Cara Menanam Sambiloto, Flowerian.Com – Sambiloto atau Andrographis paniculata seringkali dijumpai di seluruh kepulauan Indonesia.

Dann berdasarkan pada taksonomi, tanaman ini diklasifikasikan dalam divisi Spermathophyta, kelas Dycotyledonae, subdivisi Angiospermae, subkelas Gamopetalae dan Ordo Personales, serta Genus Androphagis.

Gambar Foto Cara Menanam Sambiloto Yang Mudah Baik dan BenarTanaman ini dikenal sebagai tanaman perdu yang biasa tumbuh di hutan, kebun maupun pinggiran sawah dengan sangat subur.

Sambiloto memiliki batang kayu berbentuk segi empat dan bulat serta memiliki cabang yang banyak.




Secara alami, tanaman ini dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, seperti infeksi pada pencernaan, antimikroba atau anti bakteri, memperbaiki fungsi hati.

Penasaran ingin tahu lebih lanjut mengenai cara menanam sambiloto? simak penjelasan menariknya berikut ini:

Panduan Dasar Cara Menanam Sambiloto

Persyaratan Tumbuh




Pada umumnya, tanaman ini bisa saja utmbuh dengan curah hujan yang tinggi di antara 2000-3000 mm tiap tahunnya dengan ketinggian tempat yang maksimal bagi pertumbuhan serta produksi sambiloto yakni daerah pantai hingga ketinggian mencapai 600 meter dpl.

Gambar Foto Cara Menanam Sambiloto di Pekarangan RUmahAkan tetapi, tanaman ini masih juga bisa berkembang dengan baik di tempat yang aman hingga 30%.

Uniknya, tanaman ini bisa tumbuh di tanah apa saja, namun untuk tumbuhan berkualitas VVIP, Anda harus memiliki tanah yang gembur, seperti Latosol maupun Andosol.

Perbanyakan Tanaman Sambiloto




Pada umumnya tanaman ini dibudidayakan secara generative dengan memakai bijinya dan meskipun bisa juga diperbanyak dengan cara stek.

Proses perbanyakan ini tentu sangat berisiko terlebih bila anda tidak melakukannya dengan cara yang baik dan benar sesuai dengan instruksi yang ada.

Pembenihan

Proses pembenihan hanya bisa dilakukan dengan menggunakan bii, dilakukan dengan mudah cukup merendam bijinya terlebih dahulu kurang lebih selama 24 jam baru kemudian dikeringkan dan disemaikan. Proses perkecembahan akan terjadi ketika hari ketujuh datang, yaitu setelah memiliki 5 helai daun.

Gambar Foto Cara Menanam Sambiloto Agar SuburBenih akan siap untuk ditransfer dari polybag kecil ke media tanam yang sempurna yang terbuat dari campuran tanah, pupuk kandang dan juga pasir.

Dan terakhir, benih akan siap dipindahkan ketika sudah melalui 21 hari. Selain itu, Anda pun bisa menanam sambiloto melalui stek dari batang 3 ruas pucuk tanaman berumur 1 tahun.

Setelah didapatkan benihnya, segera lakukan penananam di lapangan setelah umur tanaman mencapai 15 hari.

Pada dasarnya, benih dari stek jauh lebih cepat berbunga daripada benih dan biji dan pada saat persemaian, biasanya benih akan disiram 2x setiap hari baik di pagi maupun sore hari dan yang paling penting, tempat penyemaiannya harus yang mencukupi proses penaungannya.

Cara Menanam Sambiloto Ala Modern

Untuk mendapatkan hasil pertumbuhan tanaman yang optimal, pastikan untuk membuat jarak tanaman sekitar 30×40 cm, 40×50 cm yang sudah juga disesuaikan dengan tingkat kesuburan dari tanah yang diapkai.

Penanaman bisa dilakukan pada guludan maupun bedengan yang sudah disesuaikan dengan keadaan lahan.

Penanaman tanaman ini bisa pula dilakjukan dengan membuat lubang tanam berukuran 25cmx25cmx25cm lalu kemudian siapkan bibitnya dengan cara menyemaikan biji yang ada pada kantong plastik baru kemudian melakukan proses penanaman pada lubang tanaman yang telah tersedia dengan jarak sekitar 1.5mx1.5m.

Gambar Foto Cara Menanam Sambiloto di PotAda banyak tanaman herbal yang berkhasiat di Indonesia namun tidak akan ada yang sebaik tanaman sambiloto ini. Sebagai informasi pengetahuan yang baru, ikuti semua langkah-langkah cara menanam sambiloto yang praktis di rumah.

Baca juga cara tanam yang lainnya dalam Tanaman Herbal

Cara di atas setidaknya bisa membantu Anda untuk mewujudkan keinginan memiliki tanaman sambiloto sendiri di rumah.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here