Budidaya Cara Menanam Vanili, Flowerian.Com – Vanili merupakan salah satu hasil produksi dari pertanian yang bernilai tinggi. Sehingga, tak heran jika tanaman vanili mendapat sebutan sebagai “emas hijau”.

Gambar Foto Cara Menanam Vanili dengan Tiang BuatanNamun, perlu diketahui juga tidak semua tanaman vanili memiliki kualitas yang baik. Hanya tanaman vanili yang berkualitas baik yang memiliki harga istimewa.

Ada banyak produsen yang menjual bibit tanaman vanili, maka anda sebagai produsen yang akan membudidayakan tanaman vanili pilihlah produsen yang menjual bibit unggul tanaman vanili.

Nah sebelum mengetahui cara menanam vanili berikut penjelasan singkat tentang tanaman vanili.




Sebelum tahu lebih lanjut dalam proses penanaman, ada baiknya mengetahui beberapa hal. Muali dari suhu yang baik hingga tanah yang menjadi media tanamnya.

Tanaman vanili dapat hidup di daerah yang memiliki iklim tropis degan curah hujan antara 1000-3000 mm/ tahun, kemudian cahaya matahari lebih kurang 30%-50% , suhu udara optimal 200C-250C, kelembaban udara sekitar 60%-80%, dan ketinggian tempat 300-800 m dpl.

Tanaman vanili juga cocok ditanam di atas tanah gembur yang ringan. Tanah gembur ini adalah sejenis tanah yang memiliki tipe tanah berlempung berpasir dan mudah menyerap air. Ada pun pH tanah jenis ini adalah 5,7-7.




Budidaya cara menanam vanili

Sebenarnya cara menanam vanili ini tidak begitu susah. Sebab, bergantung dari kekonsistenan dalam merawat tanaman tersebut mulai dari pemilihan lahan hingga proses panen.

Di bawah ini ada 6 tahap yang harus dipelajari dan dilakukan dalam menanam vanili:

  1. Lahan
  2. Penanaman bibit vanili
  3. Pemeliharaan
  4. Penyerbukan
  5. Pengawasan
  6. Panen

Baik mari kita bahas satu persatu bagaimana cara menanam vanili dengan benar.

Cara Menanam Vanili yang Baik dan Benar

1. Persiapan lahan




Dalam memulai menanam tanaman vanili dibutuhkan lahan yang harus anda persiapkan jauh-jauh sebelumnya minimal 1-2 tahun. Mengapa? Pada lahan yang memang sudah ada lama itu anda harus menanami tanaman pelindung.

Fungsi tanaman pelindung ini adalah sebagai tempat melekatnya vanili untuk tumbuh. Yang perlu anda ketahui adalah bahwa tanaman vanili ini tidak bisa berdiri tegak dengan sendirinya, maka dibutuhkanlah tanaman pelindung tersebut.

Nah, jika anda merasa kesusahan harus mempersiapkan lahan dan tanaman pelindung yang cukup lama anda juga bisa menggunakan cara berikut.

Yakni dengan menggunakan bambu atau pun kawat yang bisa anda bentuk sesuai dengan keinginnan anda.

Intinya agar tanaman vanili yang anda tanam dapat menjalar ke bambu atau kawat yang anda buat.

Kemudian pastikan juga anda membersihkan terlebih dahulu lahan yang akan anda gunakan untuk tempat menanam tanaman vanili.

Mengapa? karena jika ada tanaman seperti lumput liar, misalnya gulma. Ia akan menghambat pertumbuhan dari tanaman vanili.

Jika anda membuat tanaman pelindun maka lakukan langkah-langkah berikut ini. Misalnya dengan buat lubang tanam untuk bibit vanili dengan jarak 30 cm dari lubang tanam.

Buatlah ukuran lubang tanam dengan ukuran 30x30x30 cm. Isi lubang tanam dengan pupuk kandang. Kemudian biarkan selama 3-4 hari.

Cara Menanam Vanili dari Bibit

Dalam proses penanaman bibit vanili ada beberapa cara yang dapat anda gunakan:

2. Menyeleksi bibit vanili

Adapun jenis vanili yang memiliki nilai ekonomi adalah seperti, Vanilla planifolia Andrews, Vanilla tahitensis JW. Moore, dan Vanilla pompan. Kemudian untuk memilih bibit vanili pilihlah yang tergolong bibit generatif dan vegetatif.

Ada pun syarat dari bibit generatif adalah tulen, memiliki sifat yang hampir sama dengan induknya. murni, biji tidak tercampur dengan yang memiliki kualitas jelek. Kondisi biji dalam kondisi segar dan sehat.

Sedangkan bibit vegetatif adalah bibit tanaman induk yang sehat dan cukup umur, juga sudah mengeluarkan sulur dahan yang kuat, tanaman induk belum atau jangan sampai berbuah.

2.  Menyiapkan bibit vanili

Untuk persiapan dari bibit generatif berasal dari bibit unggul. Sedangkan untuk persiapan bibit vegetatif dapat dilakukan dengan cara stek. Cara ini dapat mempercepat proses perakaran.

Adapun proses stek pada biji vegetatuf ini dapat direndam HORMONIK (1-2 cc/liter) kemudian dibiarkan agak layu baru ditanam dan disiram POC NASA (2-3 ttp) + HORMONIK ( 1 ttp) per 10 liter air.

3. Menyemaikan Bibit vanili

Bibit vanili disemaikan dalam tanah yang berpasir, agar akar mudah tumbuh. Untuk tempat penyemaian ini pilihlah tempat yang teduh.

4. Pemeliharaan Penyemaian bibit vanili

Untuk pemeliharaan penyemaian bibit vanili ini dilakukan setiap hari, namun jangan terlalu basah. Anda juga harus menyingkirkan bibit vanili yang jelek.

5. Memindahkan bibit vanili

Dalam proses pemindahan bibit vanili bergantung asal bibit, yaitu bibit stek sekitar umur 1-2 bulan bibit vanili.

Cara Menanam Vanili – Pemeliharaan

Untuk proses pemeliharaan atau perawatan tanaman vanili ini ada beberapa hal yang perlu anda kerjakan. Karena beberapa hal ini juga dapat mempengaruhi untuk hasil panen anda nanti. Apa saja?

6.  Penyiraman

Penyiraman bertujuan untuk menjaga kelembapan tanaj dan menjaga agar tanah tetap basah.

7. Penyiangan

Penyiangan dimaksudkan untuk menjaga ligkungan dari tanah sehingga tanaman vanili terhindar dari rumput liar atau gulma yang mengganggu pertumbuhan tanaman vanili.

8. Pemupukan

pemupukan dilakukan agar tanaman vanila yang anda tanam menjadi subur dan sehat. Disarankan untuk menggunakan pupuk kandang dan pupuk urea.

9. Pemangkasan

Bukan hanya tanaman vanili juga yang dipangkas namun juga tanaman pelindung. Pemangkasan ini berfungsi untuk memaksimalkan tingkat panen yang akan anda dapat nantinya.

10. Penyerbukan

Proses penyerbukan pada tumbuhan bisa dilakukan sendiri, bantuan hewan, atau angin. Namun, penyerbukan pada tanama vanili ini berbeda.

Penyerbukan pada tanaman vanili dilakukan dengan bantuan manusia karena tanaman vanili tidak dapat melakukan penyerbukan sendiri.

Dalam proses penyerbukan, anda bisa menggunakan alat seperti lidi atau batang apapun yang kecil ukuran 10-15 cm, lalu carilah rostellum yang biasanya menghalangi putik dan kepala sari, jika sudah ketemu sekarang saatnya anda menggunakan alat yang telah anda miliki tadi untuk menyatukan putik dan kepala sari vanili tersebut.

11. Pengawasan

Pada tahap pengawasan ini saat dibutuhkan ketelatenan anda dalam mengawaasi gulma yang menempel pada tanaman vanili anda.

Selain gulma hama-hama yang mengganggu juga perlu diawasi. untuk membasmi hama anda bisa melakukan penyemprotan pestisida dan juga Natural GLIO untuk mencegah pembusukan pada batang vanila anda.

Cara Menanam Vanili – Panen

Dari proses cara menanam vanili, ini lah hari yang ditunggu. Tanaman vanili anda siap di panen biasanya sekitar 8-9 bulan. Atau tanda-tanda tanaman vanili anda siap dipanen adalah memiliki warna kehijauan gelap dan memiliki garis-garis berwarna kekuningan.

Gambar Foto Cara Menanam Vanili Agar Subur dan Menghasilkan

Gambar Foto Cara Menanam Vanili dan Cara Pengawinannya

Gambar Foto Cara Menanam Vanili dan Penyerbukannya

Gambar Foto Cara Menanam Vanili dan Perawatannya

Gambar Foto Cara Menanam Vanili dan Perkawinan Silang

Gambar Foto Cara Menanam Vanili Sederhana

Gambar Foto Cara Menanam Vanili Organik

Gambar Foto Cara Menanam Vanili di Pekarangan Rumah

Gambar Foto Cara Menanam Vanili di Kebun

Gambar Foto Cara Menanam Vanili untuk Budidaya

Gambar Foto Cara Menanam Vanili yang BenarMaka tanaman vanili anda siap untuk dipanen. Kemudian biasanya dalam proses panen yang dilakukan adalah dengan mengambil buah vanila yang sudah tua dan membiarkan vanila yang masih muda.

Hal ini dikarenakan buah vanila yang sudah tua memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari vanila yang masih muda.

Tau Edamame? Mau tau Cara Menanam Edamame?

Sekian cara menanam vanili mulai dari pemilihan lahan hingga proses panen. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda berbudidaya tanaman vanili.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here