Cara Menanam Eceng Gondok yang Benar dan Mudah

Posted on

Cara Menanam Eceng Gondok, Flowerian.Com – Eceng gondok merupakan tanaman yang berasal dari benua Amerika, tepatnya Brazil yang kemudian terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan hingga sampai ke Benua Asia termasuk ke Indonesia.

Gambar Foto Cara Menanam Eceng Gondok untuk Kerajinan TanganTanaman ini tergolong tanaman air yang cepat sekali tumbuh dan berkembang hingga tidak jarang memblokir aliran air sekaligus merusak pelayaran para nelayan.

Meskipun demikian, beberapa orang menganggap jika tanaman ini cukup baik untuk ditanam bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari atau dibuat menjadi ketrampilan yang bisa dijual kembali.

Eceng gondok mungkin termasuk pada jenis tanaman yang mengganggu namun tanaman ini sesungguhnya memiliki karakter yang sangat cantik, bunganya berwarna ungu.

Bila pertumbuhannya dibatasi dengan baik maka tanaman eceng gondok akan membuat perairan atau kolam Anda tampak cantik.

Ada pun cara jitu membatasi pertumbuhan eceng gondok adalah dengan membatasi pertumbuhannya dengan menggunakan tali di sekitarnya, pasanglah sekitar 5 sentimeter tepat di atas permukaan air.

Cara Menanam Eceng Gondok Dengan Mudah dan Cepat

Karena pertumbuhan dan perkembangan tanaman eceng gondok sangat cepat, maka Anda tidak boleh memalingkan perhatian sedikit saja, setidaknya sebelum bepergian lama.

Anda harus mengurangi beberapa tanaman eceng gondok dari dalam kolam, karena bila tidak dilakukan seperti itu, tanaman eceng gondok akan melimpah ruah mengambil alih semua permukaan kolam.

Cara menanam tanaman eceng gondok ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu meletakan eceng gondok tepat di atas permukaan air kolam maka secara ajaib tanaman eceng gondok akan menyebar dan meluas seiring berjalannya waktu.

Sistem akar tanaman ini bercabang panjang dan juga berat hampir seperti ditutupi kumis hitam dan sangat efektif untuk membantu membuang kotoran ikan dari dalam air, karakter akar tua berwarna hitam sedangkan akar muda warnanya putih.

Akar tanaman eceng gondok bisa tumbuh sampai 45 sentimeter, bahkan lebih baik lagi bila dasar kolam Anda adalah lumpur, karena pertumbuhan dan perkembangan dari tanaman ini akan terjadi lebih cepat.

Cara Menanam Eceng Gondok Tanpa Hambatan

Tahukah Anda jika lebih dari 30 tahun yang lalu, NASA telah melihat adanya potensi besar dari tanaman eceng gondok untuk membantu memurnikan air pada perjalanan di luar angkasa yang panjang sehingga mereka melakukan penelitian berlanjut pada tanaman ini.

Hasil dari studinya, ditemukan bila tanaman eceng gondok bisa menghemat jutaan dolar bila digunakan sebagai fasilitas pemurnian air untuk membantu memurnikan air.

Hal yang satu ini berkaitan dengan kekuatan menakjubkan pada sistem akar tanaman eceng gondok untuk membantu proses penyerapan kotoran.

Sehingga tidak aneh jika saat ini tanaman eceng gondok banyak dimanfaatkan oleh pusat penanganan limbah di kota-kota besar di Amerika Serikat dengan kata lain tanaman ini merupakan jenis tanaman yang baik untuk kolam.



Tidak sekedar itu saja, tanaman eceng gondok pun bisa mengendalikan pertumbuan dari ganggang yang sifatnya merusak karena memangsa oksigen kolam.

Menanam eceng gondok memang baik namun bila dibiarkan tanpa adanya perhatian, eceng gondok bisa berkembang ke arah samping dan ke atas, tumbuh hingga 1 meter.

Bagaimana, bukankah cara menanam eceng gondok itu sangat mudah? Anda tidak perlu menyiapkan pupuk yang berlebihan karena tanaman ini bisa tumbuh dengan sangat mudah dan baik di dalam air, mungkin hanya perawatannya saja yang memerlukan banyak perhatian karena tanaman ini cepat sekali tumbuh dan kembangnya.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *