Cara Menanam Pohon Katuk

Posted on

Cara Menanam Pohon Katuk, FLOWERian.com – Katuk alias Sauropus Androgynus termasuk pohon tahan lama yang dapat tumbuh subur dengan minim perawatan.

Menurut hasil studi setiap 100 gram daun mengandung protein sebanyak 6.4 persen dengan jumlah 59 kalori, sementara itu rasanya mirip kacang polong.

Banyak orang mencari tahu cara Cara Menanam Pohon Katuk karena menyimpan khasiat luar biasa bagi kesehatan selain kaya nutrisi penting.

Popularitas tanaman ini sering digunakan masyarakat indonesia untuk membuat ‘air infusi’ atau air rebusan yang bermanfaat melancarkan ASI.

Berikut kandungan nutrisi katuk jika dibandingkan bayam dengan komposisi 1/2 cangkir penyajian:

Protein: 4.9 g Katuk – 0.43 g Bayam

Calcium: 51 mg Katuk – 15 mg Bayam

Iron: 2.7 mg Katuk – 0.4 mg Bayam

Vitamin A: 1122 IU Katuk – 1407 IU Bayam

Vitamin C: 83 mg Katuk – 4.2 mg Bayam

Cara Menanam Pohon Katuk di sebagian besar wilayah Indonesia tergolong pekerjaan mudah.

Tanaman ini memiliki kemampuan hebat bertahan dalam kondisi panas dan lembab. Proses penumbuhan benih memakan waktu lama sehingga banyak orang beralih ke stek.

Pohon katuk bisa tumbuh saling berdekatan asal tanah memperoleh asupan pupuk seimbang. Daun bisa dikonsumsi selama setahun penuh jika pohon tumbuh subur.

Tak heran banyak orang ingin menanamnya meski terkendala minimnya ketersediaan lahan kosong. Tertarik? Yuk pelajari cara menanam pohon katuk.

Persiapan Cara Menanam Pohon Katuk – Bibit

Ketimbang menanam benih yang butuh waktu lama, lebih baik mulai menanam dari bibit tunas.



Tak perlu mencangkok, potong saja batang atau tangkai tua dari pohon katuk untuk ditanam langsung ke tanah.

Hampir semua kondisi tanah di Indonesia bersahabat baik dengan metode penanaman bibit ini. Usai batang ditanam ke tanah sebagai bibit, segera sirami dengan air intensitas rendah.

Lahan Pohon Katuk

Penentuan lahan tanam pohon katuk tidak begitu sulit karena bibit cepat beradaptasi dengan segala jenis tanah di Indonesia.

Pastikan lahan tidak langsung kena paparan sinar matahari, kalau memungkinkan agak teduh. Boleh saja menanam di lahan terbuka dengan akses sinar matahari penuh asal kebutuhan air selalu tercukupi alias tanah tak sampai mengering.

Waktu tanam

Cara Menanam Pohon Katuk hanya tinggal membuat lubang tanam untuk batang atau tangkai lalu menutupinya dengan gundukan tanah dan diakhiri penyiraman ringan.

Agar proses pertumbuhan tak mengalami gangguan sama sekali, sebaiknya mulai tanam diawal musim panas ketimbang musim hujan.

Cara Menanam Pohon Katuk – Perawatan

Butuh waktu beberapa minggu hingga akhirnya batang menjadi tunas dan akar tumbuh menguat ke dalam tanah.

Terus sirami tanah dan beri pupuk bila perlu. Sebenarnya perawatan katuk tergolong mudah tanpa perlu pupuk, namun boleh saja diberi agar mempercepat pertumbuhan.

Berikan saja pemupukan dengan komposisi seimbang plus penyiraman rutin agar tanah tetap lembab.

Pohon Katuk cepat tumbuh besar dalam waktu singkat. Lakukan pemangkasan rutin dengan ketinggian sekitar 6-8 inci dari permukaan tanah sehingga pertumbuhan tetap terkendali dan tak memakan lahan.

Baca juga: Cara menanam Seledri

Bagaimana Cara Menanam Pohon Katuk secara indoor? Tak begitu sulit, cukup cari pot ukuran besar dan menentukan lokasi untuk pertumbuhan.

Isi pot dengan tanah campuran kompos, tanam potongan batang atau tangkai, lalu akhiri dengan penyiraman.

Pastikan pot berada di area teduh dengan akses sinar matahari, teras merupakan lokasi terbaik.

Akan tetapi Katuk tergolong tanaman tahan lama sehingga lebih cocok tanam langsung di tanah pekarangan rumah.

Adapun kendala menanam indoor dengan pot yaitu akar pohon terus tumbuh besar yang mungkin saja menghancurkan pot itu sendiri.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *