Cara Menanam Bunga Puring, Flowerian.com – Bunga puring adalah salah satu tanaman hias yang sudah banyak ditanam di halaman-halaman rumah.

Dan saat ini bunga puring sudah memiliki banyak penggemar. Tanaman hias yang satu ini memang tidak mengandalkan bunga sebagai daya tariknya, melainkan daunnya yang memiliki beberapa warna dalam satu daun yang membuatnya terlihat unik dan indah.

Gambar Foto Cara Menanam Sendiri Bunga Puring di RumahAda dua jenis bunga puring yang banyak ditanam di Indonesia. Yang pertama adalah bunga puring yang memiliki daun panjang dan jenis yang lainnya adalah bunga puring yang memiliki daun lebar. Namun, keduanya tetap memiliki persamaan dalam hal corak warnanya.

Metode Cara Menanam Bunga Puring

Langkah Langkah Cara Menanam Bunga Puring

Untuk menanam bunga puring ini tidak sulit sama sekali. Menggunakan metode cangkok atau stek dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan bibit bunga puring.




Cangkok dan stek ini adalah metode pembibitan puring yang paling cepat dan tingkat keberhasilannya tinggi dibandingkan menggunakan biji.

Cara stek dan cangkok ini tekniknya juga cukup mudah dan waktu agar penyetekan berhasil pun tidak terlalu lama.

Nah, tertarik mencangkong atau menyetek puring? Berikut langkah-langkahnya:




1. Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika akan melakukan stek atau cangkok adalah menyiapkan alat potong, gunting tanaman.

Lalu siapkan juga plastik yang nantinya akan digunakan sebagai pelindung bagian yang distek atau dicangkok.

2. Ingat, jangan menggunakan batang puring yang masih hijau.

Batang yang hijau pertanda batang tersebut masih muda dan strukturnya pun tidak keras sehingga tidak dapat dijadikan batang untuk stek. Gunakan batang yang sudah tua agar stek dapat berhasil.




3. Gunting yang tadi sudah disiapkan digunakan untuk memotong, usahakan menggunakan gunting yang tidak tumpul untuk menghindari batang tidak patah.

4. Daun pada batang yang sudah dipotong dapat dihilangkan sisakan lima hingga tujuh buah daun saja pada batang yang sudah dipotong.

5. Setelah itu potongan batang harus dimasukan ke dalam air yang sudah ditempatkan pada botol. Dapat juga menggunakan cairan perangsang agar akar lebih cepat tumbuh.

6. Setelah akar tumbuh dan cukup lebat, batang tersebut baru dapat dikatakan sudah berhasil dari hasil stek. Setelah itu batang harus dipindahkan pada media tanam yang permanen.

Baca Juga: Cara Merawat Puring

Demikian ulasan mengenai langkah pembibitan serta cara menanam bunga puring yang cukup mudah untuk anda lakukan.







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
20 + 8 =