameter sampai 2 cm.




Dari semua struktur tanaman, daun brotowali mengandung unsur alkaloid, glikosidapik rore tosid, pati lunak, berberin, kolumbin dan palmatin. Semua unsur tersebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Cara Menanam Brotowali – Penyiraman

Proses penyiraman harus dilakukan mengingat tanaman brotowali memerlukan cukup air untuk menjaga kelembaban tanah sekaligus menjaga ketersediaan air disaat proses pertumbuhan tanaman berlangsung.

Penyiraman ini biasanya dilakukan di pagi dan sore hari.




Gambar Foto Cara Menanam Brotowali di Pekarangan

Cara Menanam Brotowali – Pemupukan

Pastikan untuk memakai pupuk yang mudah Anda peroleh seperti pupuk NPK dan berikan sesuai dosisinya 1-5 gram/tanaman.

Pemakaian pupuk ini harus dilakukan dengan cara yang benar, yakni membenamkannya dalam tanah atau ditaburkan saja di atas permukaan tanah.




Untuk hasil tanaman terbaik, pastikan untuk menambahkan pupuk kompos dan kandang.

Cara Menanam Brotowali – Pemangkasan

Tanaman brotowali sesekali harus dipangkas agar selalu terlihat rapi dan enak dilihat. Anda bisa memotong daun yang telah layu dan ranting yang tumbuh dengan tidak beraturan.

Disaat memotong tanaman upayakan agar memakai gunting tanaman maupun pisau khusus yang biasa digunakan untuk memotong ranting tanaman.

Gambar Foto Cara Menanam Brotowali untuk Kesehatan

3 Cara Menanam Brotowali yang Mudah

Brotowali memang tak secantik tanaman hias lain yang pernah Anda tanam, namun khasiatnya yang banyak pada akhirnya membuat banyak orang menanam tumbuhan ini.

Cara menanam brotowali baik di dalam pot maupun di dalam tanah, keduanya patut untuk Anda coba.

  • Cara Menanam Brotowali Dalam pot

  1. Sedikan pupuk kandang maupun kompos dan tanah

  2. Campurkanlah tanah bersama pupuk kandang atau kompos dalam sebuah pot dengan perbandingan 1:1

  3. Ambil anakan tanaman brotowali lalu tanam anakan tersebut di dalam pot dan simpan di tempat teduh serta jangan lupa pula untuk menyiraminya 2x setiap hari.

  • Cara Menanam langsung dalam tanah

  1. Pertama-tama, Anda harus menyiapkan lubang-lubang yang masing-masing dibuat dengan diameter 20 cm

  2. Diamkan saja lubang tersebut 2 hari agar keasamannya berkurang

  3. Ambil anakan brotowali secukupnya lantas tanam tumbuhan tersebut di dalam tanah dan tutupi dengan tanah yang berada di sekitarnya yang juga sudah bercampur dengan pupuk dasar NPK.

Tips Perawatan

Setelah tanaman brotowali mulai tumbuh besar, Anda harus menyediakan beberapa tiap penyangga sehingga tanaman tersebut bisa merambat dengan baik.

Namun bila Anda ingin yang praktis, tanam saja tumbuhan ini di sekitar pagar rumah jadi bisa merambat dengan baik di pagar. Selain itu, brotowali bisa diperbanyak dengan melakukan stek.

  • Cara Menanam Dengan Stek

  1. Ambilah batang tanaman brotowali yang sehat, tidak terlalau muda atau tua yang memiliki panjang sekitar 20-30 cm

  2. Tanamlah potongan batang brotowali di dalam pot yang sudah diisi pupuk dan tanah ( Usahakan tidak pada pupuk yang baru dibuat/dicampur ke tanah, bisa juga dengan tanah gembur saja.

  3. Taruh tanaman di tempat yang sejuk lalu siram 2x setiap harinya ( ingat, tanah jangan terlalu berair )

Gambar Foto Cara Menanam Brotowali dengan Cara Stek

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Kumis Kucing

Bagaimana menurut Anda? apakah cara menanam brotowali yang sudah dijelaskan dengan lengkap di atas bisa Anda terapkan sendiri di rumah? selamat mencoba.







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
27 − 27 =