Cara Menanam Bunga Dahlia Dengan Mudah Di Pot

Posted on

Cara Menanam Bunga Dahlia, www.Flowerian.com – Dahlia merupakan tanaman perdu yang berumbi memiliki karakter dan wujud yang sangat unik.

Biasanya bunga dahlia akan mekar di musim panas hingga tiba saatnya di musim gugur. Bunga ini dikenal di dunia sebagai bunga nasional dari negara Meksiko.

Gambar Foto cara-menanam-bunga-dahlia-untuk-dijualBanyak orang yang sengaja mencari cara menanam bunga dahlia karena ingin menanam sendiri bunga dahlia di kebun atau pekarangan rumah sehingga tampak lebih segar dan ceria.

Selain itu bunga dahlia memiliki ukuran yang cukup besar, jadi umbi yang digunakan untuk menanam tidaklah banyak.

Berikut cara menaman serta merawat bunga dahlia:

Syarat Pertumbuhan – Cara Menanam Bunga Dahlia

Bunga dahlia yang berkembang di Indonesia tidak serta merta bertujuan sebagia penghias pekarangan atau kebun rumah saja, banyak orang yang berusaha sekuat tenaga membudidayakannya untuk tujuan komersil.

Tanaman cantik satu ini sangat membutuhkan tempat yang terbuka karena memerlukan banyak sinar matahari tanpa ada kendala tertentu.

Gambar Foto cara-menanam-bunga-dahlia-untuk-budidayaTumbuhan dahlia sendiri bisa saja tumbuh di tanah lempung yang berpasir yang memiliki kandungan humus dan memiliki tata udara yang sangat baik dan lahan yang gembur.

Sedangkan untuk keasaman tanah yang baik sekitar pH=6,0-8,0. Tanaman dahlia hanya bisa tumbuh dengan sangat baik di daratan tinggi yang memiliki ketinggian sekitar 700-1.000 meter dpl.

Tehnik Penyemaian Bibit – Cara Menanam Bunga Dahlia

Gambar Foto cara menanam bunga dahlia mulai dari penyemaianUntuk tehnik penyemaian bibitnya sendiri, terbaik ke dalam beberapa tehnik, kali ini yang akan dibahas adalah tehnik perbanyakan genertaif dengan memakai benih.

Cara ini umumnya dilakukan pada tanaman dahlia mini untuk memperoleh warna bunga yang lebih cantik dan lebih bervariasi.

Biasanya benih diambil dari tanaman dahlia yang sangat sehat dan telah berusia 5 bulan, kemudian benih tersebut langsung disemai tepat di tempat yang telah ditentukan.

Gambar Foto cara-menanam-bunga-dahlia-di-kebun-rumahBedengan persemaian sengaja dibuat tepat di atas tanah dengan panjangnya mencapai 1 meter, di mana panjang tersebut tergantung dari besar lahannya dengan arah Utara-Selatan.

Bedengannya sendiri dibuat dari hasil percampuran pupuk kandan dengan humus dan tanah yang subuh dengan takaran sama 1:1:1.

Buatlah bedengan dengan tinggi sekitar 5 sentimeter. Sebarkanlah bibir tanaman dahlia secara merata tepat di atas bedengan lalu tutupi permukaannya tipis tipis saja dengan tanah.



Pada musim kemarau biasanya bedengan akan lebih sering ditutupi dengan memakai daun pisang yang sudah dicuci maupun karung goni yang sudah dibersihkan untuk menjaga kelemababnnya.

Cara Menanam Bunga Dahlia Di Sebuah Pot

Setelah memahami beberapa hal seputar tanaman dahlia, kini tiba saatnya pada cara menanam bunga dahlia, di pot khususnya. Untuk Anda yang ingin menanam di sebuah pot.

Pertama-tama, rendam terlebih dahulu umbi dahlia di dalam air yang bersih+ fungisida dan juga ZPT, tidak perlu lama merendam, pokoknya hingga umbi tidak kisut.

Siapkanlah sebuah pot dan juga media tanam, usahakan bila potnya berukuran besar setidaknya memiliki diameter sekitar 30 sentimeter.

Gambar Foto cara-menanam-bunga-dahlia-di-dalam-potUntuk media tanamam, Anda bisa mencampurkan tanah bersama arang sekam dan juga kompos.

Ada tehnik penanaman yang harus Anda perhatikan, yakni tanamanlah umbi dengan baik namun jangan sampai bagian tunasnya ikut terkubur, pastikan tunas harus berada di atas mendekat permukaan atas tanah.

Selain itu, posisikan umbinya miring maupun berbaring karena pada posisi inilah umbi dahlia tumbuh.

Gambar Foto cara-menanam-bunga-dahlia-darei-kecilDi 3 hari pertama, Anda bisa meletakkan tanaman di tempat yang teduh terlebih dahulu baru nanti dipindahkan ke tempat yang lebih terbuka. Siram tanaman seperlunya saja disaat tanaman memang membutuhkannya.

Lihat Juga Bunga Hias Lainnya: Bunga peony

Mengikuti semua cara menaman bunga dahlia di atas akan membantu Anda untuk menghiasi kebun atau pekarangan dengan bunga-bunga yang cantik.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *