Cara Menanam Thyme, Flowerian.Com – Thyme merupakan salah satu herbal yang sangat terkenal di dunia. Selain memiliki rasa yang lezat dan aroma yang tajam

Thyme sudah digunakan sejak dahulu sebagai bahan obat-obatan yang berfungsi untuk menghentikan infeksi pada luka.

Bisa juga dimanfaatkan sebagai campuran obat untuk proses pembalseman mumi-mumi bagi bangsa Mesir.

Gambar Foto Cara Menanam Thyme yang Baik dan BenarTumbuhan ini sangat mudah untuk dikenali, asal lihat daunnya saja kita sudah tahu itu tanaman thyme.




Daun thyme yang segar bisa bertahan sampai satu minggu, simpan di dalam lemari es agar tahan lama lagi.

Anda bisa juga mengawetkannya dengan menggantung thyme dengan batangnya memakai tali serta mengeringkannya di dapur.

Tertarik untuk coba budidaya thyme di rumah, mengapa tidak intip saja cara menanam thyme berikut ini:




Persiapan yang Perlu Diketahui Tentang Cara Menanam Thyme

Preferensi Cahaya

Dengan pengetahuan yang Anda miliki, menanam tanaman ini tidak akan pernah menjadi sulit.

Thyme memerlukan suhu yang cukup hangat sekitar 22-25 derajat Celcius, bisa diletakkan begitu saja di pinggir jendala sehingga sinar matahari bisa langsung mengenainya sekitar 6-8 jam setiap harinya.

Gambar Foto Cara Menanam Thyme Agar SuburMaka tidak heran, jika banyak penduduk Indonesia menanam tumbuhan ini mengingat iklim kita yang tropis, namun untuk iklim yang terlalu panas, thyme harus dilindungi agar bisa tumbuh dengan baik.




Media Tanam yang Bagus

Gambar Foto Cara Menanam Thyme dengan StekTanaman ini bisa tumbuh di mana saja, baik di media semi kering, yang ringan bahkan berdrainase baik.

Dengan melakukan metode hidroponik, cara paling tepat adalah sistem sumbu. Anda dapat memakai fertigasi tetes dengan memakai media tanam dari campuran sabut kelapa, vermikulit dan juga arang sekam.

Cara Menanam Thyme Sederhana

Jangan khawatir gagal mengaplikasikan cara menanam thyme karena pada dasarnya penanaman tumbuhan ini sangat sederhana.

Anda cukup semai semua benih yang Anda miliki ke dalam rockwool lantas buatlah lubang dengan kedalaman 0.5 cm baru masukkan bening-bening tersebut ke dalamnya, tutup lagi lubang tersebut.

Gambar Foto Cara Menanam Thyme Di Pot PotSetelah proses penanaman berhasil dilakukan, jangan lupa untuk meletakkan potnya menghadap sinar matahari.

Agar thyme tumbuh dengan banyak, jangan lupa untuk semai semua benihnya, karena menyimpan benih-benih terlalu lama bisa mengurangi kemampuan tumbuhnya.

Tunas thyme akan muncul setelah 14-21 hari penanaman. Karena thyme termasuk pada jenis tanaman yang batangnya keras, maka memerlukan waktu yang cukup lama untuk tumbuh dengan baik, tinggi tanaman ini bisa mencapai 20-35 cm.

Panen Thyme

Setelah tanaman ini tumbuh dengan sangat baik dan tidak ada masalah tertentu, maka Anda bisa langsung melakukan pemanenan.

Cara panen sangat mudah, cukup poeong di bagian daunnya saja, mengingat thyme muda memiliki bunga, Anda dianjurkan untuk memangkas bunga tersebut, tujuannya agar tanaman menjadi lebih besar dan jika tanaman telah cukup besar.

Gambar Foto Cara Menanam Thyme di Dalam RuanganAnda bisa mengambil beberapa potong batangnya atau daunnya untuk proses penanaman stek. Cara stek merupakan cara penanaman yang paling mudah untuk menanam tumbuhan ini dalam jumlah yang relative banyak.

Tips Tanam Thyme Benih Terbatas

Ada cara tanam lain yang tidak kalah efektifnya untuk ditanam apabila benih yang Anda miliki jumlahnya sangat terbatas, yakni cukup dengan menyediakan cup bekas kemasan es krim sebagai wadah semai, tempatkan kapas yang telah dibasahi sebelumnya lantas tebarkan benih tersebut di atas kapas baru kemudian tutup wadahnya.

Gambar Foto Cara Menanam Thyme dari KecilSimpan wadah ini di tempat gelap dan perhatikan dengan baik kelembaban juga kondisi benihnya tiap hari dan bila benih sudah mulai ‘pecah’ atau keluar akarnya, pindahkan segera benih tersebut di media tanam.

Baca rekomendasi artikel lain di Cara menanam Tanaman Herbal

Agar tanaman thyme tumbuh dengan baik, pastikan Anda mengikuti semua tips dan trik yang telah dilakukan, aplikasikan pula cara menanam thyme yang disebutkan di atas.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here