Cara Menanam Bunga Gardenia, FLOWERIAN.com – Sebagian dari kita mungkin sudah tahu bahwa bunga bernama gardenia ini sebenarnya adalah bunga yang sering kita sebut dengan nama bunga kacapiring.

Di Bali, bunga yang memiliki wangi yang harum khas ini mempunyai nama yang sedikit berbeda dengan penamaannya oleh orang Jawa, jempiring.

Gambar Cara Menanam Bunga Gardenia Sendiri dengan MudahBunga ini bahkan menjadi simbol ataupun maskotnya kota Denpasar di Bali.

Salah satu manfaat menanam bunga kacapiring atau gardenia adalah, ketika berbunga bunga dari gardenia ini dapat digunakan sebagai pengharum ruangan.




Ini karena bunga kacapiring memiliki wangi harum yang sangat menyegarkan tidak seperti bunga lain yang terkadang wangi namun terlalu menusuk hidung.

Bentuk bunga ini mirip bunga melati dengan warna sama yaitu putih bersih. Namun, pada bunga kacapiring ukuran bunganya agak lebih besar serta kelopaknya tidak terlalu banyak.

Cara Menanam Bunga Gardenia Dengan Stek

Untuk menanam bunga kacapiring, anda dapat menyetek pada bagian tangkai tanaman bunga kacapiring yang dijadikan sebagai bibit.




Dari hasil penyetekan ini, kacapiring lalu dapat ditanam sebagai pagar hidup di sekitar halaman rumah anda.

Ya, tanaman kaca piring memang memiliki batang yang keras sehingga jika ditanam sebagai pagar, bunga kaca piring akan dapat melindungi tanaman-tanaman bunga lain yang ada di sekitarnya.

Untuk merawat bunga kaca piring atau gardenia agar tumbuh subur, anda dapat memberikan pupuk pada tanaman ini sekitar satu kali dalam satu bulan.

Tidak perlu menggunakan pupuk kimia, pupuk kandang atau pupuk kompos sekalipun dapat membuat tanaman bunga kaca piring ini menjadi tumbuh subur dan cepat besar.




Secara teratur anda harus memberi kaca piring pemupukan. Dengan pemupukan, anda juga dapat membuat tanah di sekitar tanaman ini menjadi subur dan banyak terdapat unsur haranya.

Cara Menanam Bunga Gardenia – Penyiraman

GAmbar Cara Menanam Bunga Gardenia PutihTanaman kaca piring juga membutuhkan penyiraman.

Dengan diberikan penyiraman yang teratur akan membantu tanaman kaca piring untuk melakukan proses fotosintesis. Sehingga nantinya tanaman ini dapat cepat berbunga.

Dalam satu tanaman bunga kaca piring akan dapat berbunga dari tiga hingga lima buah tangkai bunga.

Dengan jumlah bunga yang demikian, maka halaman rumah anda pun akan sangat indah serta sangat menyegarkan.

Selain sebagai pengharum ruangan, sebenarnya bunga kaca piring juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk macam-macam penyakit.

Daun dari tanaman kaca piring ini bahkan dapat digunakan sebagai obat demam, asma ataupun sesak napas, hipertensi dan penyalkit mulut seperti sariawan.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here