Cara Menanam Miana, Flowerian.Com – Bila dilihat sekilas saja tanaman ini tampak menyerupai bayam karena pada dasarnya memang masih satu family Labiatae atau keluarga bayam-bayaman.

Selain dikenal dengan sebutan Miana, tanaman ini juga banyak dikatakan sebagai daun Iler atau Jawer kotok dan masih banyak lagi.

Gambar Blog cara menanam miana agar suburDahulu, warna miana sangat terbatas, hanya ada warna merah, hijau, pink dengan bentuk daunnya yang oval serta bunga warna putih keunguan, kuning, merah dan putih.

Namun saat ini, berkat cara menanam miana dengan mengaplikasikan tehnik penyilangan, warna miana jauh lebih bervariasi dan semakin cantik,




Ada warna kehitaman, pink, kekuningan, ungu, keemasan sampai warna kombinasi. Bagaimana budidaya miana yang tepat, begini penjelasannya:

Pembibitan

Tanaman ini asalnya dari daratan Afrika yang memiliki iklim tropis serta beberapa negara di Asia, sebagai negara tropis, Indonesia merupakan tempat yang tepat untuk menanam miana.




Tanaman miana tumbuh dengan sangat baik entah itu di ladang maupun halaman yang ketinggian ladangnya sekitar 1.300 meter dpl.

Selain berfungsi sebagai tanaman hias, beberapa daerah di Indonesia kerapkali menanam miana untuk dikonsumsi sebagai lalapan atau daun pelengkap masakan pengganti kemangi atau dedaunan lainnya.

Jadi bila tertarik untuk menanam, pilih bibit yang benar-benar berkualitas sehingga tumbuhan nanti bisa tumbuh dengan sangat baik, tidak layu bahkan membusuk.

Pada proses pembibitan, pertama-tama, Anda harus memisahkan dengan sangat hati-hati rumpuk akar tanamannya.




Cara Menanam Miana yang Mudah

Miana sangat cocok ditanam sebagai tumbuhan penutup tanah maupun tanaman pembatas. Kita bisa menempatkan miana tepat di bawah sinar matahari tanpa perlu khawatir tanamannya akan layu dan kering justru tumbuhan ini akan memberikan pemandangan yang cantik dengan warnanya yang indah.

Gambar foto cara menanam miana di polybagNamun bila Anda lebih suka menempatkan miana di tempat yang gelap, maka warna tumbuhan ini akan didominasi dengan warna hijau pudar yang tidak begitu cerah, agar tumbuhan miana tampak sangat indah saat tumbuh dan berkembang nanti, Anda bisa melakukan penanaman beberapa jenis miana di dalam sebuah pot yang sama.

Cara menanam miana tidak sulit kok, jadi setelah bibit-bibit miana terpisah dengan sangat baik, tanamkan bibit tersebut pada media tanam yang sudah diolah agar menjadi lebih subur dengan cara mencampurkan tanah beserta pupuk kandang atau kompos.

Perawatan – Cara Menanam Miana

Setelah selesai ditanam, jangan Anda membiarkan tanaman tumbuh begitu saja, karena selayaknya tubuh manusia dan hewan yang membutuhkan perawatan, tumbuhan miana pun memerlukan perawatan yang baik dan benar.

Anda hanya perlu menyiram tumbuh ini secara rutin dan memberikannya pupuk agar tetap sehat dan subur, lakukan tiap 2 bulan satu kali.

Khasiat

Miana bisa tumbuh hingga mencapai 1 meter dan bila ditanam dalam pot, Anda harus melakukan pemangkasan tepat di bagian akarnya.

Tumbuhan miana yang memiliki daun warna merah kehitaman berkhasiat sebagai obat alami, sedangkan warna daun yang lain hanya berfungsi sebagai tanaman hias saja.

Gambar Blog cara menanam miana dan cara merawat mianaTanaman miana kaya kandungan kimia di mana kandungan tersebut paling banyak ditemukan di batang dan daun, penderita wasir bisa mengatasi masalahnya dengan meminum ramuan obat dari campuran daun manga, adas, pulosasri dan air.

Stek pucuk, budidaya miana dengan memperbanyak biji merupakan cara menanam miana yang bisa Anda aplikasikan, dua-duanya menghasilkan tanaman miana yang bagus dan berkualitas.

Baca juga: Cara Tanam Pohon Kelor untuk Konsumsi

Bila tujuan Anda menanam untuk pengobatan, jangan pilih bibit lainnya selain bibit tanaman miana yang berwarna merah kehitaman.







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
16 − 3 =