Cara Menanam Urang Aring, www.Flowerian.com – Tanaman urang aring merupakan tanaman tropis yang mampu tumbuh dengan sangat baik di tepi pantai hingga tempat dengan ketinggian sekitar 1.500 meter dpl.

Urang aring masuk dalam jenis tanaman liar yang suka sekali tumbuh di tanah lapangan, pinggir selokan maupun di pinggir jalan yang terbuka.

Gambar Foto Cara Menanam Urang Aring di Pekarangan RUmahCara menanam urang aring tidak sulit sama sekali asalkan Anda memahami budidaya urang aringnya dengan baik dan benar. Berikut tata cara penanaman urang aring di rumah:

Persyaratan Tumbuh – Cara Menanam Urang Aring

Tanaman ini meskipun bisa tumbuh dengan sangat baik sayangnya belum dibudidayakan seperti tumbuhan obat lainnya, jadi kita seringnya melihat urang aring tumbuh tidak terawat di tempat-tempat tertentu.




Bahan Tanaman

Gambar Foto Cara Menanam Urang Aring di RumahTanaman ini bisa diperbanyak jumlahnya dengan cara generative (biji). Dengan demikian tanaman ini biasa tumbuh secara liar hingga penyebaran tanamannya bisa dilakukan secara alami cukup dibawa oleh angin dan serangga.

Sayangnya perbanyakan tanaman dengan cara generative ini tidak serta merta menjamin kualitas tanaman karena merupakan hasil dari persilangan maupun penyerbukan sendiri.




Cara Menanam Urang Aring yang Mudah dan Simpel

Gambar Foto Cara Menanam Urang Aring di TanahSetelah semua bahan menanam urang aring selesai Anda kumpulkan, maka Anda sudah bisa memulai cara menanam urang aring.

Pertama-tama, bersihkan lahan dari semua kotoran, seperti semak belukar atau rumput liar. Setelah itu lanjutkan dengan melakukan pembajakan atau pencangklan baru kemudian diberikan pupuk kandang secara merata, selanjutkan lakukanlah penugalan dengan memberikan jarak sekitar 40-50 cm.

Gambar Foto Cara Menanam Urang Aring untuk BudidayaPenanaman ini bisa Anda lakukan secara langsung tepat di lapangan dengan memakai biji sebanyak 2-3 biji tiap lubangnya, cara tugal tentu saja, biji yang telah dicampurkan dengan abu dapur lalu ditutupi dengan tanah.

Atau lakukan dengan cara pesemaian tepat di bedengan setelah semua bibitnya tumbuh tinggi sekitar 5-10 cm lalu bisa dipindahkan ke lapangan maupun cukup ditanam di dalam pot yang isinya pupuk kandang dengan tanah, takarannya harus 1:3.




Perawatan – Cara Menanam Urang Aring

Gambar Foto Cara Menanam Urang Aring Yang BAik dan BenarProses pemeliharaan pada tanaman urang aring harus dilakukan dengan baik, untuk proses penyiramannya lakukan 2x setiap hari di musim kemarau.

Dan jangan lupa lakukan penyiangan pula untuk membersihkan rumput liar dan semua kotoran mengganggu yang ada di sekitar tanaman.

Tidak lupa pula melakukan pembubunan tanah sehingga tanaman urang aring yang Anda tumbuh dapat berkembang dengan sangat baik.

Panen

Tanaman ini dipetik dengan baik, ketika daunnya masih sangat segar, maupun kering untuk dijadikan sebagai bubuk. Untuk daun keringnya Anda bisa menyimpannya dalam sebuah wadah tertutup agar bisa digunakan kapan saja sebagai bubuk praktis pengobatan atau perawatan.

Pengolahan Hasil

Tanaman urang aring ternyata memiliki banyak sekali manfaat lho untuk tubuh kita bila kita bisa meramunya dengan baik.

Seperti membantu mengatasi gusi bengkak, dengan cara mengoleskan bubuk urang aring pada gusi yang membengkak.

Atau digunakan untuk menyuburkan rambut dan mengatasi luka koreng di kepala dengan cara merebus urang aring lalu menggunakan air rebusannya sebagai air cuci kepala, ampasnya bisa digosokkan langsung ke luka koreng.

Mengetahui bagaiamana cara menanam urang aring itu baik, namun mengenal semua langkah penanamannya jauh lebih baik termasuk bagaimana cara panen dan cara pengolahan hasil dari tanaman urang aring yang sudah berhasil Anda tanam tersebut.

( lihat juga tanaman herbal lainnya disini: Cara Tanam Tanaman Herbal )

Selamat mencoba dan semoga berhasil, bila hasilnya cukup baik mungkin Anda bisa memanfaatkan urang aring sebagai salah satu pendapatan sampingan yang cukup menjanjikan mengingat permintaan urang aring cukup besar.







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
15 + 8 =