Cara Menanam Bunga Kamboja dengan Batang, Flowerian.ComApakah anda termasuk orang yang menggemari tanaman hias?

Jika iya, mungkin anda ingin menanam bunga yang satu ini, bunga kamboja. Bunga kamboja sering didentikan dengan tanaman yang hanya di tanam di tanam pekuburan.

Gambar Cara Menanam Bunga Kamboja dengan BatangSehingga atmosfir yang di dapat ketika berada di sekitar tanaman ini adalah mistis karena sering dikait-kaitkan dengan pekuburan.

Namun, tahukah anda? Di Bali, bunga kamboja banyak digunakan oleh masyarakat ketika ada upacara-upacara sacral ataupun digunakan sebagai sesajian kepada para dewa.




Untuk menanam bunga kamboja sebenarnya tidak sulit. Terbukti, bunga yang berasal dari benua Amerika ini sekarang sudah banyak sekali dijumpai di Indonesia.

Bunga kamboja adalah bunga yang sebenarnya memiliki jenis ragam pada warnanya. Yang sering kita jumpai adalah kamboja dengan warna kelopak bunga putih serta sentuhan warna kuning pada kelopak-kelopak bunga bagian dalam.

Cara Menanam Bunga Kamboja dengan Stek Batang

Untuk memperbanyak bunga kamboja ini tidaklah sulit sama sekali. Kamboja dapat ditanam dengan cara penyetekan yaitu dengan cara memotong batangnya lalu segera di tanam pada media tanam.




Kamboja ini termasuk jenis tanaman yang lebih menyukai terik cahaya matahari daripada jika ia harus ditempatkan di dalam ruangan tanpa cahaya matahari langsung.

Jika anda masih dalam proses mencari bibit kamboja yang cocok, beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan anda adalah warna, jenis daun – seperti yang diketahui bahwa kamboja ada dua jenis, berdaun lancip dan berdaun bulat.

Ketika anda memilih bibit kamboja pun, anda harus memilih bibit yang berkualitas baik. Ciri bibit yang baik adalah yang akar-akarnya dibungkus dengan menggunakan polybag atau karung, sehingga si kamboja ini tetap terjaga kesehatan batang-batangnya.

Media Cara Menanam Bunga Kamboja dengan Batang

Sebelum penanaman, siapkan terlebih dahulu lahan untuk penanaman. Gali lubang yang cukup dalam hingga mencapai kedalaman delapan puluh sentimeter.




Usahakan area tanam tersebut tidak memiliki sisa-sisa bongkahan batu bata ataupun batu yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman kamboja ini.

Ketika ditanam, lepaskan pembungkus akar, namun tetap biarkan tanah yang masih menempel pada akar-akarnya. Hal ini ditujukan agar bunga kamboja bibit ini diberi waktu untuk beradaptasi.

Baca Juga:
Cara Merawat Kamboja Jepang
Cara Merawat Bunga Adenium

Sehingga tanaman bunga kamboja pun dapat tetap bertahan hidup dengan baik. Satu tips penting untuk anda yang ingin membudidayakan tanaman bunga kamboja ini adalah anda harus memilih jenis tanah porus sebagai media tanam bunga kamboja.

Sifat tanah porus yang tidak mudah menyerap air akan sangat cocok untuk tempat hidup tanaman bunga kamboja yang tidak terlalu menyukai air.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here