Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa, Flowerian.Com – Saat sekolah dasar pernahkah Anda belajar mengenai cara menanam anggrek dengan memakai sabut kelapa?

Jika pernah maka galilah ingatan masa muda Anda untuk diaplikasikan kali ini di kehidupan nyata setelah Anda beranjak dewasa.

Gambar Foto Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa dari KecilMungkin tidak mudah karena ingatan itu sudah lama sekali namun jangan khawatir karena ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengingatnya yakni dengan menggali informasi baik dari sumber tertulis maupun sumber lisan.

Berikut cara menanam bunga anggrek yang mudah dengan media sabut kelapa:




Langkah-Langkah Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa

Pilih dan Siapkan Sabut Kelapa

Di dalam mempersiapkan sabut kelapa sebagai media dari tanam bunga anggrek alangkah baiknya apabila Anda membeli sabut kelapa yang sudah tua, setelah itu rendam sabut kelapa di dalam larutan fungsida sebelum menyatukannya dengan bibit bunga anggrek.

Sabut kelapa yang berukuran besar mungkin tampak bagus namun alangkah baiknya bila Anda memastikan sabut kelapa yang Anda pakai sesuai dengan kebutuhan tanaman anggrek.




Gambar Foto Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa untuk HiasanPotong sabut kelapa sesuai ukuran yang dibutuhkan atau seukuran pot, jangan lupa untuk membersihkan sabut kelapa karena di beberapa bagian sabut kelapa terdapat kandungan zat yang dapat memengaruhi proses pertumbuhan anggrek dan pembungaannya.

Rendam Sabut Kelapa

Sedangkan dalam proses perendaman, sabut kelapa akan melalui 2 proses perendaman, yang pertama ada proses perendaman dengan memakai air bersih biasa dan yang kedua proses perendaman dengan menggunakan larutan fungisida.

Di mana sabut kelapa yang sudah dibersihkan akan direndam di dalam air selama 6 jam dan sabut kelapa yang telah selesai direndam bisa segera diangkat dari dalam air lantas dipukul dengan memakai kayu atau palu.




Di mana proses pemukulan ini bertujuan agar pegangan pada bagian antar serat bisa terbuka.

Gambar Foto Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa untuk BudidayaPada proses perendaman kedua dengan memakai larutan fungisida, yang tujuannya tidak lain untuk mencegah pertumbuhan jamur di sabut kelapa yang bisa menghambat pertumbuhan bunga anggrek.

Setelah Anda mensterilkan dengan memakai larutan fungisida, Anda bisa memasuki tahapan penanaman selanjutnya yakni meniriskan serta mengeringkan sabut kelapa.

Tiriskan dan Keringkan Sabut Kelapa

Sabut kelapa yang sudah direndam sebanyak 2x memakai air serta larutan fungisida tidak dapat langsung dikaitkakan dengan tanaman bunga anggrek yang Anda beli karena sabut kelapa harus ditiriskan dan juga dikeringkan lebih dahulu di mana prosesnya bisa dilakukan secara bersamaan.

Gambar Foto Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa agar Cepat BerbungaSetelah sabut kelapa cukup antara kering dan cukup lembab maka Anda dapat segera melilitkannya dengan bibit tanaman anggrek yang telah Anda beli dari toko bunga, biasanya disaat tanaman bunga masih baru.

Sabut kelapanya akan dililitkan pada bunga anggrek lantas ditempatkan pada pot gantung atau pot biasa, tempatkanlah pot tersebut di ruangan yang benar, tidak begitu bercahaya.

Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa dan Proses Perawatannya

Tahapan merawat tanaman anggrek itu tidak sulit kok, Anda cukup menyiram bunga anggret tiap pagi dan sore hari, Anda pun dianjurkan untuk mengganti sabut kelapa yang telah lapuk dan terlalu basah supaya tanaman bunga bisa tumbuh dengan baik.

Ada banyak sekali jenis bunga anggrek yang bisa Anda tanam, Anda hanya perlu memilih salah satunya dan mengikuti tata cara menanam anggrek dengan sabut kelapa.

Baca juga: Cara Tanam Bunga Dahlia

Salah satunya yang sudah dijelaskan di atas tanpa membuat kesalahan sama sekali karena pada dasarnya cara menanam bunga anggrek sangatlah mudah dan cepat.







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
15 + 13 =