Cara Merawat Kencur, Flowerian.Com – Kencur merupakan salah satu rempah berkualitas yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan maupun produk kecantikan wanita Indonesia.

Gambar Foto cara merawat kencur yang baik dan benarSaat ini budidaya kencur banyak dilakukan oleh masyarakat biasa yang bukan berprofesi sebagai petani.

Budidaya kencur memang membawa keberkahan mengingat kebutuhan kencur sangatlah tinggi.

Dalam budidaya kencur, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, di antaranya bagaimana penanaman dan perawatan serta panen kencur dilakukan dengan baik dan benar.




Berikut ini tips dan cara merawat kencur:

Pembenihan
Pembibitan tanaman kencur yang diambil dari rimpang yang cukup tua namun tidak membusuk.

Akan tetapi untuk penanaman kencur skala perkebunan, sebaiknya rimpang yang akan digunakan disimpan terlebih dahulu di dalam gudang maupun tempat yang agak redup hingga tunasnya keluar, tujuannya agar kencur bisa tumbuh dengan lebih mudah dan cepat.

Penanaman kencur paling baik bila dilakukan pada permukaan musim penghujan mengingat air hujan bisa membantu pertumbuhan tunas tanaman kencur.




Kencur sendiri bisa ditanam di media tanah, pot maupun di kebun, asalkan mendaptkan cukup sinar matahari, tidak begitu basah dan di tempat yang terbuka.

Persiapan Lahan
Sebelum tanaman kencur ditanam, Anda diwajibkan untuk mengolah lahannya terlebih dahulu, agar tanah menjadi lebih subur atau gembur.

Lakukan pencangkunglan hingga sedalam 20-30 sentimeter dan drainase diupayakan sebaik mungkin sehingga tidak terjadi penggenangan pada lahan karena limpahan air.

Gambar Foto cara merawat kencur di kebun rumahUkuran petaknya sengaja dibuat teratur selebar 2-3 meter dan panjang petaknya disesuaikan dengan keadaan di lapangan.




Cara Merawat Kencur Proses Pemupukan

Supaya lahan tumbuhan kencur selalu gembur dan subur, Anda perlu memberikan pupuk kandang sebagai hara organik yang berfungsi untuk memperbaiki struktur tanahnya, biasanya baik pupuk kandang maupun pupuk organik akan diberikan saat melakukan pencangkulan maupun pengolahan tanah.

Pupuk akan dicampur dengan tanah agar bisa meresao dan mampu memberikan hara yang dibutuhkan oleh tanah.

Cara Merawat Kencur Dari Hama Pengganggu

Setelah kencur tumbuh, tanaman ini harus rutin disiram ketika tidak turun hujan, terutama disaat tanaman kencur masih berusia muda.

Cara merawat kencur dari hama pengganggu akan dilakukan setiap satu bulan sekali, di mana rumput liar maupun gulma mengganggu akan dibersihkan dan dibuang.

Pada umumnya, proses penyiangan akan dilakukan pertama kali saat tanaman kencur berusia 2-3 minggu lantas dilakukan kembali satu kali ketika tanaman kencur berusia 3-6 minggu, lakukan penyiangan lebih sering ketika gulmanya benar-benar mengganggu.

Gambar Foto cara merawat kencur agar cepat besarPencangkulan gulma bisa dilakukan di jalur yang jaraknya lebih jauh dari pokok tanaman, namun gulma yang berada di dekat kencur sebaiknya Anda bersihkan dengan menggunakan alat yang lebih kecil sehingga tanaman kencurnya tidak rusak.

Panen
Disaat musim kemarau, tanaman kencur biasanya akan mati suri, it tandanya tananam kencur Anda sudah siap untuk dipanen.

Anda bisa langsung membongkar keseluruhan tanaman lalu membersihkan rimpangnya dari tanah mapun kotoran lainnya yang melekat. Dan rimpang kencur hasil tanaman Anda sudah bisa dijual ke pasaran.Gambar Foto cara merawat kencur di dalam pot

Pascapanen
Kencur bisa dipakai sebagai obat dalam bentuk simplisia, cara pembuatannya sangat mudah, cukup bersihkan rimpang kencur dan dipotong-potong atau cukup dirajang

Lantas potongan kencur tersebut disimpan di dalam wadah dan dikeringkan di tempat yang teduh, proses pengeringan ini diharapkan mampu menghasilkan minyak asiri simplisian sekitar 2.4%.

Bagaimana penanaman dan cara merawat kencur di kebun atau di pot sangatlah mudah bukan?

Baca Juga: Cara Menanam Jahe di Pot

Anda hanya perlu menyiapkan bibit yang unggul, tanah gembur dan pupuk kandang yang berkualitas tinggi.







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
12 + 6 =