Cara Menanam Daun Kemangi, Flowerian.Com – Siapa pun yang suka makan lalapan pasti mengenal dengan baik apa itu daun kemangi? salah satu jenis dedaunan yang kerapkali dikonsumsi sebagai lalapan.

Gambar Foto Cara Menanam Daun Kemangi di PolybagDaun kemangi memilki aroma yang sangat unik, jadi memang sangat pas bila dijadikan sebagai lalapan atau bahan pelengkap masakan.

Saking populernya, kini banyak orang yang mulai tertarik untuk menanam sendiri daun kemangi di rumah, selain menghasilkan tanaman yang bermanfaat, keberadaan tanaman daun kemangi di rumah pun membuat rumah menjadi lebih asri, berikut cara tanam daun kemangi yang baik dan benar:

Media Tanah




Mungkin Anda sedikit keheranan, mengapa harus membeli tanah sedangkan ada banyak tanah yang nganggur di luar rumah?

Untuk mendapatkan hasil yang baik, menanam daun kemangi tidak bisa dilakukan di sembarang tempat, harus dengan memakai jenis tanah yang padat dan baik dengan drainase yang bagus yang berpotensi menjaga agar tanaman daun kemangi dari proses pembusukan.

Pot




Gambar Foto Cara Menanam Daun Kemangi di PotAda banyak jenis pot yang dapat Anda pilih, mulai dari pot yang terbuat dari tanah liat, batu, plastik bahkan beton namun pot terbaik yang dianjurkan untuk digunakan saat menanam daun kemangi adalah pot yang memiliki lubang drainase tepat di bagian bawahnya.

Sebelum digunakan, jangan lupa untuk mensterilkan pot dengan memakai larutan yang dibuat dari hasil campuran air serta bahan pembersih ringan, gosok lantas bilas sampai menjadi kinclong.

Beli biji atau Benih Kemangi

Bibit tanaman ini cukup rapuh dan cenderung mudah sekali rusak selama proses penanaman berlangsung maka dari itu, cukup banyak petani yang memilih untuk menanam daun kemangi ini dengan memakai bijinya saja.




Cara Menanam Daun Kemangi Memakai Pot

Langkah pertama proses penanaman daun kemangi adalah dengan mengisi pot yang sudah disterilkan dengan tanah kurang lebih ¾ bagian, tunggu tanah tetap rekah, jangan sampai Anda memadatkan tanah hingga ke dasar pot.

Tanah yang padat akan mempersulit tanaman kemangi untuk mulai bertumbuh dan mengambil nutrisi dari dalam tanah melalui akarnya. Siram air secukupnya supaya tanah menjadi lebih lembab.

Tabur biji tanaman kemangi yang jaraknya sekitar 2.5-5 sentimeter antar bijinya bila Anda memilih menanam daun kemangi di dalam wadah berukuran besar.

Sebarkanlah biji sepanjang wadah bila Anda ingin memakai pot tanaman yang bentuknya kotak dan memanjang, seperti pot yang kerapkali digunakan untuk menanam bunga atau tanaman herbal.

Gambar Foto Cara Menanam Daun Kemangi untuk BudidayaApabila memakai cara tersebut, maka Anda wajib memberi jarak tanaman, dan segera pasca semaian mulai bercambah lalu mencapai ketinggian kurang lebih 5 sentimeter.

Tutuplah biji dengan memakai tanah halus serta kompos yang diberikan sekiar ¼ inci atau dengan ketinggian.

Basai tanah dengan menggunakan botol penyemprot, ada pun proses perkecambahan akan terjadi sekitar satu pekan lamanya.

Cara Menanam Daun Kemangi dan Perawatan

Cukup dengan meletakkan pot daun kemangi berdekatan dengan jendela yang terkena sinar matahari maka tanaman yang Anda tanam ini akan tumbuh dengan cukup subur, karena sinar matahari memiliki peranan yang cukup penting terhadap pertumbuhan daun kemangi.

Gambar Foto Cara Menanam Daun Kemangi di Pot Teras RumahTanaman ini setidaknya butuh 6 jam sinar matahari tiap minggunya. Jangan lupa pula untuk memberikan tambahan cahaya buatan, dengan memanfaatkan lampu neon bila sinar matahari yang diperoleh tanaman dirasa kurang.

Panen Kemangi

Petiklah daun kemangi per helai daun karena tanaman ini bisa dipetik kapan saja tidak akan merusak tanaman. Usahakan untuk memotong seluruh tangkai tepat di bagian atas di sepanjang daun terbawah.

Coba untuk Menanam Herbail Lainnya Juga: Daun Afrika

Bagaimana, mudah sekali bukan cara menanam daun kemangi di rumah, Anda bisa mulai mengaplikasikannya dari sekarang.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here