Cara Menanam Bunga Viola, si ungu berkhasiat

Posted on

Cara Menanam Bunga Viola, FLowerian.com – Sudah tahukah anda jika beberapa tanaman hias yang dapat kita budidayakan di halaman atau pekarangan rumah ternyata dapat digunakan pula untuk keperluan lain.

Fungsi lain tanaman hias tersebut misalnya untuk mengobati ataupun mencegah penyakit-penyakit tertentu, dan ada juga tanaman hias yang beberapa bagian tanamannya bisa kita konsumsi secara langsung.

Namun memang, tidak semua tanaman hias dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang sudah disebutkan tadi, hanya beberapa saja, bunga viola adalah satunya.

Gambar Foto Cara Menanam Bunga Viola di Dalam PotTeknik dan Cara Menanam Bunga Viola

Tips Cara Menanam Bunga Viola

Viola atau sering juga disebut violet merujuk pada warna bunganya, sering dimanfaatkan untuk tujuan kesehatan dan bunganya juga dapat dikonsumsi serta memiliki rasanya yang enak pula.

Bunga dari tanaman bunga violet ini berwarna ungu, selain itu wanginya sangat harum khas violet sehingga sangat cocok untuk menghiasi taman atau halaman rumah anda.

Jika biasanya orang enggan menanam tanaman hias dikarenakan perawatannya yang sulit, tidak demikiannya dengan violet karena perawatannya cukuplah mudah bahkan bagi pemula sekalipun.

Untuk anda yang tertarik menanam bunga viola, berikut teknik dan caranya:

  1. Syarat viola dapat tumbuh dengan baik yaitu apabila ditanam pada tanah yang memiliki tingkat pH sekita 6 hingga 7,5.

    Keasaman atau pH tanah yang tidak sesuai akan membuat warna bunga viola yang keunguan akan tampak berwarna ungu pudar.

  2. Viola juga harus cukup terkena cahaya matahari. Cahaya matahari yang diperlukan untuk tumbuhnya viola adalah cahaya matahari yang tidak langsung.

    Jadi, jangan tempatkan viola di area yang dapat terkena matahari langsung karena viola sangat tidak tahan terhadap panas dari terik matahari.

c. Jika menanam viola dengan menggunakan bijinya sebagai benih, maka butuh penyemaian terlebih dahulu sebelum bibit tersebut ditanam pada media tanam.

Harapan hidup benih-benih yang berupa biji ini akan sangat kecil jika langsung ditanam pada pot.

Baca Juga: Cara Merawat Bunga Viola



Nah demikian cara menanam bunga viola yang dapat anda lakukan, sirami secara rutin agar viola tetap segar dan tidak layu.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *