Cara Menanam Empon Empon yang Mudah dan Cepat

Posted on

Cara Menanam Empon Empon, Flowerian.Com – Indonesia memiliki beragam tanaman obat yang mana biasa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit.

Aneka jenis empon-empon yang biasa ditanam petani Indonesia adalah jahe, laos atau lengkuas, kencur dan juga kunyit.

Selain dimanfaatkan sebagai tanaman obat, aneka rempah ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur.

Anda yang tertarik untuk menanam empon empon sendiri di rumah bisa mengikuti step by step berikut ini:

Siapkan Media Tanam

Media tanam untuk tumbuhan ini bisa sangat beragam, bisa dengan memakai tanah, pupuk organik maupun pasir.

Namun berikan perhatian yang sangat baik bila Anda memutuskan untuk menanam empon empon dengan media tanah karena dibutuhkan tanah yang subur dan gembur untuk membuat tanaman ini berhasil dipanen.

Klasifikasi dari tanah gembur sangatlah banyak, tanah yang gembur setidaknya harus memiliki komposisi tanah liat, debu dan pasir secara seimbang, berbeda halnya dengan tanah yang subur yang mengandung unsur hara yang sangat banyak.

Pasir

Untuk media tanam pasir, Anda bisa menggunakannya bila mana Anda tidak berhasil mendapatkan tanah liat yang baik dan gembur.

Namun yang perlu Anda pastikan adalah pasir yang dipakai merupakan pasir yang memiliki kandunan tanah liat atau cukup campurkan sedikit tanahnya untuk perpaduan yang terbaik.

Cara Menanam Empon Empon dan Pemberian Pupuk Organik

Media tanam yang satu ini cukup dianjurkan untuk membuat tanaman tumbuh dengan subur dan pupuk kandang yang dianjurkan untuk dipakai adalah pupuk kandang yang sudah dihancurkan serta difermentasi supaya bisa diserap dengan baik oleh tanaman empon-empon dengan cukup baik.

Pembibitan

Pastikan untuk memilih tanaman empon yang sudah berusia tua dan sehat sebaai bibit tanaman karena bibit yang baik akan menghasilkan tanaman empon empon terbaik, ada pun ciri ciri dari tanaman empon yang baik dan sehat bisa dinilai dari berbagai sudut terutama dari jenis tanamannya.

Namun secara spesifik bisa disimpulkan jika tanaman ini memiliki pertumbuhan yang sangat baik dan tidak memiliki penyakit.



Kondisi dedaunan yang masih sangat baik tidak terserang oleh hama dan memiliki akar tumbuh yang simetris dengan bentuk tanaman yang terlihat gemuk.

Cara Menanam Empon Empon yang Benar

Anda bisa menanam bibit tanaman empon empon ini di media tanam yang sebelumnya sudah Anda pilih dengan cara membuat lubang untuk menempatkan bibit tanamannya, hal ini bisa dilakukan di dalam pot maupun poly bag.

lubang sengaja dibuat dengan disesuaikan seukuran bibit tanaman itu, setelah itu tutuplah kembali lubang dan padatkan seperlunya saja, jangan lupa untuk menyiram tanaman dengan air sehingga bibit tanaman tidak pernah kekurangan air untuk pertumbuhannya.

Pemeliharaan

Proses pemeliharaan tanaman ini cukup mudah, Anda hanya perlu menyiram tanaman secara rutin dan memberikan pupuk semaksimal mungkin, hindari tanaman dari hama serta penyakit yang bisa menyerang tanaman.

Ada trik bagus yang bisa Anda manfaatkan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman yakni dengan cara menggemburkan media tanam apabila media tanam Anda tampak terlalu padat dari biasanya.

Pemanenan

Siklus dari panen tanaman ini sekitar 10 bulan, namun tergantung pula dari jenis tanaman yang akan Anda tanam.

Ciri tanaman empon empon yang siap untuk dipanen merupakan tanaman yang telah melalui masa mengering yakni dedaunan dan batangnya telah menguning.

Foto Berbagai Macam Empon-Empon

Gambar Foto Cara Menanam Empon Empon - Jahe
Jahe
Gambar Foto Cara Menanam Empon Empon - Kencur
Kencur
Gambar Foto Cara Menanam Empon Empon - Kunyit
Kunyit
Gambar Foto Cara Menanam Empon Empon - Lengkuas Laos
Lengkuas
Gambar Foto Cara Menanam Empon Empon - Temulawak
Temulawak

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Herbal

Semoga cara menanam empon empon yang telah disebutkan di atas bisa memberikan cukup bantuan bagi Anda yan tertarik budidaya rempah ini pada saat ini.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *