Cara Merawat Kunyit Sampai Siap Panen

Posted on

Cara Merawat Kunyit, Flowerian.Com – Kunyit maupun Curcuma domestica adalah tanaman yang memiliki banyak sekali khasiat bagi tubuh kita.

Banyak wanita yang memanfaatkan kunyit untuk memasak maupun pengobatan berbagai penyakit termasuk mengatasi masalah kulit.

Tanaman kunyit tumbuh subur tersebar di seluruh kawasan dengan iklim tropis, tidak terkecuali dengan Indonesia.

Gambar Foto cara merawat kunyit agar suburTanaman kunyit merupakan jenis tanaman berbatang lunak serta berumur musiman, mengingat tidak selalu ada di tiap bulannya.

Ketika musim kunyit tiba, banyak orang yang berusaha untuk menanam dan membudidayakan kunyit baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun untuk dijual kembali ke pasar.

Cara merawat kunyit tidak sulit kok, ketika Anda berhasil menanam kunyit, maka perawatan yang diperlukan sebagai berikut:

Penyulaman dan Penyiangan

Disaat ada tanaman kunyit yang tak tumbuh dengan baik, maka Anda perlu melakukan penanaman susulan atau penyulaman rimpang lainnya yang masih sehat.

Sedangkan proses penyiangan dan pembubunan harus dilakukan untuk menghilangkan semua rumput liar yang sangat mengganggu yang akan menyerap air serta unsur hara.

Penyiangan biasnaya dilakukan bersamaan dengan penggemburan dan pemuoukan tanah, sebanyak 3-5 kali.

Proses penyiangan pertama kalinya dilakukan disaat tanaman kunyit telah berusia 15 hari dan secara bersamaan akan dilakukan pembubunan untuk merangsang rimpang tumbuh lebih besar dan tanahnya tetap gembur.

Pemupukan

Gambar Foto cara merawat kunyit di kebun rumahPemakaian pupuk kandang bisa meningkatkan jumlah anakan, luas area daun dan jumlah daun kunyit secara alami. Kombinasikan pupuk kandang dengan benar, pupuk kandang 45 ton/ha dengan populasi kunyit seluas 160.000/ha akan menghasilkan produksi yang banyak sekitar 29.93 ton/ha.

Pemupukan tahap kedua dengan memakai pupuk kandang serta pupuk buatan tepatnya pada tanaman kunyit yang telah berusia 4 bulan.

Pemberian pupuk pada tanaman sangat mudah, cukup tebarkan pupuknya secara merata tepat sekitar tanaman.



Cara Merawat Kunyit Proses Pengairan dan Penyiraman

Tanaman kunyit merupakan jenis tanaman yang tidak mampu bertahan lama-lama di dalam air.

Maka dair itu, drainanse dan juga pengaturan pengairan harus dilakukan sebaik mungkin, sehingga tanaman tidak akan tergenang air yang kemudian membuat rimpang kunyit membusuk.

Gambar Foto cara merawat kunyit agar berumbi banyakCara merawat kunyit pada proses drainase baik dilakukan untuk membantu mengatur dan melancarkan aliran air sekaligus sebagai penyimpan air saat musim kemarau.

Cara Merawat Kunyit Dari Hama

Prose penyemprotan pestisida untuk melawan hama mengganggu pada tanaman kunyit akan dilakukan apabila telah tumbuh gejala dari serangan hama penyakit tersebut, bila tidak ada tanda-tandanya, maka tanaman kunyit akan dibiarkan tumbuh secara alami tanpa perlu diberikan semprotan pestisida.

Pemulsaan

Proses pemulsaan dengan jerami akan dilakukan diawal penanaman untuk menghindari terjadinya kekeringan tanah serta kerusakan struktur tanah dan membantu mencegah tumbuhnya gulma pengganggu secara berlebihan.

Jerami akan dihamparkan secara merata menutupi permukaan tanah tepat di antara lubang tanaman kunyit.

Panen

Gambar Foto cara merawat kunyit di dalam pot pasuTanaman kunyit yang siap panen itu sudah berumur 8-18 bulan, namun waktu terbaik untuk panen adalah umur 11-12 bulan disaat gugurnya daun kedua, pada saat itu produksi kunyit yang akan Anda peroleh jauh lebih banyak bila dibandingkan pemanenan kunyit disaat awal, ketika masih berumur 7-8 bulan.

Pemanenan dilakukan sangat mudah, Anda cukup membongkar rimpang memakai garpu atau cangkul, namun sebelum dibongkar, sebaiknya batang dan daunnya dibuang terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Merawat Kencur yang Mudah

Bagaimana penanaman hingga cara merawat kunyit telah dijelaskan di atas semoga tanaman kunyit yang Anda tanam, tumbuh dengan subur dan sehat, jadi yang bisa dipanen sangatlah banyak.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *