Cara Menanam Sirih, Flowerian.Com – Sebagai salah satu negara tropis, Indonesia kaya akan tanaman herbal yang baik untuk perawatan dan pengobatan berbagai penyakit, termasuk daun sirih.

Tanaman ini sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang mana aman digunakan untuk seluruh anggota keluarga.

Gambar Foto Cara Menanam Sirih di PolybagDaun sirih memiliki kandungan ekstrak alami seperti minyak atsiri, kavicol, hidroksikavisol, estragol, fenil propane, allylpyrokatekol, tannin, cadinene, diastase dan terpennena bahkan seskuiterpena yang efektif untuk menjaga kesehatan badan.

Harga daun sirih di pasaran memang sangat terjangkau, namun memiliki pohon daun sirih di rumah jauh lebih menyenangkan. Begini 3 cara menanam sirih yang efisien:




Cara Menanam Sirih dengan Tehnik Stek

Tehnik pertama menanam sirih yang sangat mudah dan sederhana, Anda cukup mempersiapkan media tanam yakni campuran tanah dengan pasir dan pupuk kompos, dengan takaran 3:1:3

Selanjutnya masukkan media tanam dalam polybag yang berdiameter 10 cm, akan lebih baik bila Anda melubangi bagian bawah dari polybag sehingga pada saat proses penyiraman, airnya tidak akan menggenangi akar tanaman sirih.

Gambar Foto Cara Menanam Sirih Untuk BudidayaSelanjutnya, dapatkanlah bibit stek yang berkualitas yang diambil dari batang pohon sirih yang berumur tua, potong batangnya sepanjang 2 ruas saja lantas rendam dalam air kurang lebih selama 15 menit.




Tancapkanlah batang stek sirih yang telah direndam sebelumnya dalam media tanam polybag lalu sirami bakal tanaman ini secara teratur tiap pagi serta sore hari baru kemudian tempatkanlah bakal daun sirihnya di area yang teduh.

Jika tunas daun sirih telah tumbuh subur, Anda bisa memindahkannya dalam lahan tanam di halaman atau kebun rumah Anda.

Cara Menanam Sirih Dengan Tehnik Merunduk

Tehnik yang kedua menanam sirih yang biasa dilakukan pada sirih merah maupun sirih hitam. Anda harus memilih batang sulur sirih yang panjang lalu atur sebaik mungkin agar sulurnya merunduk maupun menjuntai sampai menempel tepat dengan media tanam yang dibuat dari campuran tanah, kompos dan pasir.

Gambar Foto Cara Menanam Sirih Perbanyak BibitPenyiraman secara rutin akan membantu sulur sirih yang menempel di media tanam akan mengeluarkan akar tanamannya.




Setelah itu, potonglah sulur sirih yang telah ditumbuhi akar lalu pindahkan di media tanam yang telah dipersiapkan yaitu polybag atau pot bunga yang isinya tanam pasir maupun pupuk kompos.

Penyiraman rutin akan membantu tanaman sirih tumbuh subur.

Cara Menanam Sirih Dengan Tehnik Stek Air

Selain kedua cara tersebut, ada satu lagi cara menanam sirih yang bisa Anda coba di rumah, yakni dengan melakukan penanaman dengan mengaplikasikan tehnik stek air yang bertujuan untuk menumbuhkan akar bibit sirih sebelum kemudian ditanam.

Potong batang sulur sirih yang cukup tua lalu rendam di dalam air.

Gambar Foto Cara Menanam Sirih dengan Cara StekUsahakan agar daun sirihnya tidak ikut tergenang air, bagian yang sengaja direndam hanya batang sulurnya saja lalu tempatkan di area yang lembab.

Setelah tanaman di rendam selama beberapa hari, maka akar tanaman sirih akan mulai terlihat dan ketika terlihat Anda bisa memindahkan bibir sirih pada media tanam dengan memakai campuran yang telah disebutkan di kesempatan pertama.

Tanaman sirih bisa sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah, karena meskipun membutuhkan banyak air, daun sirih masih bisa bertanya ketika diberi air 2x lipat lebih banyak dari orang dewasa lainnya.

Jangan ragu maupun bimbang, bila Anda ingin memiliki pohon sirih yang menjulang tinggi atau secukupnya saja.

Baca Juga: Cara Menanam Pegagan agar Berdaun Lebat

Ikuti cara menanam sirih yang mudah di atas, dijamin daunnya akan menjadi lebat dan tanamannya tampak sehat.







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
11 − 10 =