Cara Menanam Bunga Petunia, FLOWERIAN.com – Apakah anda pernah mendengar nama bunga ‘petunia’? Bunga petunia ini sebuah bunga yang indah dengan bentuknya yang menyerupai terompet.

Dengan perpaduan warna ungu dan putih serta ukurannya yang kecil menjadikan petunia ini sebagai bunga yang cocok untuk ditempatkan di pot gantung.

Gambar Cara Menanam Bunga Petunia Di Pekarangan RumahSebagai alternative lain, anda juga dapat menempatkan bunga di balkon rumah anda.

Sehingga ini akan sangat menyegarkan mata anda jika anda sedang bersantai-santai sore di balkon rumah anda. Ingin menanam bunga petunia?




Tunggu dulu, lihat apakah lingkungan tempat anda tinggal termasuk tempat yang baik untuk hidup bunga petunia ini.

Bunga petunia ini berasal dari daerah pegunungan. Sehingga, jika anda berada di dataran rendah, mungkin lingkungan Anda bukanlah tempat yang cocok untuk tumbuhnya si bunga cantik ini. Untuk menanam bunga kecil nan cantik ini, anda bisa menanamnya dengan bibit berupa benih.

Cara Menanam Bunga Petunia – Penyemaian

Jadi, nantinya anda perlu melakukan penyemaian dulu terhadap benih petunia ini. Dengan penyemaian maka kita dapat mengantisipasi jikalau bibit-bibitnya ada yang mati maka kita masih bisa menggantinya dengan yang baru.




Ketika penyemaian, hindarkan benih petunia yang sudah disemai dari jangkauan sinar matahari langsung. Bunga petunia ini akan sangat tidak tahan dengan panas sinar matahari secara langsung.

Jadi, tempatkan penyemaian petunia di area yang lembab. Jaga pula suhu area penyemaian agar tetap dengan suhu yang cukup sejuk agar benih petunia dapat tumbuh menjadi kecambah.

Setelah petunia ini berubah menjadi kecambah, anda selanjutnya harus menyiapkan media untuk menanam petunia. Siapkan pot dengan ukuran yang anda kehendaki, dapat juga menggunakan pot gantung.

Cara Menanam Bunga Petunia – Media Tanam

Setelah itu, masukan media tanam berupa tanah gembur, arang sekam serta dicampur dengan pupuk kandang ataupun pupuk kompos. Media yang subur akan sangat baik untuk tumbuhnya bunga petunia.




Gambar Cara Menanam Bunga Petunia Dalam PotUntuk menyiram, anda dapat melakukan penyiraman dua kali satu hari yaitu pada pagi dan sore hari.

Namun ketika cuaca sangat panas, anda dapat menambah jadwal penyiraman dari tiga hingga empat kali dalam satu hari.

Ini dilakukan agar tanah sebagai media petunia tumbuh ini tidak mongering.

Tanah tersebut nantinya tetap gembur dan tetap bisa menjadi tempat tumbuh yang baik untuk akar-akar bunga petunia.

Baca : Cara Merawat Bunga Petunia

Untuk tumbuh menjadi petunia besar, dibutuhkan waktu paling tidak lima hingga enam bulan. Dan setelah itu petunia pun akan berbunga. Demikian Cara Menanam Bunga Petunia, Selamat mencoba.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here