Cara Menanam Tomat Dari Biji

Posted on

Cara Menanam Tomat Dari Biji, FLOWERian.com – Bagi pemula yang tertarik hobi bercocok tanam, pilih tomat sebagai proyek perdana.

Selain gampang dan cuma butuh lahan kecil, tak perlu juga menyisihkan uang untuk beli benih atau bibit khusus. Gunakan saja biji dari tomat yang ada di dapur.

Cara Menanam Tomat Dari Biji Yang Baik

Cara Menanam Tomat Dari Biji Mudah dan Berbuah

Gambar Foto Cara Menanam Tomat Dari Biji Cara Menaburkan BijiCara Menanam Tomat Dari Biji sebenarnya tak jauh berbeda dengan paket benih yang tersedia di toko pembibitan.

Akan tetapi ada sejumlah poin penting harus dilakukan agar tanaman tumbuh subur dan siap berbuah.

1. Persiapan awal

Cara Menanam Tomat Dari Biji dengan menyiapkan beberapa pot kecil, tanah gembur berkualitas untuk menanam dan mengeluarkan biji dari tomat.

Gunakan pot ukuran tiga inci dengan lubang drainase.

Bersihkan pot dari segala macam kotoran, cuci dengan air sabun, bilas dan rendam selama 5 menit ke larutan air dan pemutih. Bilas pot ke air bersih lalu biarkan mengering.

2. Menanam biji

Isi dasar pot dengan tanah gembur setinggi 1 inci. Tanam biji tomat pada kedalaman 1/4 inci dan jarak terpisah 1 inci, atau sekitar 2-3 biji per pot.

Pastikan biji tertanam atau tertutup dengan tanah. Segera menyiram benih dengan air, cukup angkat dan taruh pot ke atas wadah berisi air.

Nantinya air akan membahasi tanah melalui lubang drainase, dengan begitu tak mengganggu posisi benih.

Selanjutnya angkat pot dari wadah air dan taruh sekitar area yang diakses sinar matahari langsung.

Selain mengandalkan cahaya alami, boleh juga digantikan dengan cahaya buatan, asalkan jarak tanaman sekitar 3-4 inci dari sumber cahaya.

3. Penumbuhan benih



Cepat lambatnya penumbuhan benih biji tomat tergantung pada suhu tanah. Pada beberapa kasus, benih akan tumbuh dalam tujuh hari jika suhu tanah 75 derajat Fahrenheit.

Suhu dingin memperlambat penumbuhan, bahkan bibit baru muncul sekitar dua minggu jika berada di suhu 60 derajat Fahrenheit.

Jika suhu berada pada 50 derajat Fahrenheit, benih butuh waktu penumbuhan sekitar 43 hari.

Menutupi permukaan tanah dengan lapisan rerumputan kering termasuk salah satu Cara Menanam Tomat Dari Biji yang meningkatkan suhu dan cek pula tanah pot tetap lembab.

4. Perkembangan bibit

Keluarnya dua daun dari dalam tanah merupakan salah satu proses perkembangan bibit. Taruh pot di area yang kena sinar matahari penuh agar makin cepat tumbuh.

Ketika semua biji dalam satu pot berhasil menjadi bibit, pilih yang terkuat dan cabut keluar yang lemah dari tanah secara perlahan.
5. Pemindahan tanaman

Ketika bibit terus tumbuh dan punya beberapa lembar daun, saatnya melakukan pemindahan ke lokasi permanen, entah itu tanah pekarangan atau wadah pot baru di teras.

Agar pemindahan berhasil dan bibit tidak mati, pastikan suhu tanah berada 60 derajat Fahrenheit atau diatasnya, cek pakai thermometer khusus tanah.

Sebelum pemindahan ke tempat baru, pastikan kondisi tanah subur dan cepat menyerap air. Buat lubang cukup besar melebihi ukuran pot dan pastikan cukup dalam sehingga tanaman tomat beserta tanah aslinya dapat ikut masuk.

Singkirkan dua atau tiga tahun di posisi terbawah, kemudian tutupi batang dengan tanah sehingga hanya menyisakan dua atau tiga daun saja.

Jika ingin terus tumbuh sepanjang musim, pasang tongkat disamping tanaman dan jangan lupa menyirami area sekitar akar berada.

Coba juga: Cara Menanam Wortel di Rumah

Demikian lima langkah bagaimana cara Cara Menanam Tomat Dari Biji hingga siap tumbuh di lahan permanen.

Agar terus tumbuh subur dan siap berbuah, lakukan perawatan rutin berupa pemupukan, penyiraman dan menyingkirkan gulma sekitar lahan.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *