Cara Menanam Gambas Untuk Rumahan Atau Bisnis yang Menguntungkan

Posted on

Cara Menanam Gambas, Flowerian.Com – Menanam atau melakukan budidaya gambas atau yang dikenal juga sebagai tanaman oyong merupakan salah satu tindakan yang cukup menyenangkan dan menghasilkan.

Faktanya tanaman ini masih cukup diminati masyarakat Indonesia sebagai menu makanan bahkan di sebagian warung-warung pun ada

Gambar Foto Cara Menanam Gambas di KebunCara budidaya tanaman gambas atau oyong tidak sulit kok, tanaman semak ini bisa tumbuh dengan mudah di berbagai tempat, mau itu di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Untuk menyokong proses pertumbuhan tumbuhan gambas memerlukan suhu sekitar 18-29 derajat Celcius, kondisi tanah yang subur, gembur dan dipenuhi oleh unsur hara dan pastinya memiliki pH tanah di antara 5,6-6,8 dengan tata air yang cukup baik. Berikut cara lengkap menanam atau budidaya tanaman gambas:

Persiapkan Lahan Tanaman Dengan Baik

Salah satu unsur yang sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk dapat berkembang dengan baik dan subur adalah tanah.

Bila tanaman tumbuh di tanah yang kurang sesuai maka tanaman tidak akan bisa tumbuh sebagaimana seharusnya melainkan mati karena tidak mendapatkan tempat terbaik yang seharusnya dimiliki, bisa dibilang posisi tanah bagi tanaman sama halnya dengan posisi rumah bagi manusia.

Untuk menanam gambas atau oyong dibutuhkan tanah yang gembur yang telah dibajak atau ditraktor hingga memiliki kedalaman sekitar 20 sentimeter-30 sentimeter, telah disebarkan kompos yang dihasikan dari kotoran ternak sebanyak 20 ton/ha atau bokasi sebanyak 2-3 ton/ha

Jangan lupa untuk membuat bedengan sekitar 50 sentimeter-60 sentimeter di mana jarak antar bedengan berfungsi sebagai jalan perawatan maupun pemanenan selain untuk proses drainase.

Permukaan bedengan sengaja dibuat melengkung lantas bedengan akan ditutup dengan menggunakan plastik dengan ukuran sekitar 110-120 sentimeter.

Cara Menanam Gambas Dengan Memilih Bibit Terbaik

Supaya tanaman gambas yang Anda tanam tumbuh dengan baik dan subur, pilihlah bibit gambas yang tepat seperti bibit gambas hibrida/ f1 di mana bibit ini memiliki ketajaman mutu, sesuai dengan tempat ketinggian lahan dan pastinya juga sesuai dengan pasar di Indonesia khususnya.

Selain bermanfaat untuk Anda secara personal dan kepuasan, bibit yang baik dan tepat juga mempermudah Anda dalam melakukan perawatan sekaligus memberikan keuntungan yang berlimpah dari hasil panennya.

Cara Menanam Gambas yang Benar dan Sempurna

Untuk menanam dengan baik dan benar, Anda bisa membuat lubang di bedengan sekitar 10 sentimeter-15 sentimeter dari tepian plastik/mulsa, buatlah jarak di antar lubang sekitar 60 sentimeter.

Gambar Foto Bedengan Persiapan Tanah Cara Menanam GambasPastikan dan upayakan juga untuk mencampurkan biji yang akan ditanam dengan insektisida karbosulfan yang dosisnya 25 gram/3 kg bibit

Masukkanlah biji tanaman gambas dalam lubang di mana tiap lubangnya telah diisi dengan 2 biji gambas lantas tutup dengan tanah secukupnya saja supaya tidak terlalu padat.



Pemberian Pupuk

Proses pemberian pupuk ini dilaksanakan saat olah tanah sebelum bedengan dikerjakan supaya pupuk dasar terpendam di dalam bedengan. Lakukan proses pemupukan dengan skala dan tata cara yang tepat supaya tanaman gambas bisa tumbuh dengan baik.

Proses Pemiliharaan

Gambar Foto Budidaya Cara Menanam Gambas

Gambar Foto Cara Menanam Gambas Agar Berbuah Banyak

Gambar Foto Tiang Penyangga Cara Menanam Gambas

Gambar Foto Cara Menanam Gambas yang Baik

Gambar Foto Metode Cara Menanam Gambas yang TepatLakukan proses penyiangan dan juga pembersihan gulma sekiranya tiap 2 minggu sekali sedangkan penyiraman dilakukan tiap minggu sekali pasca pemberian pupuk.

Atau bila tanah tanaman gambas Anda tampak begitu kering, lakukan dengan mengalirkan air ½ dari tinggi bedengannya.

Baca juga: Budidaya dan Cara Menanam Vanili

Menanam apa pun, mau tanaman gambaas atau yang lebih dikenal sebagai oyong sangatlah menyenangkan bila Anda memahami tata cara menanam gambas sebagaimana yang sudah disebutkan di atas.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *