Cara Menanam Srikaya, Flowerian.Com – Srikaya atau buah sari kaya merupakan tanaman yang termasuk pada genus Annona berasal dari kawasan tropis.

Buah srikaya umumnya dikonsumsi dalam kondisi segar, daging buahnya bisa digunakan sebagai bahan baku selai, penyedap es krim, sirup maupun makanan olahan lainnya.

Gambar Foto Cara Menanam Srikaya dari BibitSedangkan buah yang masih mentah/hijau serta biji mudanya bisa digunakan sebagai insektisida yang ampuh.

Menanam srikaya jadi salah satu aktivitas menarik yang kini banyak dilakukan oleh ibu-ibu, mereka tidak ragu untuk menanam srikaya di kebun atau di depan rumah sebagai tanaman peneduh selain bisa dimanfaatkan buahnya.




Cara menanam srikaya sendiri tidak sulit, asalkan Anda tahu ilmunya. Berikut step by step menanam srikaya di kebun atau depan rumah:

Syarat Tumbuh

Tanaman srikaya bisa tumbuh dengan sangat baik di kawasan tropic dengan ketinggian sekitar 1.000 meter dpl, tanaman ini sangat populer di India karena tahan kering.




Gambar Foto Cara Menanam Srikaya di PolybagMeskipun tanaman ini bisa tumbuh di tanah yang berpasir hingga tanah liat yang berlempung, namun hasil terbaik untuk mendapatkan buah berkualitas hanya bisa diperoleh jika srikaya ditanam di tanah berpasir maupun tanah liat yang berpasir.

Sedangkan pertumbuhan secara vegetative, bisa pula diatur dengan sangat mudah melalui pemupukan dan pengairan.

Pada tipe tanah yang karakternya jauh lebih berat dan lebih sukar dikeringkan, genangan air bisa menjadi penyebab utama rontoknya bunga serta berkurangnya pembentukan buah.

Di tanah yang dangkal, proses penimbunan akan membantu perbaikian kedalaman tanah juga drainase, sekaligus pemberian mulsa bisa memacu perkembangan akar yang bisa memperoleh hara dari atas permukaan tanah.




Pembibitan

Gambar Foto Cara Menanam Srikaya di PolybagPenanaman srikaya biasanya disambungkan ke batang bagian bawah srikaya yang kemudian ditanam dari benih batang bagian bawah srikaya yang cenerung akan menurunkan ukuran pohonnya.

Cara menanam srikaya paling umum adalah dengan memakai whift grafting, cleft grafting dan whip and tongue grafting.

Persentase dari ketiga cara ini sangatlah tinggi terutama jika penyambungan telah dilakukan di awal keluarnya getah.

Kini banyak sekali cara mudah menanam srikaya, bisa melalui stek, kultur jaringan, cangkokan, dan masih banyak lagi.

Cara Menanam Srikaya Di Depan Rumah

Untuk menanam srikaya di depan rumah atau di kebun, pastikan terlebih dahulu jika jarak tanamnya telah mencapai 5mx3m dan 4mx3m.

Penanaman akan segera dilakukan dan dengan metode yang baik, pohon akan mulai berbuah lalu buahnya akan tumbuh dengan baik tanpa melukai batang atau ranting pohonnya.

Pemangkasan

Pemangkasan harus dilakukan untuk melindungi kebersihan dan kesehatan tanaman ini baik dari kotoran, rumput liar dan lain sebagainya.

Pemangkasan biasanya dilakukan ketika pohon sudah mulai tertutup dengan kotoran dan hama-hama mengganggu, pemangkasan dilakukan dengan menggunakan cangkul atau cukup parit dan tangan telanjang bila tidak banyak dan sulit.

Pemeliharaan – Cara Menanam Srikaya

Gambar Foto Cara Menanam Srikaya Agar Berbuah Banyak dan Cara MerawatProses pemeliharaannya harus dilakukan sesuai jadwal, di mana jadwal pengairan yang hendaknya dilakukan dengan sangat baik dan rutin agar kelembaban tetap terjaga dan tanaman ini tidak terlampau menjadi sangat kering.

Buah srikaya membutuhkan banyak kalium, jadi tidak heran jika tanaman ini membutuhkan pupuk dan pengairan yang tepat agar bisa tumbuh dengan baik hingga terus berbuah lagi dan lagi.

Baca Juga: Cara Menanam Buah Mangga

Banyak yang mencoba cara menanam srikaya karena penasaran dengan hasil akhirnya, apakah benar-benar bisa menanam srikaya yang nantinya akan menghasilkan banyak buah manis yang enak. Coba cara di atas dan buktikan sendiri keajaiban dari menanam srikaya.







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
29 − 27 =