Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Teratai di Kolam atau di Pot

Posted on

Cara Menanam Bunga Teratai, Flowerian.com – Bunga teratai, bunga yang memiliki habitat di air ini merupakan tanaman hias yang sangat menawan.

Perpaduan antara air yang tenang menyejukan dengan indahnya bentuk dan warna bunga teratai menjadi hal yang akan membuat hunian anda menjadi lebih nyaman dan sempurna untuk ditinggali.

Dan tahukah anda bahwa beberapa bagian dari tanaman bunga teratai ini dapat dimanfaatkan untuk masalah-masalah kesehatan.

Bahkan bagi orang-orang bangsa Cina, bunga teratai ini biasa digunakan untuk upacara-upacara keagamaan.

Gambar Foto Cara Menanam Bunga Teratai Liar di KolamCara Menanam Bunga Teratai di Kolam

Bunga teratai memiliki nama lain yakni bunga seroja. Dan satu hal yang perlu anda ketahui bahwa bunga teratai ini adalah tanaman yang berbeda dengan bunga lotus.

Lotus berbunga yang bentuknya lebih kecil dari bunga teratai, bunga lotus juga memiliki ragam variasi warna.

Sedangkan untuk bunga teratai hanya ada dua jenis warna yakni warna putih dan warna merah jambu keunguan.

Dalam setahun, teratai berbunga lebih dari satu kali. Dan karena hidupnya di air, bunga ini tidak bergantung pada perubahan musim.

Jika anda memiliki kolam di halaman rumah anda, di sanalah teratai akan dapat hidup dan berbunga dengan baik.

Beberapa teknik dan cara menanam teratai yang perlu anda ketahui:

1. Suhu di area tempat menanam teratai harus berada di kisaran 20 derajat Celsius sampai 30 derajat Celsius.

Usahakan untuk menempatkan teratai di tempat yang tidak dapat dijangkau oleh angin. Ini karena batang teratai akan mudah patah bila terkena angin.

Sinar matahari yang cukup serta air yang bersih adalah dua hal lain yang akan sangat mendukung hidup si seroja ini.

2. Untuk perbanyakan teratai, dapat dilakukan dengan menggunakan umbi dari teratai yang sudah cukup umur.

Selain itu biji teratai juga dapat dijadikan benih untuk pembibitan, namun terlebih dahulu biji harus disemai.



Tunas baru yang tumbuh, anakan dari si tanaman teratai yang besar juga merupakan cara lain untuk memperbanyak teratai.

3. Sebelum menanam bibit teratai pada kolam, kolam haruslah dibersihkan terlebih dahulu dan pastikan tidak ada rumput liar atau tanaman pengganggu lainnya yang akan menghambat pertumbuhan teratai.

Cara Menanam Bunga Teratai di Dalam Pot

Selain di kolam, teratai juga dapat tumbuh subur di dalam pot, ini semua bergantung bagaimana Anda menanam dan merawatnya nanti.

Menanam di pot memiliki banyak keuntungan, diantaranya Anda tidak perlu memiliki lahan yang luar. Selain itu, dengan menanam di pot, tanaman teratai yang Anda miliki bisa di pindah-pindah sesuai selera.

Yuk ikuti tips dan bagaimana cara menanam teratai di pot.

1. Siapkan pot

Media pot yang digunakan tentu saja yang bagian bawahnya tidak berlubang, guna menampung air. Untuk ukurannya tidak ada patokan pasti. Intinya, sesuaikan dengan space ruangan dimana nantinya teratai akan diletakkan.

2. Lumpur

Lumpur disini berguna sebagai media tanam bagi si seroja. Anda bisa menggunakan lumpur sawah atau tanah liat. Namun jika memang kesulitan untuk mendapatkan 2 media tanam tadi, tanah apa saja bisa.

Banyaknya lumpur/tanah liat bisa dilihat dari ukuran wadah yang digunakan. Intinya adalah, ketinggian lumpur/tanah setidaknya 65-70% dari tinggi wadah ( bergantung kepada semaian/bibit teratai yang Anda miliki ).

Hal ini berguna bagi laju tumbuh dan perkembangan akar nantinya.

3. Pupuk Kandang dan NPK

Setelah lumpur dan wadah Anda miliki, masukkan Lumpur dan Pupuk kandang serta NPK. Campur hingga merata kemudian beri air.

Untuk ukuran pupuk kandang, sesuaikan dengan jumlah lumpur yang dipakai. Jika menggunakan wadah dengan kapasitas 5 liter-10 liter cukup dengan 1 genggam pupuk kandang. Sedangkan NPK cukup satu sendok makan.

4. Bibit Teratai

untuk yang satu ini, kami asumsikan Anda telah memiliki bibit yang akan ditanam. Bibit teratai bisa Anda letakkan di wadah secara langsung tak perlu sampai tenggelam asal akar mencapai tanah itu sudah cukup.

Jika Anda merasa tidak yakin, tekan akar hingga terbenam di tanah.

5. Langkah Terakhir

Saat bibit teratai selesai ditanam, pastikan untuk sementara meletakkannya di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Hal ini dimaksudkan untuk adaptasi tanaman setelah di pindah tempat. Umumnya tanaman akan shock atau stress. Setelah dirasa teratai sudah mulai segar, barulah letakkan di tempat yang Anda inginkan.

Cara Menanam Bunga Teratai – Penutup

Mudah bukan cara menanam teratai? Saran kami, dari pada susah payah menyemai teratai, Anda dapat membeli bibit teratai yang sudah agak besar di nursery atau tempat penyemaian. Kemudian nantinya dapat dipindah ke wadah sesuai selera.

Untuk selanjutnya, Anda juga harus merawat si teratai ini dengan baik. Karena ini tanaman air, tidak dapat dipungkiri akan datang nyamuk yang akan bertelur di genangan air tersebut.

Perawatan juga bertujuan untuk menjaga bunga teratai tetap subur dan selalu berbunga. Adapun langkah-langkah perawatan dan cara menghindarkan tanaman teratai dari nyamuk dapat dibaca pada tulisan Cara Merawat Bunga Teratai.

Nah, itulah langkah mudah cara menanam bunga teratai. bagi Anda yang masih merasa kesulitan atau ada yang perlu dipertanyakan, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui kotak komentar dibawah. Salam hijau!

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *