Cara Menanam Tempuyung, www.Flowerian.com – Tempuyung kerapkali dilihat sebagai tanaman hijau penghias tanaman.

Meskipun banyak orang yang mengkonsumsinya sebagai lalapan, terlepas rasanya yang pahit.

Selain itu, tempunyung juga baik untuk menurunkan tekanan darah serta alternatif terbaik penghancur batu ginjal, tidak heran jika banyak orang yang menanam tempuyung di rumah.

Gambar Foto Cara Menanam Tempuyung untuk BudidayaSecara fisik, tanaman ini memang terasa pahit dengan sifatnya yang mendinginkan, namun pada prinsipnya semua bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan.




Namun yang paling sering dimanfaatkan adalah bagian daunnya. Cara menanam tempuyung mungkin agak berbeda dari tumbuhan lainnya karena tumbuhan ini merupakan herba semusim yang tingginya bisa mencapai 2 meter.Berikut ini cara bercocok tanam tempuyung:

Cara Menanam Tempuyung – Tempat Tumbuh

Tempuyung memiliki nama ilmiah yaitu Sonchus arvensis Linn yang bisa tumbuh liar di kawasan yang terbuka yang bisa terkena sinar matahari atau yang sedikit terlindung, paling baik bila tumbuh di tebing, tepi saluran air yang penata airnya dilakukan dengan baik, pematang bahkan tanah terlantar.

Sekarang ini, tumbuhan ini biasa tumbuh di daerah pemukiman dengan curah hujan merata di sepanjang tahunnya maupun di daerah dengan musim kemarau pendek.




Gambar Foto Cara Menanam Tempuyung yang MudahDi Indonesia, tumbuhan ini tumbuh secara liar terutama di Pulau Jawa, kawasan dengan sedikit naungan. Meskipun biasa tumbuh liar, kita masih bisa kok menanam tempuyung dengan mudah.

Budidaya

Tempuyung bisa dibudidayakan dengan melakukan perbanyakan melalui biji maupun dikembangbiakkan secara vegetative.

Banyak petani yang menggantungkan kehidupan mereka dengan menanam tempuyung. Di atas lahan yang luasnya mencapai 100 m2 tempuyung bisa diolah dengan baik dan hasil akhirnya akan memperoleh 40 kg daun tempuyung segar yang dijual Rp. 1.000/kg. Tempuyung bisa ditanam secara tumpangsari sama saja dengan tumbuhan holtikultura lainnya.




Cara Menanam Tempuyung yang Cepat

Pemeliharaan tanaman ini tidak begitu sulit, begitu pula dengan proses penanamannya. Lahan yang akan dipakai untuk menanam harus diolah dengan baik dan bentuklah bedengan 20-30 cm.

Lalu sesuaikan dengan kondisi lahannya baru dipupuk dengan memakai pupuk organik. Lanjutkan cara menanam tempuyung dengan menyiapkan bibit yang baik.

Tanamkanlah bibit pada lubang yang sudah tersedia sedalam 5 cm lalu padatakan tanah di sekitar pangkal bibitnya dengan jarak sekitar 30-40 cm.

Gambar Foto Cara Menanam Tempuyung Di Pekarangan RUmah

Cara Pemiliharaan Tempuyung

Tanaman ini bisa tumbuh dengan sangat baik di sembarang tempat, namun agar tumbuh menjadi tanaman yang baik.

Anda tetap perlu memeliharanya secara intensif dengan melakukan penyiraman, penyiangan, penyulaman serta pemupukan dan juga pengendalian hama.

Panen

Waktu panen yang paling baik untuk tempuyung adalah sebelum tumbuhan tersebut berbunga, sehingga akan diperoleh pertumbuhan vegetative yang maksimal. Panen pertama biasanya dilakukan di umur tumbuhan 2.5-3 bulan.

Memanen tempuyung itu mudah, Anda cukup memotong daun dan batangnya hingga ke pangkal dengan memakai gunting maupun pisau tajam, tanaman ini akan segera tumbuh lagi dengan kemunculan tunas serta daun baru.

Gambar Foto Cara Menanam Tempuyung dan ManfaatnyaSedangkan panen kedua dilakukan saat tumbuhan tempuyung berumur 2 bulan pasca panen pertama dan seterusnya. Tanaman ini bisa dipanen hingga 4-5 kali.

Biji

Perbanyakan tempuyung bisa memakai bibit yang berasal dari biji, atau bisa juga dari bonggol akar tanaman yang pasca panen kehilangan daunnya.

Tumbuhan ini paling efektif dibudidayakan dengan memakai biji, biji tanaman ini sangat halus.

Tau Mengkudu? Yuk baca apa aja manfaatnya mengkudu

Mau melakukan instruksi cara menanam tempuyung dengan biji maupun benih, semuanya bisa Anda lakukan dengan baik asalkan Anda mampu merawat tumbuhan ini agar tidak mati kekeringan.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







2 COMMENTS

  1. Tempuyung merupakan salah satu tanaman obat keluarga yang kaya manfaat. Manfaat tempuyung yang paling populer adalah dapat dijadikan sebagai obat penghancur ginjal. Sejatinya khasiat tanaman tempuyung sudah lama dikenal masyarakat Indonesia, Namun mulai akhir-akhir inilah tempuyung menjadi primadona sebagai obat alternatif batu ginjal yang murah dan mujarab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here