Cara Menanam Tembelekan (Lantana Camara) Dalam Pot Cantik

Posted on

Cara Menanam Tembelekan, Flowerian.Com – Tanaman hias lantana maupun saliara berbahasa latin lantana camara yang asli berasal dari kawasan tropis Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Gambar Foto Cara Menanam Tembelekan Sebagai Hiasan Halaman RumahTanaman tembelekan atau lantana camara ini tumbuh dengan sangat baik di atas ketinggian 1.700 meter dpl, udara yang dingin cocok sekali untuknya.

Tanaman ini mampu tumbuh hingga 2 meter, dan untuk pertama kalinya populer di tahun 1937 saat majalah New York Times telah menerbitkan artikel menarik “Grow Lantana For Your Butterfly Garden”.

Dari sanalah mulai banyak orang di dunia yang tertarik untuk mengembangbiakkan tanaman hias ini di rumah. Lantas, bagaimana cara menanam tembelekan (lantana camara), simak selengkapnya berikut ini:

Media Pot dan Cara Pengepotan yang Baik – Cara Menanam Tembelekan

Gambar Foto Cara Menanam Tembelekan agar Cepat BerbungaMenanam tembelekan bisa dilakukan di dalam sebuah pot tanaman maupun media tumbuh yang telah disesuaikan sebelumnya dengan tanaman yang nantinya akan dipotkan.

Bila pot dan juga media yang disiapkan tersedia, Anda harus memastikan jika pot memiliki lubang-lubang drainase yang mencukupi.

Anda harus mengisikan media pot hingga 1/3 baru baru kemudia masukkanlah tanaman tembelekan dan upayakan agar media asalnya yang masih menempel pada tanaman tetap ada, sehingga tanaman tidak akan mengalami stres ketika beradaptasi dengan media baru.

Gambar Foto Cara Menanam Tembelekan dalam Media PotBila diperlukan, Anda bisa menambahkan lagi media tanam dan sesekali terus memegang tanaman dengan sebelah tangan dan disaat hampir penuh, tekanlah media secara perlahan dengan ibu jari sehingga tanaman bisa berdiri dengan kokoh.

Cara Menanam Tembelekan (Lantara Camara) Dengan Pot

Sebelum memulai proses penanaman tanaman tembelekan, Anda harus mempersiapkan media tanamannya terlebih dahulu, dan pot yang paling dibutuhkan harus sudah tersedia.

Gambar Foto Cara Menanam Tembelekan dari BibitPertama-tama, persiapkanlah medi tanam dan letakkan beberapa pecahan batu sebagai pengikat air, letakkan tepat di dasar pot, selanjutnya isilah pot dengan menggunakan campuran tanah yang ideal untuk masing-masing jenisnya.

Buatlah campuran umum media penananam dari 1/3 pasir, 1/3 tanah, 1/3 pupuk kandang, campuran tanah inilah yang nantinya akan digunakan sebagai tempat penanaman tumbuhan tembelekan di dalam pot.

Proses Pengairan yang Baik dan Benar

Gamba Foto Cara Menanam Tembelekan di TamanAda beberapa cara yang tepat untuk melakukan pengairan pada tanaman tembelekan, terlebih bila cara menanam tembelekan (lantara camara) yang Anda coba adalah penanaman di dalam pot.

Jangan menyiram air secara sembarangan, pastikan bila Anda menyiam air melalui alas pot.

Caranya mudah dan cara ini akan membantu air meresap ke atas media tanam melalui sistem kapiler sehingga media tidak akan terlalu lembab, namun ketersediaan air mencukupi.



Gambar Foto Cara Menanam Tembelekan untuk BudidayaUntuk membantu proses peresapan airnya ke media tanam baiknya Anda memasangkan tali di media ke alas pot melalui lubang drainase.

Sudah seharusnya air diberikan secara langsung pada media tanaman dan pada cara ini air bisa disiramkan ke media tanam atau dengan mengguakan pipa yang ditancapkan langsung ke media tanam, namun pastikan juga jika air siraman tak mengenai tanaman tembelekan secara langsung.

Lakukan pengairan ini di pagi hari sekitar jam 7-10 pagi.

Ada banyak tanaman cantik yang bisa jadi hiasan rumah, salah satunya yang paling populer adalah tanaman tembelekan yang akan terlihat sangat indah bila tumbuh dan berkembang di pot yang cantik.

Cara menanam tembelekan (Lantara camara) di atas semoga dapat membantu Anda menanam tanaman tembelekan dengan baik dan benar, sehingga tanaman hias ini akan tumbuh dengan baik tidak layu karena kekeringan.

Baca juga: Cara Menanam Tumbuhan Patah Tulang

Jangan lupa Like and Share nya yah… Bagikan ke teman dan keluarga atau kenalan di sosial media

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *