Cara Menanam Edamame, Flowerian.Com – Sukakah Anda dengan kacang kedelai? jika jawabannya adalah iya maka gagasan untuk mulai bertani edamame

Tanaman ini terkadang disebut juga dengan kedelai jepang. Menanam tanaman ini merupakan gagasan terbaikdan telah menjadi resolusi di tahun ini.

Siapa yang tahu jika kedelai ternyata merupakan tanaman khas yang berasal dari China yang sudah dibudidayakan sejak sangat lama.

Kedelai edamame berukuran lebih besar dari kedelai biasa dengan rasa yang jauh lebih manis dan tekstur lebih lembut.




Kita patut bersyukur karena kedelai edamame bisa tumbuh dengan sangat baik di daerah beriklim tropis. Berikut cara yang benar menanam kedelai edamame:

Persiapkan Lahan

Untuk menanam edamame, Anda memerlukan lahan yang gembur, maka dari itu lahan Anda perlu digemburkan terlebih dahulu baru dibuatkan bendengan.




Dibutuhkan sekitar 15 hari untuk proses persiapan lahan, di mana dalam 10 hari pertama, sebelum penamanan edamame lahan tanam akan dibajak secara harlus baru di 5 hari sebelum penananam, lahan dibuatkan bedengan dengan panjang 10 meter, tinggi 20-25 senti dan lebar 1 meter, antar bedengan harus diberikan jarak sekitar 30 senti.

Gambar Foto Cara Menanam Edamame - Membuat Lahan Tanam

Gambar Foto Cara Menanam Edamame - Menyiapkan BedenganPada 3 hari sebelum proses penanaman edamame dilakukan, Anda wajib melakukan pemupukan dasar dengan menaburkan pupuk di bedengan secara merata, gunakan saja pupuk SP 36 kurang lebih sebanyak 200 kg/hektar lantas tambahkan kapur pertanian sekitar 600 kg/hektar.

Cara Menanam Edamame Dengan Benih Terbaik

Untuk satu hektar lahan pertanian yang siap dijadikan sebagai tempat menanam edamame, dibutuhkan sekitar 80-100 kilogram benih edamame.




Anda bisa mendapatkan benih edamame di mana saja, namun pilihlah benih yang terbaik jangan asal pilih benih karena dari benih ini akan menghasilkan tanaman edamame yang terbaik atau tidak.Gambar Foto Cara Menanam Edamame dari Bneih Biji

Proses Penanaman

Proses penanaman tanaman edamame membutuhkan kondisi lahan yang cukup kelembabannya.

Maka dari itu, sehari sebelum Anda melakukan proses penanaman maka lakukan pengairan terlebih dahulu pada bendengan, tepat pada musim kemarau, benih dari tanaman edamame ditanam di bendengan.

Jangan lupa berikan jarak tanam 12×20 senti, sedangkan saat musim hujan, jarak tanaman dibuat 14×25 senti, baru ditutup lagi dengan tanah yang sudah digemburkan, pastikan untuk menggunakan 1 benih tiap 1 lubang.

Cara Menanam Edamame dan Proses Penyiangannya

Proses penyiangan diperlukan supaya rumput maupun gulma yang terdapat di sekitar lahan tidak menjadi penghalang untuk pertumbuhan edamame.

Maka dari itu, Anda perlu mencabuti rerumputan liar yang tumbuh dan berkembang bersaing di sekitar tanaman edamame, proses ini biasanya dilakukan ketika tanaman edamame Anda berusia 9 atau 10 HST.

Pengairan

Proses ini dilakukan satu pekan sekali dengan cara yang cukup mudah yaitu dengan melakukan penggenangan sampai air berada dalam kapasitas lapang jangan lupa pula untuk memerhatikan kondisi tanahnya.

Pemupukan

Proses susulan ini memakai KCL 50 KG/Ha, Za sebanyak 50kg/Ha, dan Urea sebanyak 150 Kg/Ha. Proses pemupukan susulan yang pertama akan dilakukan pada saat tanaman berusia 10 HST

Sedangkan pemupukan kedua dilakukan dengan memakai KCL sebanyak 100kg/Ha, Za 100 Kg/Ha dan juga pupuk urea sebanyak 50 kg/Ha, lakukan proses pemupukan kedua ketika usia tanaman tepat 21 HST.

Pengendalian OPT

Proses pengendalian organisme pengganggu tanaman (OTP) sangatlah penting untuk dilakukan karena memberikan pengaruh yang sangat besar setidaknya untuk kualitas tanaman saat panen nanti.

Galeri Cara Menanam Edamame

Gambar Foto Cara Menanam Edamame agar Subur

Gambar Foto Cara Menanam Edamame di Pot dengan memberi Tiang

Gambar Foto Cara Menanam Edamame di Pot

Gambar Foto Cara Menanam Edamame di Tanah Pekarangan

Gambar Foto Cara Menanam Edamame untuk Budidaya

Ingin Menanam Sayuran lainnya? Coba untuk membaca Cara Menanam Pare

Jenis OPT yang umumnya menyerang adalah lalat pucuk, penggerek batak, ulat grayak serta jamur.

Lakukan pengendalian ini dengan memanfaatkan Reagent 50 c dengan dosis tiap 1 gram/liter air serta Ingrofol 50 Wp dengan dosis sekitar 1.5 l/Ha. Itulah tata cara menanam edamame yang tepat semoga bermanfaat untuk Anda.







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
5 − 3 =