Cara Menanam Bunga Melati Untuk Budidaya, FLOWERIAN.com – Bunga melati merupakan salah satu bunga khas yang dimiliki oleh Indonesia.

Wanginya yang semerbak mewangi menjadi ciri khas bunga melati. Kegunaan bunga melati pun sangat beragam.

Bunga melati dapat diambil ekstraknya untuk dijadikan parfum. Ini lah satu bunga kebanggan bunga indonesia yg dijadikan parfum.

Gambar Cara Menanam Bunga Melati Untuk BudidayaBunga melati juga sering dijadikan sebagai dekorasi acara-acara seperti acara pernikahan maupun upacara-upacara maupun ritual adat lainnya.




Ini menjadikan pangsa pasar bunga melati tidak pernah surut. Budidaya bunga melati pun tidak terlalu sulit. Berikut beberapa teknik dan cara untuk dapat menanam bunga melati untuk budidaya.

Cara Menanam Bunga Melati untuk Budidaya Komersil

Pertama-tama, anda harus menyiapkan lahan untuk tempat penanaman budidaya melati anda. Setelah lahan diolah, langkah selanjutnya adalah dengan memberi lahan tersebut pupuk.

Ini dilakukan untuk sebagai pupuk dasar sehingga lahan tersebut mempunyai unsur-unsur penting yang nantinya akan dibutuhkan oleh tanaman bunga melati.




Beri pupuk KCl dua gram serta tiga gram untuk TSP. Berikan KCl dan TSP dengan takaran tersebut pada setiap lubang yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat untuk menanam setiap bibit tanaman bunga melati.

Untuk jumlah total pupuk yang dibutuhkan, anda dapat mengalikannya dengan jumlah seluruh luas area untuk menanam bibit bunga melati.

Gambar Cara Menanam Bunga Melati Untuk Budidaya RumahanSelain dua jenis pupuk tadi, untuk membuat lahan menjadi lebih subur anda juga dapat menambahkan unsur asam humus. Sehingga nantinya tanaman bunga melati anda tumbuh dengan cepat dan sehat.

Satu bibit melati yang masih memiliki polybag yang membungkus akarnya untuk satu lubang pada media tanam.




Namun ketika menanam, lepaskan polybag. Biarkan tanah ang membungkus akar bibit melati ketika bibit melati tersebut dimasukan ke dalam lubang tanam. hal ini untuk membuat bibit melati agar dapat bertahan di lahan yang baru.

Ketika melati sudah berumur beberapa hari, perhatikan apakah semua bibit tersebut semuanya sudah tumbuh dengan baik atau tidak.

Jika ada tanaman bunga melati yang layu, tumbuh tidak normal ataupun mati, segera ganti dengan bibit melati yang baru.

Gambar Cara Menanam Bunga Melati Untuk Budidaya yang BaikLakukan langkah pergantian ini maksimal dua bulan setelah penanaman. Jika lebih, mungkin anda akan kesulitan untuk merawatnya karena usia tanaman yang tidak seragam.

Cara Menanam Bunga Melati Untuk Budidaya – Penyiangan

Gambar Tip Bagaimana Cara Menanam Bunga Melati Untuk Budidaya

Setelah satu bulan, anda harus melakukan penyiangan pada lahan serta tanaman melati anda.

Penyiangan dilakukan agar tidak ada rumput maupun tanaman liar lain yang akan mengganggu dan menghambat tumbuhnya tanaman bunga melati.

Jangan lupa untuk memupuk tanaman bung melati secara teratur, yaitu dalam waktu tiga bulan sekali.

Adapun jenis pupuk yang dibutuhkan oleh tanaman melati adalah jenis pupuk KCl, TSP dan Urea. Semoga Cara tulisan cara menanam bunga melati untuk budidaya ini bermanfaat.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here