Cara Menanam Tumbuhan Patah Tulang, Flowerian.Com – Patah tulang merupakan salah satu tumbuhan perdu yang memiliki karakter tumbuh tegak dengan tinggi mulai dari 2-6 meter yang mana memiliki pangkal berkayu, cabang yang banyak serta bergetah seperti susu beracun.

Gambar Foto Cara Menanam Tumbuhan Patah Tulang yang MudahDan setelah tumbuh sejengkal, tanaman ini akan mulai bercabang dua yang terletak melintang terus begitu sehingga terlihat seoerti percabangan yang tumbuhnya terpatah-patah.

Tanaman ini terlihat sangat unik, karena alasan inilah kini banyak orang yang menanam tumbuhan patah tulang.

Cara menanam tumbuhan patah tulang (euphorbia tirucalli) sendiri sangat mudah jadi tidak ada keraguan lagi bagi para petani maupun non petani seperti ibu rumah tangga untuk menanam tanaman ini dan mendapatkan manfaatnya.




Asal Usul Tumbuhan Patah Tulang | Cara Menanam Tumbuhan Patah Tulang

Persebaran dan Habitat

Gambar Foto Cara Menanam Tumbuhan Patah Tulang di Halaman RumahTumbuhan patah tulang memiliki ranting yang bentuknya bulat slindris beralur halus membujur, berbentuk pensil serta berwarna hijau. Tanaman ini asli dari daerah yang tropis di Afrika, terutama Angola sampai Zanzibar.

Akan tetapi secara luas ditanam lalu dinaturalisasi di berbagai daerah tropis serta daerah subtropics.




Di negara kita, tanaman ini ditanama sebagai tanaman hias, tanaman pagar, maupun tanaman obat.

Tanaman patah tulang bisa ditemukan di dataran rendah hingga ketinggian 600 meter dpl dan tumbuhan ini ternyata suka sekali dengan tempat yang terbuka

Terpapar sinar matahari langsung, akan tetapi habitat aslinya adalah di semak-semak kering, hutan terbuka serta padang rumput dan dinaturalisasi di semak-semak.

Hama dan Penyakit




Gambar Foto Cara Menanam Tumbuhan Patah Tulang Budidaya dalam PotTanaman patah tulang memiliki kecendrungan untuk tidak diganggu oleh penyakit karena memiliki getah yang mengandung racun.

Namun dari laporan yang diterima diketahui jika ada beberapa hama berhasil menyerang tanaman ini yaitu Cuscuta sp, Meloidogyne incognita serta Botrystis spp yang ternyata mampu menyebabkan batang serta akar tanaman menjadi busuk ketika kondisi sedang panas maupun lembab.

Sedangkan gabungan dari Botrystis spp dengan Meoidogyn spp bisa menyebabkan kerusakan pada tanaman dalam waktu cepat.

Cara Menanam Tumbuhan Patah Tulang (Euphorbia tirucalli)Di Rumah

Gambar Foto Cara Menanam Tumbuhan Patah Tulang di Pasu RumahTanaman ini sangat membuthkan sinar matahari sepanjang hari jadi alangkah baiknya bila ditanam di tempat yang terbuka. Minimal pot yang bisa digunakan adalah pot berdiameter 20-30 cm.

Agar tanaman tumbuh dengan baik sebaiknya terapkan cara menanam tumbuhan patah tulang (Euphorbia tirucalli) dengan melakukan stek batang dan menanamnya menggunakan tanah dan humus yang baik. Untuk pemberian pupuk, lakukan tiap bulan satu kali dengan pupuk NPK Daun.

Kemampuan dan Manfaat

Gambar Foto Cara Menanam Tumbuhan Patah Tulang yang Baik dan BenarTanaman patah tulang memiliki gatah yang sifatnya asam serta mengandung senyawa taraksasterol, euforbon, eufol dan lain sebagainya yang dapat menyebabkan rasa tajam maupun kerusakan pada lendir.

Sedangkan zat obat yang ditemukan pada tanaman ini adalah sapogenin, glikosid, asam ellaf dan juga terpenoid.

Pertolongan Pertama

Bila getah tumbuhan ini terkena atau memerciki mata Anda, maka segera basuh mata dengan air dingin kurang lebih selama 15 menit serta ulangi kembali di menit-menit selanjutnya.

Anda dianjurkan untuk mencari bantuan dari tenaga kesehatan bila tidak memiliki bantual lainnya, selain memakai air dingin, penggunaan air kelapa maupun santan dapat juga membantu.

Bila tidak sengaja tertelan, bisa menyebabkan rasa tidak nyaman seperti terbakar di daerah mulut, lidah maupun bibir.

Gambar Foto Cara Menanam Tumbuhan Patah Tulang di PotTidak banyak yang tahu bila tanaman patah tulang itu ada, yang sudah tahu pasti tertarik sekali untuk membudi-dayakannya dengan mengaplikasikan cara menanam tumbuhan patah tulang (Euphorbia tirucalli) yang praktis.

Karena tanaman ini tahan kering, jadi proses pengairan yang dilakukan tidak terlalu rumit, cukup berikan air secukupnya saja.

Baca Juga: Menanam Sambiloto di Rumah







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
14 − 3 =