Cara Menanam Pegagan, Flowerian.Com – Pegagan merupakan salah satu tumbuhan herbal tidak berbatang dengan geragih-geragih jalar panjang, rhizome pendek, daun berupa ginjal serta pinggirannya yang berombak bergerigi.

Gambar Foto Ilustrasi Cara Menanam PegaganTanaman ini memiliki bunga yang bentuknya payung dan berwarna kemerahan, uniknya lagi ada buah kuning dan coklat.

Pegagan dikenal masyarakat luas sebagai tanaman obat yang efektif mengatasi luka, batuk, sariawan juga demam, karena mengandung asam lemak, minyak atsiri, asiatikosida, hidrokotilina dan oksiasiatikosida.

Cara menanam pegagan tidak ada yang menyulitkan kok, semuanya bisa Anda aplikasikan dengan sangat baik, selengkapnya mengenai budidaya pegagan, simak berikut ini:




Persiapan dan Pengolahan Lahan – Cara Menanam Pegagan

Jika Anda berencana menanam pegagan, maka Anda harus memiliki tujuan yang jelas termasuk dalam hal pengolahan lahan yang berfungsi untuk membuat kondisi fisik lahannya gembur sehingga bisa menunjang pertumbuhan yang sangat baik bagi tanaman nanti, persiapan juga bisa membantu mengurangi populasi rumput liar.

Gambar Foto Cara Menanam Pegagan yang Baik dan BenarApabila lahan yang dipakai merupakan persawahan, maka Anda perlu mengolahnya dengan membuat saluran air, melakukan pencangkulan lantas penggemburan tanah dan pembuatan bedengan.

Pada umumnya, pegagan bisa tumbuh subur di sembarang tempat namun bila ingin serius tanam, maka Anda perlu melakukan persiapan pengolahan lahan sebaik mungkin.




Persiapan Bibit

Bibit yang digunakan untuk menanam pegagan harus yang berasal adri tanaman sehat dan kuat dari serangan hama serta penyakit. Secara umum tumbuhan ini bisa dikembangbiakkan dengan memakai biji dan stolon.

Ada pun stolon yang bisa diambil adalah stolon yang telah berakar dengan tiap ruas panjangnya mencapai 3 ruas. Gambar Foto Cara Menanam Pegagan di Dalam Rumah

Cara Menanam Pegagan yang Benar

Bibit tumbuhan pegagan yang harus Anda miliki ketika ingin menanamnya, adalah bibit pegagan yang baru berusia 4-6 minggu.




Yang kemudian ditanam dengan menggunakan jarak hingga 20×20 cm, setelah selesai mengaplikasikan cara menanam pegagan, segera lakukan penyiraman untuk nutrisi utama pegagan.

Pemeliharan Tanaman

Tumbuhan ini memerlukan pemeliharaan yang tepat yang tujuannya untuk memperoleh tanaman pegagan yang berkualitas super dan sehat. Ada pengaturan pemeliharaan atau penyiraman yang harus Anda perhatikan, seperti:Cara Menanam Pegagan Agar Subur

  • Penyiramannya harus dilakukan 1-2x tiap hari, atau tergantung dengan kondisi lahannya

  • Sedangkan pemupukan dilakukan tiap 2-3x tiap 1x masa tanam pegagan, yakni saat awal penanaman, saat pertengahan pertumbuhan vegetative serta saat siap waktunya.

  • Proses penyulaman perlu dilakukan untuk mengganti tanaman yang gagal tumbuh yang bisa dilakukan setelah umur tanaman ini mencapai 2-4 minggu di lahan.

  • Penyiangan hanya dilakukan dengan tujuan untuk menghindari tumbuhnya hama atau penyakit pengganggu yang bsia merusak struktur tanah, lakukan penyiangan tiap 1-4 minggu selama masa penanaman pegagan berlangsung, dan dilajutkan dengan melakukannya secara rutin tiap 30 hari.

Penanggulangan Hama Penyakit – Cara Merawat Pegagan

Untuk mengatasi masalah hama penyakit, sangat dianjurkan bila Anda memakai pestisida nabati agar hama belalang serta hama ulat pemakan daun bisa terbasmi dengan segera.

Anda bisa melarutkan pestisida nabat seperti bunga krisan, tembakau, mimba, lengkuas, serai, akar tuba maupun bawang putih dan daun sambiloto yang setelah dicampurkan akan menjadi larutan pembasmi penyakit alami.

Gambar Foto Cara Menanam Pegagan di Pasu Atau PotPenyakit perlu dibasmi mengingat bisa memicu tumbuhan membusuk, dan sebagai tindakan pencegahan datangnya hama penyakit, pastikan bila Anda menjaga selalu keseimbangan kelembaban tanahnya.

Ada banyak sekali jenis tanaman di Indonesia yang populer sebagai tanaman liar termasuk pegagan yang ternyata aplikasi cara menanam pegagan itu sangat sederhana tidak rumit atau menyulitkan sama sekali.







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
24 + 23 =