Cara Menanam Mangga, Flowerian.com – Habis makan buah mangga, jangan langsung buang bijinya. Jika lahan tanah rumah masih luas dan minim tanaman, lebih baik tanam pohon mangga. Selain rasanya yang segar di tenggorokan, buah ini tersedia dalam beragam varietas unik.

Cara Menanam Mangga dari biji tidak begitu susah untuk seorang pemula yang mulai hobi berkebun, sayangnya memakan waktu cukup lama sampai bibit tumbuh besar menjadi pohon siap buah. Meskipun harus nunggu waktu panen lama, tak ada salahnya mencoba.

Langkah-langkah Cara Menanam Mangga

Tips Cara Menanam Mangga yang Baik

1. Mangga tersedia dalam beragam varietas dengan karakteristik daging buah unik. Saat musim panen tiba, pasar pun ikut ramai dengan beragam pilihan.

Beli beberapa jenis dan cicipi satu per satu. Jika sudah mengetahui pilihan yang paling disukai, segera kupas dan santap buah hingga menyisakan biji.




2. Agar biji siap tanam, pastikan tak ada daging buah yang masih menempel di bagian sekam. Langkah selanjutnya yaitu membuka sekam dengan pisau. Proses ini sedikit sulit dan butuh kesabaran, apalagi bagian sekam keras.

3. Usai berhasil membuka sekam, segera cari biji kering yang bentuknya seperti kacang dengan warna cerah di bagian puncak (biasanya disebut istilah ‘mata’). Angkat biji keluar dari sekam.

4. Sebelum memulai penanaman biji, ada dua item yang harus disiapkan yaitu pot ukuran sedang dengan lubang drainase dan tanah pot berkualitas tinggi. Isi pot dengan tanah secukupnya.




5. Basahi tanah pot, buat lubang sedalam 1/2 inci, taruh biji dengan ‘mata’ mengarah ke atas dan tutupi dengan tanah. Butuh beberapa minggu hingga akhirnya biji mulai tumbuh mengeluarkan bibit.

6. Saat permukaan tanah pot mulai mengering setelah beberapa hari menanam biji benih, siram dengan air hangat ketimbang air dingin. Terus basahi tanah ketika mulai tampak mengering.

Cara Menanam Mangga dari biji tidak begitu sulit, namun bibit wajib dipindah ke lahan luas yang permanen agar bisa tumbuh besar.

Pohon tak akan tumbuh maksimal jika masih terus berada di pot. Mulai lakukan pemindahan ketika musim hujan mulai berganti ke musim panas dimana suhu udara hangat.




Proses penumbuhan benih ke bibit memakan proses lama jika memakai metode penanaman biji.

Ada cara alternatif supaya pekarangan rumah lebih cepat dihuni pohon mangga, yakni menanam cangkok.

Tak sulit mencari beragam varietas cangkok mangga, bahkan tersedia di sejumlah toko pembibitan dengan harga berbeda-beda.

Cara Menanam Mangga dari cangkok jauh lebih cepat dan mudah ketimbang biji. Akan tetapi ada sejumlah poin wajib diperhatikan.

1. Tanam pohon mangga cangkok di lahan tanah subur yang selalu menerima sinar matahari penuh. Jangan lupa tambahkan pupuk kompos organik.

2. Lakukan penyiraman dua atau tiga kali pada minggu pertama usai penanaman cangkok, siram banyak air di sekitar area akar berada.

Pada beberapa minggu selanjutnya, siram pohon sekali atau dua kali dalam seminggu. Singkirkan gulma yang tumbuh sekitar pohon mangga, taburi kompos demi mencegahnya.

3. Ketika tanaman mulai tumbuh baru, segera beri pupuk kaya kandungan nitrogen. Tingkatkan jumlah pemberian pupuk ketika pohon semakin tumbuh besar.

4. Ketika pohon sudah tumbuh besar, beri pupuk rendah kandungan nitrogen agar siap berbunga dan berbuah.

Ada yang suka tomat? Yuk simak cara menanam tomat

Intinya, Cara Menanam Mangga bisa melalui biji dan cangkok. Masing-masing punya kelebihan serta kekurangan. Jika tak mau repot dan nunggu lama, lebih baik mulai bercocok tanam dari cangkok.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here