Cara Menanam Lombok Yang Baik

Posted on

Cara Menanam Lombok, Flowerian.com – Walaupun pedas di lidah, tetapi banyak orang suka dan ketagihan makan lombok. Daripada terus menerus beli, coba tanam sendiri di pekarangan rumah. Cara Menanam Lombok jauh lebih mudah saat berada di lokasi beriklim panas, bahkan tumbuh semakin subur jika iklim semakin panas.

Metode penanaman dan syarat bercocok tanam lombok tak jauh berbeda dari tomat. Hebatnya lagi, tanaman ini bisa tumbuh subur meski berada di pot/polybag sehingga tak masalah meski hanya punya lahan sempit atau mengandalkan teras rumah.

Cara Menanam Lombok – Penanaman Benih

Benih lombok tersedia di toko pembibitan, boleh juga menanam langsung dari biji lombok segar. Agar tunas tumbuh secepat mungkin, setidaknya butuh suhu 20 derajat Celcius. Waktu terbaik menanamnya adalah awal musim panas, jangan sampai mendekati awal musim hujan.

Penanaman benih lombok biasanya dimulai dari pot kecil atau penampan bibit. Ketika bibit masih kecil, rentan rusak dan tak tumbuh cepat. Sebenarnya lombok tak suka proses pemindahan atau transplantasi dari pot ke lahan ruang terbuka, jadi lebih baik tanam langsung ke lahan tanah

Jika ingin menanam benih lombok ke pot, masukkan beberapa benih ke setiap pot. Saat tunas mulai tumbuh dan muncul beberapa daun, singkirkan yang paling lemah lalu biarkan yang paling kuat tetap bertahan. Pastikan setiap pot hanya ada satu bibit tunas saja, tak boleh lebih dari satu.

Cara Menanam Lombok di pot besar tak jauh berbeda dari ukuran kecil. Tanaman boleh saja ditaruh ke lahan ruang terbuka meski masih berada di pot. Jika ingin dipindahkan alias transplantasi ke tanah langsung, pastikan tanah pot disiram air terlebih dahulu. Usai meletakkan tanaman ke lubang, segera tutup rapat dengan tanah kemudian sirami air.

Gambar Foto Cara Menanam Lombok Mulai Dari Penyemaian

Cara Menanam Lombok – Perawatan

Lombok dapat tumbuh subur pada beragam jenis tanah. Tak jauh berbeda dari tanaman lainnya, tanah kaya nutrisi paling disukai untuk hasil panen lebih banyak. Meskipun demikian, tanah jenis apapun asalkan subur tetap prioritas utama dan tak butuh penanganan khusus.

Lahan tanah diberi terlalu banyak kompos dan jerami kering tak berdampak buruk pada pertumbuhan lombok. Tanaman butuh pupuk jika tumbuh di kondisi tanah tak sehat, oleh karena itu mulai beri lebih banyak kompos dan jerami kering.

Cara Menanam Lombok tak jauh berbeda dari kerabat terdekatnya, bahkan sama-sama menyukai senyawa potassium agar menghasilkan lebih banyak panen. Disarankan tak memberi nitrogen berjumlah besar yang justru menumbuhkan daun lunak dan tak menghasilkan panen apapun.

Penting sekali memastikan tanaman lombok memperoleh cukup air dan ditutupi jerami kering. Menutupi lahan dengan jerami dan dedaunan kering bertujuan agar tanah tidak kekeringan dan meningkatkan kondisinya. Meski tergolong tanaman tangguh, lombok sangat sensitif dengan masalah kekurangan air.

Oleh karena itu, pastikan lombok memperoleh banyak air dan jangan sampai lahan tanah kekeringan. Meskipun air merupakan elemen penting, penyiraman jangan berlebihan. Pastikan kondisi tanah cepat menyerap air, apalagi lombok tak menyukai kondisi tanah basah seperti rawa.

Cabang batang lombok tergolong lemah dan menurun sampai ke mendekati tanah jika tumbuh banyak buah. Hal ini justru membahayakan kondisi pohon, apalagi berakar lemah dangkal sehingga kemungkinan besar bisa patah. Oleh karena itu, berikan penopang berupa tiang kayu.

Ternyata Cara Menanam Lombok sangat mudah, apalagi daerah tropis dan subtropis. Proses berbunga dan berbuah begitu cepat tergantung pada varian dan temperatur. Panen bisa dilakukan meski berwarna hijau, atau nunggu sampai berubah warna merah.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".



Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *