Cara Menanam Bunga Euphorbia, FLOWERian.com – Jika anda tinggal di daerah tandus, biasanya anda akan kesulitan untuk menanam tanaman hias.

Selain unsur hara yang tidak dapat terpenuhi, di daerah tandus tanaman juga akan kesulitan untuk mendapatkan pasokan air tanah. Jika demikian keadaannya, tanamlah bunga euphorbia.

Gambar Foto Cara Menanam Bunga Euphorbia di RumahFamiliar dengan nama tanaman hias tersebut? Ya, euphorbia ini memiliki batang yang strukturnya mirip tanaman kaktus.

Batang tanaman hias ini mempunyai kemampuan untuk menyimpan air dan permukaan batang ditumbuhi oleh duri-duri yang cukup tajam.




Keindahan dari bunga euphorbia pun tidak kalah dari jenis-jenis bunga dari tanaman hias lainnya.

Pembibitan, Cara Menanam Bunga Euphorbia & Perawatan

Metode Cara Menanam Bunga Euphorbia

Ada beberapa macam euphorbia yang terdapat di Indonesia. Di antara yang beberapa yang dapat dijumpai, euphorbia merah dan kuninglah yang paling banyak ditanam.

Pada dasarnya euphorbia ini dapat tumbuh di mana saja, baik di daerah yang sangat tandus ataupun daerah yang beriklim dingin.




Euphorbia juga merupakan tanaman yang bandel. Artinya, euphorbia dapat kebal terhadap keadaan cuaca baik dingin maupun panas.

Satu hal paling penting apabila menanam euphorbia adalah jangan pernah membiarkan euphorbia tergenang air.

Tiga hal yang harus diperhatikan saat menanam maupun setelah menanam euphorbia adalah sebagai berikut:

  • Pembibitan

Bibit bunga euphorbia bisa didapatkan dari cara generatif. Cara generatif ini berarti kita mendapatkan bibit euphorbia dari buahnya.




Bila sudah cukup umur, biasanya buah euphorbia akan muncul dan ketika buahnya sudah berwarna coklat, maka saat itulah buah tersebut dapat dijadikan sebagai bibit.

Cara lainnya untuk mendapatkan bibit euphorbia adalah dengan stek. Stek ini dapat dilakukan pada batangnya.

  • Penanaman

Untuk menanam euphorbia akan lebih baik jika menggunakan pot. Ini karena saat euphorbia berbunga, maka euphorbia dapat di tempatkan di dalam ruangan untuk menjadi penghias ruangan.

Media tanam dapat menggunakan tanah porous tanpa adanya campuran bahan-bahan lain. Kemudia masukan tanah tersebut ke dalam pot sampai setengah saja dari tinggi potnya. Jangan menggunakan pot yang ukurannya terlalu besar.

  • Perawatan

Untuk perawatan, euphorbia ini termasuk tanaman yang tidak memerlukan perhatian khusus.

Cukup ditempatkan di area yang terkena cahaya matahari penuh dan jangan sering-sering memberinya air, maka euphorbia pun akan tumbuh subur.

Untuk hiasan taman, bagus juga: Menanam Bunga Cempaka

Nah, demikianlah langkah-langkah untuk memiliki euphorbia di halaman rumah mulai dari pembibitan, cara merawat serta cara menanam bunga euphorbia.







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
12 − 5 =