Cara Menanam Lidah Buaya, www.Flowerian.com – Lidah buaya tidak hanya populer di kalangan masyarakat dunia karena memiliki ribuan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita.

Agar Anda bisa mendapatkan lidah buaya kapan pun saat membutuhkannya, tanam saja lidah buaya di rumah.

Gambar Foto Cara Menanam Lidah Buaya Agar SuburMenanam lidah buaya itu tidak sulit kok, asalkan Anda memahami matahari dan tingkat air yang bisa meniru iklim panas di mana lidah buaya bisa tumbuh dengan sangat subur. Berikut cara menanam lidah buaya yang benar:

Cara Menanam Lidah Buaya – Persiapan Tanam

Di tahapan ini, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, diantaranya adalah:




  • Pot maupun polybag

Gambar Foto cara menanam lidah buaya dari kecil di potMemilih pot yang benar menjadi salah satu faktor yang menentukan pertumbuhan tanaman lidah buaya.

Untuk membuat lidah buaya dapat tumbuh secara maksimal, pot besar akan sangat membantu namun ukuran pot yang begitu besar juga tidak efisien.




Maka dari itu, pilihlah pot yang ukurannya sedang yang berdiameter sekitar 20 sentimeter untuk mengurangi biaya dan juga tempatnya.

  • Media tanam

Gambar Foto cara menanam lidah buaya di tanahTempat tumbuh tanaman yang baik dan benar dengan komposisi yang tepat sehingga pertumbuhan tanaman tidak akan terhambat.

Media tanam lidah buaya antara lain adalah tanah, pasir serta pupuk kandang dengan takaran 2:1:1.




Cara Menanam Lidah Buaya Tahapan Pembibitan

Setelah media tanam dan pot siap, lakukanlah pembibitan. Proses pembibitan tanaman inii bisa dilakukan baik secara vegetative, yaitu dengan mengambil anakan lidah buaya yang melekat di tanaman induknya.

Cara mengambilnya cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil anakan tanaman ini hingga di bagian akarnya, lanjutkan cara menanam lidah buaya dengan menanam bibit lidah buayanya pada media tanam yang sebelumnya sudah Anda siapkan.

Agar tidak terjadi kegagalan penanaman atau bahkan pembusukan, Anda harus memerhatikan kedalaman media tanam dengan sangat baik

Jangan sampai media tanamnya terlalu dalam maupun terlalu dangkal. Maka dari itu, kedalaman lubang tanaman lidah buaya sebaiknya sekitar 10 sentimeter saja.

Pengembang-biakan

Gambar Foto cara menanam lidah buaya untuk hiasanAnda yang ingin mengembangkbiakan lidah buaya bisa melakukannya dengan cara pencangkokan tanaman maupun penanaman tunas muda.

Anda bisa memulaina dengan memindahkan tunas muda di pot baru ketika tunas tersebut berukuran 7-12 sentimeter.

Berhati-hatilah saat memotong tunas mudanya, jangan sampai akar serta batang tanamannya terputus.

Tunggu tanaman lidah buaya yang sudah dipotong beberapa hari dan tempatkan di tempat yang kering baru kemudian pindahkan di pot dengan memakai media tanam yang sama.

Tips dan Cara Menanam Lidah Buaya

Gambar Foto cara menanam lidah buaya di pot agar suburSaat Anda menanam lidah buaya di dalam media pot, walaupun diletakkan di tempat yang sangat sejuk, paling tidak Anda harus mengeluarkan tanaman beberapa kali agar terkenal terik matahari.

Tujuannya agar pertumbuhan dan perkembangbiakan tanaman lidah buaya terjadi secara optimal, dan bila tanaman ini berbunga dan berbuah, kita bisa memakai bibit tanaman untuk proses penanaman lidah buaya secara generative, meskipun nantinya dibutuhkan waktu lebih lama untuk berkembang dibandingkan dengan cara pengembangbiakan vegatatif.

Demikianlah beberapa tehnik dan cara menanam lidah buaya di dalam pot yang bisa kita lakukan di rumah. Pastikan jika tanaman lidah buaya yang akan Anda tanam tidak mengandung banyak air karena tanaman bisa membusuk.

Baca juga: Cara menanam buah ajaib, Delima

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda, jadi bila suatu hari menemukan bibit lidah buaya yang bagus, Anda sudah bisa menamam lidah buaya sendiri tanpa repot di rumah. Selamat berkebun di pekarangan rumah dan semoga berhasil.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here