Cara Menanam Lengkuas, www.Flowerian.com – Salah satu rempah yang memiliki nilai jual di Indonesia adalah lengkuas.

Hal ini mengingat masih banyaknya orang yang menggunakan lengkuas sebagai bumbu masakan maupun bahan dasar pengobatan.

Tanaman lengkuas bisa dibudidayakan dengan menggunakan rimpang maupun biji. Rimpang paling baik untuk bibit merupakan bagian ujungnya.

Cara menanam lengkuas dengan menggunakan rimpang sudah tidak asing lagi bagi para petani, terutama yang kerjanya memang membudidayakan lengkuas.




Berikut tips dan cara menanam rempah lengkuas yang baik dan benar:

Cara Menanam Lengkuas – Persyaratan Bibit

Gambar Foto Cara Menanam Lengkuas dari RimpangBibit yang berkualitas merupakan bibit yang telah memenuhi syarat dari mutu fisiologik dan mutu genetik serta mutfu fisik.

Bahan bibit yang lolos 3 kriteria akan bisa segera digunakan untuk budidaya lengkuas, yakni bahan bibit diambil secara langsung dari kebun bukannya dibeli dari pasar.




kedua, bahan bibit dari tanaman lengkuas yang telah berumur 9-10 bulan dan ketiga, tanaman lengkuas yang sehat dengan kulit rimpang yang tidak lecet maupun terluka.

Penyemaian Bibit

Gambar Foto Cara Menanam Lengkuas yang Baik dan BenarUntuk proses pertumbuhan tanaman lengkuas yang seragam, sebaiknya bibit tidak langsung ditanam karena baiknya bibit dikecambahkan terlebih dahulu, proses penyemaian bibit bisa dilakukan dengan memakai peti kayu maupun bedengan.

Penyiapan Bibit




Sebelum menanam bibit lengkuas, bibit tersebut harus bebas dari penyakit dan ancaman negatif lainnya dengan cara dimasukkan dalam karung.

Lalu dicelupkan dalam larutan fungisida selama 8 jam baru kemudian bibitnya dijemur kurang lebih selama 2-4 jam baru kemudian ditanam.

Cara Menanam Lengkuas yang Mudah Di Rumah

Gambar Foto Cara Menanam Lengkuas di Taman PerumahanSetelah pembentukan lahan selesai dilakukan, Anda sudah bisa langsung melakukan cara menanam lengkuas dengan melekatkan bibit rimpang lengkuas secara rebahan dalam lubang tanam maupun alur yang telah disiapkan sebelumnya.

Penanaman baiknya dilaksanakan pada awal musim hujan yakni sekitar September atau Oktober.

Karena tanaman muda memerlukan air yang cukup banyak untuk proses pertumbuhannya.

Penyulaman

Gambar Foto Cara Menanam Lengkuas Bagian yang Bisa DicabutSetelah 2-3 minggu berlalu, hendaknya Anda melakukan cross check pada tanaman untuk melihat adakah rimpang yang telah mati.

Dan bila ada rimpang mati, maka Anda perlu melakukan penyulaman sehingga pertumbuhan bibit sulaman tidak jauh tertinggal dari tanaman lainnya, maka dari itu pilihlah bibit rimpang yang berkualitas baik dengan proses pemeliharaan yang baik dan benar.

Penyiangan

Proses penyiangan untuk pertama kalinya akan dilakukan ketika tanaman sudah berumur 2-4 minggu lantas dilanjutkan pada usia 3-6 minggu sekali.

Itu semua tergantung pada keadaan tanaman pengganggu yang berkembang di sekitar tanaman lengkuas.

Bila umur tumbuhan sudah mencapai 6-7 bulan, maka baiknya tidak melakukan penyiangan lagi karena di umur segitu, rimpang sudah cukup besar.

Pemupukan

Gambar Foto Cara Menanam Lengkuas untuk BudidayaPada pertanian organik tidak memakai bahan kimia tidak terkecuali pupuk buatan serta obat-obatan.

Maka proses pemupukan organik yakni dengan memakai pupuk kompos organik maupun pupuk kandang yang dilakukan lebih sering bila dibandingkan dengan penggunaan pupuk buatan.

Pemberian pupuk kompos organik harus dilakukan di awal penanaman lengkuas disaat pembuatan guludan dilakukan sebagai pupuk dasar sekitar 60-80 ton/hektar ditebar kan dan dicampurkan dengan tanah olahan.

Agar lebih hemat, pakailah pupuk kompos dengan baik di tiap lobang tanam.

Pengairan

Tanaman ini tidak membutuhkan banyak air untuk membantu proses pertumbuhannya, namun di awal masa tanam, tumbuhan lengkuas diusahakn untuk selalu ditanam di awal musim penghujan.

Lihat juga tanaman herbal lainnya disini.

Setelah mengetahui langkah cara menanam lengkuas, tertarikkah Anda untuk menekuni budidaya lengkuas? budidaya ini bisa berhasil bila Anda melakukannya dengan super serius.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here