Cara Menanam Pandan Di Kebun Rumah

Posted on

Cara Menanam Pandan Di Kebun Rumah, FLOWERian.com – Pernah menggunakan daun pandan untuk memasak?

Atau menggunakan daun pandan sebagai kebutuhan lainnya? Siapa sih yang tidak kenal dengan pandan.

Salah satu daun beraroma unik nan wangi yang kerapkali digunakan sebagai pengharum masakan, daun ini seringkali digunakan ketika hendak membuat kue.

Dari kacamata masyarakat awam, cara menanam pandan itu sama sekali mudah, tidak ada yang sulit mengingat tanaman ini termasuk tanaman yang bisa dibudidayakan super mudah.

Bahkan tidak sesulit menanam padi. Berikut penjelasan singkat mengenai tata cara menanam daun pandan:

Pengolahan Tanah

Setelah proses pengolahan tanah selesai dan telah dibuat lubang yang berukuran 20cmx20cmx20cm yang jaraknya 1mx1m maka di tiap lubang tanamnya harus diberikan pupuk kandang kurang lebih sebanyak 2 kg sehingga bisa langung ditanami oleh bibit.

Bibit pandan diambil dari tunas tunggalnya yang sudah menghasilkan. Tunas ini harus berakar gantung, bila tidak tanaman pandan tidak akan bisa tumbuh dengan baik.

Cara Menanam Pandan – Pembibitan

Pembibitan yang dilakukan untuk menanam pandan bali sangat mudah, cukup memperbanyak tunasnya saja dengan memisahkan tunas yang sudah muncul menggunakan pisau yang tajam.

Lakukan secara perlahan-lahan dan hati-hati sehingga sistem perakaran pandan bali tidka akan rusak.

Dan setelah tunasnya terpisah, tunggu selama beberapa saat di area yang lembab baru kemudian tanam pandan supaya tidak menjadi layu.

Pemupukan

Setelah 3 bulan berlalu pasca penanaman pandan, alangkah baiknya bila Anda memberikan pupuk buatan yang dosisnya siap tanam sebanyak 50 gram urea ZA serta 20 gram KCI.

Proses pemupukan ini dilakukan pasca penyiangan rumput liar yang mengganggu lantas setelah umur pandan 1 tahun, berilah pupuk kandang juga pupuk buatan dengan dosis sama banyaknya. Setelah pempupukan itu selesai, anda tidka perlu lagi melakukan pemupukan lanjutan.

Cara Menanam Pandan Super Praktis

Proses penanaman pandan sangat berbeda dari tanaman pada umumnya. Langkah awal untuk menanam pandan adalah dengan menyiapkan terlebih dahulu media tanamannya, bisa olahan tanah yang telah dicampurkan dengan pupuk kandang maupun pupuk kompos.



Setelah selesai dicampurkan, lantas buatlah lubang tanam yang dalamnya mencapai 22-27 cm lalu tanamlah bibit pandan dengan baik ke arah tegak lurus.

Lalu lanjutkan dengan menimbun bibit pandan dengan media tanam yang ada di sekitarnya dan jangan lupa untuk memadatkannya agar tanaman tidak mudah roboh setelah selesai ditanam.

Cara menanam pandan ini bisa dilakukan kapan saja, namun pastikan bila tanaman tidak kering dan layu selama masa pertumbuhan, maka dari itu jangan lupa untuk memberikan pengairan yang teratur di pagi dan sore hari.

Dan ada baiknya untuk 1 minggu hindari terkena matahari langsung, khususnya di saat tengah hari.

Cara Menanam Pandan – Perawatan

Tanaman pandan bisa terserang penyakit atau hama penggerek pucuk lho. Dan jika pucuk tanamannya tampak memiliki lubang kerek serta terdapat kotoran ulat, maka segera atasi dengan menyuntikan insektisida dalam pucuk tersebut.

Insektisida yang baiknya Anda gunakan adalah Diazinon, Dimecron dan masih banyak lagi, cukup sebanyak 2 cc saja untuk tiap tanaman pandan.

Suka Paprika? Yuk liat cara menanam paprika

Panen

Pada tahun ketiga pasca penanaman pandan, Anda sudah bisa melakukaan panen pertama kali dan seterusnya berselang 1.5-2 bulan.

Pelaksanaan panen ini bisa berlangsung selama 10-20 tahun lho, namun jangan lupa pula untuk melakukan peremajaan pada tanaman yang tidak menghasilkan atau bahkan telah mati.

Proses atau cara menanam pandan memang sangat mudah meskipun harus menunggu selama bertahun-tahun untuk bisa panen, jadi bila Anda ingin budidadaya tanaman ini lakukan budidaya lainnya juga agar pemasukan Anda tidak terganggu.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *