Cara Menanam Temulawak Di Rumah Dengan Benar

Posted on

Cara Menanam Temulawak, www.Flowerian.com – Temulawak merupakan salah satu tanaman obat yang masih satu kelompok dengan tumbuhan rumpun berbatang semu.Tanaman ini tersebar luas di Indonesia dan Malaysia hingga ke seluruh dunia. Sebagaimana tanaman herbal tempuyung, temulawak di tanam secara konvensional dengan skala kecil tanpa menggunakan tehnik budidaya yang biasanya, karena itu cara menanam temulawak dinilai sangat menantang. Berikut ini bagaimana cara budidaya temulawak di Indonesia:

Syarat Pertumbuhan – Cara Menanam Temulawak

Gambar Foto Cara Menanam Temulawak di Kebun RumahSecara alami tumbuhan ini akan tumbuh dengan sangat baik di tempat yang teduh dan juga terlindungi dari paparan sinar matahari. Habitat alaminya adalah di bawah naungan pohon jati atau pohon bamboo. Akan tetapi, temulawan bisa dengan mudah kita temukan di tempat yang cukup terik seperti tanah tegalan. Pada dasarnya, temulawak mampu beradaptasi dengan sangat baik pada cuaca tropis khas Indonesia.

Media Tanam

Sesungguhnya perakaran temulawak bisa beradaptasi dengan sangat baik di berbagai jenis tanah baik itu tanah yang berkapur, tanah berberpasir, tanah agak berpasir atau tanah yang berliat. Akan tetapi, untuk dapat memproduksi rimpang dengan baik dan optimal, kita membutuhkan tanah yang gembur dan subur dengan drainase yang sangat baik.

Sehingga pemupukan anorganik maupun organik yang dibutuhkan untuk memberikan unsur hara yang mencukupi sekaligus menjaga struktur tanah supaya tetap gembur. Tanah yang memiliki kandungan bahan organik dibutuhkan untuk menjaga supaya tanahnya tidak mudah untuk tergenang oleh air.

Ketinggian Tempat

Gambar Foto Cara Menanam Temulawak yang Baik dan BenarTumbuhan ini bisa tumbuh dengan sangat baik di tempat yang tingginya 5-1000 meter dpl. Kandungan pati paling tinggi terdapat di dalam rimpang yang diperoleh saat tanaman ditanam di atas ketinggian 240 meter dpl. Tanaman temulawak ditanam di atas dataran tinggi untuk menghasilkan rimpang yang memiliki kandungan minyak atsiri.

Cara Menanam Temulawak yang Mudah

Penanaman dilakukan dengan cara monokultur dan alangkah baiknya bila cara menanam temulawak diaplikasikan di awal musim hujan terkecuali bila kawasan Anda memiliki pengairan yang mencukupi. Fase awal pertumbuhan temulawak adalah disaat tanaman ini membutuhkan banyak air.

Buatlah lubang tanam di atas petakan atau bedengan yang dibuat berukuran 30×30 cm dan kedalamannya mencapai 60 cm, buat jarak lubangnya 60×60 cm. Tanam bibit temulawak ke dalam lubang tanam, posisikan mata tunasnya menghadap tepat ke atas, lalu timbunlah bibit tersebut dengan tanah hingga sedalam 10 cm.

Pemeliharaan – Cara Menanam Temulawak

Gambar Foto Cara Menanam Temulawak untuk Jamu ObatTanaman temulawak yang telah rusak bahkan mati harus segera diganti oleh bibit yang masih sehat sebagai bibit cadangan. Proses penyiangan gulma harus dilakukan baik di pagi maupun sore hari, gulma yang tumbuh subur di atas bedengan harus disiangi dengan baik agar tidak merusak atau membuat bakal tanaman temulawak mati.

Sedangkan kegiatan pembubunan harus dilakukan pada saat pertanaman rimpang tujuannya untuk memberikan media tumbuh yang cukup baik bagi rimpan temulawaknya. Pembubunan ini dilakukan dengan cara menimbun area perakaran kembali dengan tanah yang telah jatuh terbawa oleh air, pembubunan harus dilakukan secara rutin setelah Anda selesai melakukan penyiangan.

Pemupukan

Pada pertanian organik tidak memakai bahan kimia tidak terkecuali pada pupuk buatan serta obat-obatan, maka pupuk yang diberikan adalha pupuk organik yakni memakai pupuk kompos organik maupun pupuk kandang. Pemberian pupuknya dilaksanakan pada awal menanam temulawak yang dicampur dengan tanah.

Demikianlan ulasan lengkap mengenai cara menanam temulawak yang dapat Anda aplikasikan kapan saja bila Anda berniat untuk mulai budidaya temulawan di rumah.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".



Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *