Cara Menanam Daun Dewa, Flowerian.Com – Bisa diketahui dengan nama Gynura divaricata atau samsit dalam bahasa orang cina.

Salah satu tanaman tradisional herbal yang seringkali dijumpai di Indonesia dan yang memiliki banyak sekali manfaat adalah daun dewa atau sering juga disebut sebagai sambung nyawa.

Gamba Foto cara menanam daun dewa di lahan rumahAnda yang ingin menanam daun dewa di rumah, harus mengikuti step by step cara menanam daun dewa yang praktis dan benar sehingga hasilnya nanti baik dan berkualitas.

Berikut langkah-langkah menanam tanaman daun dewa:




Lokasi Tumbuh

Tanaman daun dewa bisa tumbuh dengan sangat baik di dataran rendah hingga ketinggian mencapai 1.200 meter dpl.

Tanaman daun dewa juga biasa tumbuh di kawasan beriklim sedang sampai iklim basah di mana curah hujannya 1.500-3.500 mm/tahun jadi kondisi tanahnya agak lembab atau tanah yang subur.




Persiapan Lahan

Gamba Foto cara menanam daun dewa untuk budidayaUntuk menanam daun dewa, Anda perlu menyiapkan lahar yang benar, yakni medium tanah sengaja dibuat bedengan yang lebarnya mencapai 2 meter. Nantinya bedengan itu akan digunakan sebagai media tanam yang ukurannya 20x20x20 cm.

Pembibitan

Cara pembibitan daun dewa itu ada 2 macan, yaitu dengan stek batang atau tunas akar. Bila Anda ingin memakai media stek, batang yang dibuat harus memiliki panjang sekitar 15-20 cm, di mana cara memotong batangnya miring di bagian bawahnya lantas dibenamkan hanya sepertiga batangnya saja ke dalam media tanam daun dewa.




Ada pun media yang digunakan adalah campuran tanah serta pupuk kandang dengan perbandingan antara 70:30 maupun 50:50.

Lain halnya dengan penanaman tunas yang cara tanamnya sama di mana proses persemaiannya mencapai 3 bulan dan selama proses persemaian itu berlangsung, Anda dapat menyiram tanaman setiap hari.

Cara Menanam Daun Dewa yang Ideal

Gamba Foto cara menanam daun dewa di polybagDaun dewa yang Anda dapatkan dari stek yang telah memiliki akar bisa ditanam dengan sangat baik di lubang tanam yang telah dipersiapkan sebelumnya setelah berumur kurang lebih 3 bulan.

Cara menanam daun dewa ini dinilai sangat ideal dan mudah, langkah-langkahnya:

  • Umbi tanamannya dapat langsung ditanam dan dalam beberapa hari saja, di atas umbi tersebut akan tumbuh anakannya.

  • Bila tingginya telah mencapai 15-20 cm, maka anakan dapat dipisahkan dari umbi lalu anakn tanpa akar bisa ditanam lagi.

  • Bila tanaman telah tua, maka dari tas tanaman akan muncul tangkai anakan dan jika tingginya mencapai sekitar 15 cm, jangan lupa untuk memotong lalu menanamnya lagi.

Pemupukan

Tanaman ini membutuhkan pupuk organik yakni pupuk kandang maupun kompos. Pupuk organik tersebut harus diberikan sebanyak 5 gram pada tiap tanaman.

Biasanya pupuk akan diberikan sekitar 3-7 hari sebelum proses penanaman daun dewa dilangsungkan dengan cara dicampur aduk bersama tanah tepat di dalam lubang.

Perawatan Tanaman – Cara Menanam Daun Dewa

Gamba Foto cara menanam daun dewa yang baik dan benarProses penyiraman memiliki peranan yang sangat penting pada tampilan daun. Maka dari itu, Anda harus menyiram daun dewa secara rutin.

Sedangkan penyiangan maupun pemberantasan rumput liar harus dilakukan secara teratur terlebih jika hama pengganggu itu sudah benar-benar mengganggu dan merugikan pertumbuhan daun dewa.

Penanggulangan Hama atau Penyakit

Hama yang biasa menyerang tanaman ini merupakan ulat jengkel maupun kumbang Psylliodes sp yang akan memakan daun hingga habis dan hanya menyisakan tulang daunnya saja, sementara itu, hama kumbang akan mengakibatkan daun berlubang.

Tanggulangi masalah hama dan penyakit ini dengan menggunakan insektisida sintesis dan lain sebagainya.

Baca Juga Cara Menanam Tanaman Herbal Lainnya disini

Banyak orang yang ingin menanam daun dewa sendiri di rumah, namun tidak tahu bagimanana cara menanam daun dewa yang benar dan praktis, semoga penjelasan di atas bisa membantu.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here