Cara Menanam Ficus Repens, Flowerian.Com – Pernahkah Anda merasa iri melihat rumah-rumah orang yang tampak sangat asri dan cantik?

Gambar Foto Cara Menanam Ficus Repens di Dalam PotAnda pun ingin memiliki hunian seperti itu, tidak perlu merasa ragu atau takut karena modal yang dibutuhkan untuk mempercantik rumah tidak sebanyak yang Anda pikirkan.

Cukup dengan menanam ficus repens, taman Anda yang gersang akan menjadi lebih hidup dan rumah Anda yang tampak sepi akan menjadi lebih baik dan cantik.

Ficus Repens atau creeping fig merupakan tanaman berwarna hijau tua yang biasa dimanfaatkan sebagai wall covering yang mana akan membuat dinding eksterior rumah tampak lebih cantik dan segar, cara penanaman tanaman ini pun tidak sulit sama sekali.




Cara Menanam Ficus Repens – Persiapan

Dari sekian banyak media penanaman tanaman yang kita kenal, mulai dari tanah yang subur, pot atau media dalam air, ternyata masih ada media lain yang bisa dimanfaatkan, contoh konkretnya adalah dinding eksterior rumah yang ternyata bisa dimanfaatkan sebagai media penanaman tanaman ficus repens.

Tanaman ficus repens ini merupakan jenis tanaman merambat yang akan menancapkan dirinya pada permukaan yang juga menimbulkan kelembaban.

Maka dari itu dinding yang paling sesuai untuk dipakai adalah dinding plesteran yang alami tidak dilapisi oleh ubin jadi tanaman ini bisa merambat dan merekat dengan kuatnya di dinding.




Pilihlah Waktu Terbaik Sebagai Cara Menanam Ficus Repens Terlengkap

Tanaman ficus repens pun harus ditanam di waktu terbaik, jangan asal tanam, jadi lalu ditinggalkan begitu saja, Anda harus mengawasi lingkungan yang akan menjadi media penanaman dengan baik.

Pastikan bila kelembaban tanah terjaga, karena tanaman ini memerlukan kelembaban tanah yang cukup tinggi, alangkah baiknya bila Anda mulai menanam tanaman ini di akhir tahun, sekitar bulan November atau Desember.

Persiapkan Tanah Sebagai Lahan Penanaman




Taburkanlah kompos dengan ketebalan sekitar 2 inci di tanah yang berada persis di dekat dinding, tambah dengan pupuk organik secukupnya.

Aduklah tanah tersebut supaya kompos serta tanahnya dapat tercampur dengan baik lantas ambilah jarak kurang lebih 30 sentimeter dari dinding, lantas buatlah garis di sepanjang dindingnya. Tepat pada jarak tersebut pohon ficus repens akan ditanam.

Cara Menanam Ficus Repens yang Benar

Tahapan awal menanam tanaman ini adalah dengan membuat lubang di tanah dengan jarak tanam kurang lebih 60 sentimeter tepat di garis yang sebelumnya sudah Anda buat.

Gali tanah hingga mencapai kedalaman yang dibutuhkan usahakan agar kedalaman galian sesuai dengan kedalaman dari tanaman ficus repens ketika berada di dalam poly bag atau pot lantas masukkanlah tanaman dan timbun sisa lubangnya dengan memakai tanah yang ada di sekitar. Terakhir siram tanaman ficus repens secara merata.

Proses Perawatan Tanaman Ficus Repens

Lindungi selalu tanaman ini dari gulma maupun rumput liar dengan memanfaatkan sekam yang tebalnya sekitar 2 inci.

Jangan lupa untuk memberikan pupuk organik tiap bulannya dan singkirkanlah lapisan sekam sementara waktu baru kemudian tabur pupuknya. Garuk tanahnya supaya pupuknya bisa masuk dalam tanah lantas taruh kembali sekamnya.

Supaya tumbuhan ini tumbuh dengan indah dan lebat, jangan lupa untuk memangkas pucuk dari ficus repens secara berkala, tiap satu bulan sekali.

Tanaman Hias yang Lain:

Tertarik untuk memulai proses atau cara menanam ficus repens? jika jawabannya ya, maka Anda bisa melihat tata cara dan tips yang sudah disampaikan dengan jelas di atas.







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
21 + 30 =