Cara Menanam Bunga Zodia, Flowerian.com – Saat ini mungkin anda hanya mengenal geranium saja sebagai tanaman hias yang dapat menjadi pengusir nyamuk.

Zodia, begitulah namanya, adalah tanaman hias lainnya yang dapat menjadi alternative lain untuk mengusir nyamuk-nyamuk di rumah anda.

Bentuk dan warna bunga zodia ini pun tidak kalah cantiknya dengan bunga geranium.

Gambar Poto Bagaimana Cara Menanam Bunga ZodiaDi Papua sendiri, bunga zodia memang menjadi andalan penduduk sana untuk mengusir nyamuk.




Dan memang upaya tersebut sudah terbukti berhasil. Bunga zodia ini memang merupakan tanaman asli Indonesia, khususnya berasal dari daerah Papua.

Cara Menanam Bunga Zodia dan khasiatnya sebagai pengusir nyamuk

Tips dan Trik Cara Menanam Bunga Zodia

Selain untuk mengusir nyamuk, hewan lainnya akan dapat dimusnahkan oleh si zodia ini adalah serangga seperti lalat atau kecoa.

Berbeda dengan tanaman pengusir nyamuk lainnya, memanfaatkan zodia untuk mengusir nyamuk adalah dengan cara mengebas-ngebaskan daun zodia pada ruangan-ruangan rumah anda yang menjadi sarang nyamuk.




Di dalam daun zodia, dikenal mengandung beberapa zat yang sangat tidak disukai oleh nyamuk yaitu zat apenine serta zat yang bernama linalool.

Berikut cara-cara menanam zodia:

1. Karena batang tanaman zodia berupa kayu yang cukup keras, mendapatkan bibit zodiac dapat dilakukan dengan cara mencangkok atau menggunakan cara stek pada batang zodia.

2. Stek atau cangkok diaplikasikan pada batang zodia yang sudah agak tua dengan ciri yang dimiliki yakni batangnya sudah keras dengan warna yang coklat tua.




3. Stek atau cangkok akan berhasil setelah beberapa minggu. Ketika proses pencangkokan, jangan lupa untuk menyiraminya.

Untuk stek, anda dapat menggunakan cairan perangsang akar agar proses stek tersebut dapat berhasil dengan cepat.

4. Setelah beberapa minggu, batang zodia yang sudah melewati cara stek atau cangkok ditumbuhi akar, maka inilah saatnya untuk memindahkannya ke dalam pot.

Kenapa pot? Ini karena menggunakan pot akan lebih mudah untuk memindahkan tanaman zodia yang ditujukan untuk mengusir nyamuk.

5. Sesekali tempatkan zodiac di area yang dapat terkena sinar matahari pagi, setelah itu dapat diletakkan kembali di dalam ruangan yang anda kehendaki.

6. Jangan lupa untuk secara rutin menyiram tanaman zodia anda.

Contoh-Contoh Bunga Zodia

Gambar Foto Cara Menanam Bunga Zodia Agar Berbunga Gambar Foto Cara Menanam Bunga Zodia dan Manfaatnya Gambar Foto Cara Menanam Bunga Zodia di Polybag Gambar Foto Cara Menanam Bunga Zodia Untuk Budidaya Gambar Foto Cara Menanam Bunga Zodia Untuk Hiasan Gambar Foto Cara Menanam Bunga Zodia Yang Baik dan Benar Gambar Foto Tutorial Cara Menanam Di Tanah Bunga Zodia

Coba juga untuk Menanam bunga zinnia

Selain mengebaskan daun-daun zodia, dapat pula dengan cara menggosokan daun zodia tersebut pada bagian tubuh kita, dan dijamin tidak akan ada satu ekor nyamuk pun yang menempel pada tubuh anda.

Oke, selamat mempraktekan cara menanam bunga zodia.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here