Cara Menanam Pohon Kelor, Flowerian.Com – Pohon kelor memiliki nilai yang sangat tinggi, karena jenis pohon ini hanya bisa ditanam di iklim tropis sebagai tanaman hijau yang tumbuh hijau sepanjang tahun

Atau ditanam di iklim sedang sebagai pohon yang tumbuh musiman. Sebagai penghias jalan atau pagar hidup.

Gambar Foto cara menanam pohon kelor agar cepat tumbuhDengan pertumbuhan yang sangat cepat dan kandungan nutrisi tinggi serta penampilan pohonnya yang sangat menarik, popularitas pohon kelor semakin meningkat.

Daun kelor pun mudah dipanen dan dimanfaatkan sebagai bahan makanan sehari-hari. Lantas bagaimanakah cara menanam pohon kelor?.




Pencarian Bibit

Pohon kelor terdiri dari beberapa benih varietas dan benih yang paling mudah didapatkan adalah jenis Moringa oleifera serta Moringa stenopetala.

Benih Moringan oleifera memiliki warna coklat dan bersayap sedangkan Moringa stenopetala kekuningan, sekilas keduanya tampak sangat mirip.




Gambar Foto cara menanam pohon kelor dari bijiBila Anda ingin hasil tanam yang cepat, maka pilihlah bibit Moringa oleifera untuk ditanam, bibit ini akan menghasilkan bunga, dedaunan dan juga polong pada saat tahun pertama tumbuh.

Namun bila Anda ingin pohon yang lebih cepat tumbuh dengan karakter daun yang lebar sebagai bahan pangan maka pilih bibit Moringa stenopetala.

Lokasi Penanaman

Sebelum menanam, perlu diingat dengan sangat baik, jika pohon kelor bisa tumbuh subur hingga mencapai ketinggian 6.1 meter.




Jadi bila Anda tidak memiliki lokasi penanaman yang tepat, sebaiknya hentikan niatan untuk menanam pohon ini.

Gambar Foto cara menanam pohon kelor untuk budidayaPohon kelor memiliki laju pertumbuhan yang sangat pesat, tiap tahunnya laju rata-rata pertumbuhan pohon ini sekitar 4.6 meter, namun bila kondisi pohonnya sangat baik, maka lajut pertumbuhan rata-ratanya bisa melebihi itu.

Pohon kelor memerlukan banyak sinar matahari, air dan kehangata agar bisa tumbuh dengan baik, maka dari itu, pilihlah tempat yang luas tanpa halangan tertentu dan terbuka jadi bisa terkena sinar matahari.

Cara Menanam Pohon Kelor Di Pot Organik

Gambar Foto cara menanam pohon kelor yang baik dan benarPohon kelor sangat tidak menyukai tanah jenis tanah lempung keras maupun vermiculite.

Pohon kelor hanya akan tumbuh di tanah yang berpasir dan rendah nutrisi, namun bila akarnya basah, tumbuh dan kembang pohon ini akan berkurang drastis.

Dan bila diperlukan, Anda bisa membeli pasir yang nantinya akan ditambahkan pada campuran tanah pot.

Atau cukup gunakan tanah yang telah ada di sekitar, tambahkan saja dengan sabut kelapa, perlit, gambung dan juga pasir agar tidak terlalu lembab.

Tindakan ini akan membantu membuat akar pohon kelor tumbuh dengan lebih dalam serta memperlancar aliran air.

Cara Menanam Pohon Kelor Berdasarkan Fungsi

Bila Anda memutuskan untuk menanam pohon sebagai pohon pagar, maka cara menanam pohon kelor yang benar adalah dengan menanam benihnya dan membuatkan jarak sekitar 0.3 meter di antara satu benih dengan benih lainnya.

Tariklah tiap daun yang tumbuh agar pohon berkembang menjadi semak, dan memiliki tinggi sekitar 0.6 meter.

Jangan lupa untuk memotong cabang pohon separuh panjangnya lantas tariklah kembali pertumbuhan daun yang baru yang bermunculan di pucuk pohon kelor.

Dan bila tujuan Anda menaman pohon kelor sebagai pohon tunggal, maka berikanlah ruang tumbuh yang cukup banyak untuk pohon sehingga cabang-cabangnya bisa tumbuh dengan baik.

Pohon kelor bisa menjadi salah satu alternatif pohon rindang yang bisa Anda tanam sebagai penghias rumah yang akan melindungi rumah dari teriknya matahari.

Baca Juga: Cara Menanam Pohon Katuk untuk Konsumsi

Cara menanam pohon kelor di atas semoga bisa jadi panduan yang benar ketika Anda memutuskan atau berencana untuk tanam pohon kelor dalam waktu dekat.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here