Cara Menanam Bunga Kantil, www.Flowerian.com – Tanaman kantil dikenal sebagai jenis bunga yang misterius dan mistik di Indonesia.

Bunga ini seringkali dijadikan sebagai alat atau media mistik yang berbau ritual, magis bahkan acara umum dan masih banyak lagi.

Bunga kantil terbagi menjadi 2 varietas, ada kantil kuning dan kantil putih. Gambar Foto cara menanam bunga kantil untuk budidayaPada umumnya, tanaman kantil tumbuh dengan sangat baik di tanah yang kering seperti di pekarangan rumah mapun dataran rendah dan juga dataran tinggi sekitar 1.600 meter dpl.

Cara menanam bunga kantil pun tidaklah sulit, apalagi cara perawatannya. Tertarik untuk mengenal bunga mistis ini? simak bagaimana tips menanam dan merawat bunga kantil berikut ini:




Syarat Tumbuh – Cara Menanam Bunga Kantil

Tanaman kantil bisa saja tumbuh dan berkembang biak dengan cukup baik di tanam yang kering, namun perkembangan tanaman ini bakal menjadi lebih baik bila kondisi iklim di tempat yang basah, cukup basah maupun kering.

Pilih tempat terbuka untuk menanam tanaman ini karena kantil memerlukan banyak udara dan sinar matahari.

Pengadaan Bibit




Gambar Foto cara menanam bunga kantil di polybagTanaman ini bisa saja dikembangkan melalui cara generative dan vegetative. Dari kedua cara tersebut, cara vegetative yang paling seirng dilakukan karena dinilai jauh lebih cepat dan mudah untuk diaplikasikan.

Pengadaan bibit kantil melalui cara vegetative dapat dikerjakan dengan melakukan setek, cangkok dan masih banyak lagi.

Cara menanam Bunga Kantil Di Dalam Pot

Meskipun cara menanam bunga kantil tampaknya tidak mudah, namun tahukah Anda jika bunga ini bisa ditanam dengan cukup mudah di dalam sebuah pot?

Anda cukup membersihkan pot dan mengisinya dengan tanah, pasir dan juga pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.




Gambar Foto cara menanam bunga kantil di kebun rumahIsikan isian tersebut secukupnya saja, kalau bisa usahakan untuk menyisakan tempat sedalam 15 sentimeter.

Ada pun sabut pembungkus bibit cangkokan maupun poly bag setek harus dilepaskan dengan hati-hati.

Tempatkanlah bibit yang telah ditanam di dalam pot di tempat yang teduh baru setelah itu rawat bunga dengan baik, usahakan tiap 1 tahun sekali, 1/3 sisa tanah yang ada di dalam potnya ditukar dengan tanah yang lebih bagus dan lebih sehat karena sudah dicampur dengan pupuk kandang.

Cara Menanam Bunga Kantil Di Pekarangan

Cara ini mungkin jauh lebih gampang, karena bisa dikerjakan dengan hanya menggali lubang, tebar bibit dan tutup lubang dan diberi air serta pupuk, agar lebih rapi, jangan lupa untuk memagarinya.

Penyiraman

Tanaman bunga kantil yang masih berusia muda membutuhkan penyiraman yang lebih banyak terlebih saat musim kemarau, sedangkan tanaman yang sudah berumur dewasa tidak membutuhkan pasokan air kecuali bila tanaman menampakkan sinyal layu.

Pemupukan

Disaat proses pemupukan dilakukan, lakukanlah pada awal musim hujan maupun mendekati musim kemarau, jika mengingat bahwa tanaman ini bisa kita panen setelah berbuah kurang lebih selama satu tahun. Anda bisa memanennya baik dengan memakai tangan atau menggunakan alat bantu galah.

Daripada berdiam diri saat masa liburan seperti ini, mengapa tidak mencoba memudidayakan berbagai tanaman, mulai dari tanaman berbuah hingga tanaman berbunga canitk dan unik. Salah satu tanaman yang bisa dibudidayakan dengan cepat adalah bunga kantil.

Bisa juga membaca: Cara Menanam Cempaka dan Cara Merawat Cempaka

Cara menanam bunga kantil tidak sulit sama sekali, perawatan dan pemupukan tanaman pun diatur dengan sangat mudah, semuanya telah disebutkan dan dijelaskan dengan sangat baik.

Semoga Anda bisa mengikuti rangkaian tipsnya dan menanam bunga kantil dengan tepat jadi tumbuhan tidak layu dan mati.







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
23 − 9 =