Cara Menanam Murbei, Flowerian.Com – Tanaman murbai cukup sering dibudidayakan untuk dimanfaatkan daunnya sebagai kebutuhan makan ulat sutera.

Sebagian lagi sebagai bahan alami obat herbal yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit, seperti radang mata merah, jantung berdebar, sembelit, cacingan, hepatitis, tekanan darah tinggi dan lainnya.

Gambar Foto Cara Menanam Murbei dengan Stek yang MudahCara menanam Murbei di rumah tidak bisa main-main karena meskipun tergolong buah mini, penanaman buah murbai harus dilakukan dengan ekstra kesabaran karena khawatir gagal dan membusuk.

Berikut ini tata cara menanam buah murbai:




Cara Menanam Murbei yang Sederhana

Bentuk Tanaman

Tanaman ini berbentuk perdu yang dalam masa pertumbuhan bisa mencapai tinggi sekitar 5-6 meter bahkan bisa lebih tinggi lagi, sekitar 20-25 m untuk jenis spesies Morus macroura yang ada bisa mencapai 35 meter.

Sedangkan bagian batangnya memiliki warna beragam, tergantung jenis spesies, ada hijau, hijau agak kelabu dan hijau kecokelatan.




Gambar Foto Cara Menanam Murbei di Dalam PotMurbai memiliki percabangan yang cukup banyak bisa mendatar, menggantung atau tegak lurus.

Untuk proses penanaman dengan cara stek, kita membutuhkan batang murbai yang tidak begitu tua namun tidak juga terlalu muda, memiliki diameter sekitar 1 cm serta panjang sekitar 30 cm.

Lanjutkan dengan potong melintang batang sampai tajam dan pastikan jangan sampai batangnya retak.

Dan jika telah selesai memotong, buanglah semua buah dan daunnya yang ada pada batang.




Zat Perangsang Akar

Agar persentase keberhasilannya meningkat, Anda bisa mencelupkan pangkal batang murbei yang telah diruncingkan sebelumnya pada zat perangsang akar atau cukup dengan merendamnya memakai air bawang merah.

Langkahnya hanya perlu mencincang bawang merah hingga halus lalu tambahkan dengan air bersih, gunakan sebanyak 1 siung bawang merah dan 200 ml air, rendam saja batang murbainya hingga 3-8 jam.

Gambar Foto Cara Menanam Murbei dengan Stek Agar Cepat TunasMenanam murbai di rumah dengan memakai cara stek itu sangat mudah, setelah batang tanamannya siap untuk ditanam.

Anda bisa menanamnya langsung ke dalam media yang telah disiapkan sebelumnya, tanam di kedalaman 5-10 cm.

Pastikan jika batangnya tidak langsung ditancapkan begitu saja khawatir akan merusaknya, maka dari itu gunakanlah kayu maupun benda lainnya untuk menciptakan lubang di tanah.

Lakukan cara menanam murbai ini dengan sangat hati-hati, bila di sini gagal, maka tanaman murbai tidak akan tumbuh dengan baik.

Cara Menanam Murbei serta Perawatan Murbei

Perawatan

Gambar Foto Cara Menanam Murbei Agar Daun BagusSetelah selesai ditanam, pastikan Anda meletakkan tanaman murbai di tempat yang cukup teduh supaya tanaman tidak kekeringan, menjaga kelembaban itu sangat penting, bila medianya terlalu lembab dan terlalu kering, maka bisa merusak tanaman.

Setelah 7 pekan berlalu, batang tanaman murbai biasanya akan mulai mengeluarkan tunas baru dan bila tunas yang tumbuh di batang terlalu banyak, Anda bisa membuat sebagian tunasnya lalu sisakan beberapa saja, tujuannya untuk memfokuskan pertumbuhan pada akar.

Pemangkasan

Gambar Foto Cara Menanam Murbei untuk BonsaiTanaman murbai yang sudah tumbuh dengan sangat baik pasca penanaman harus sering-sering dilihat dan dirawat, karena tumbuhan ini memerlukan pemangkasan atau pruning yang berkala. Tanaman murbai tahan pada perlakuan pemangkasan.

Jadi Anda tidak perlu khawatir saat melakukan perawatan ini, karena tanaman yang telah dipangkas dengan baik akan menumbuhkan tunas muda yang jumlahnya cukup banyak yang kemudian akan menghasilkan daun hijau segar yang biasa dijadikan makanan ulat sutera.

Pohon murbei merupakan tanaman yang sangat mudah untuk di stek, ranting kecilnya saja bisa tumbuh dengan baik, sudah ada orang yang pernah mencoba dan berhasil.

Baca Juga: Cara Menanam Delima yang Simpel

Coba cara menanam murbai sebagaimana petunjuk di atas dan semoga berhasil.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here