Cara Menanam Cengkeh, Flowerian.Com – Cengkeh memiliki nama latin Eugenia aromaticum yang cukup banyak diminati di Indonesia terutama sebagai bumbu dapur atau bahan pelengkap membuat rokok.

Gambar Foto Cara Menanam Cengkeh dari BibitAnda yang berminat melakukan budidaya cengkeh tentu harus mengetahui dengan baik bagaimana cara menanam tanaman cengkeh yang baik dan benar seperti di bawah ini.

Pemilihan Bibit Cengkeh

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih bibit cengkeh terbaik, usahakan untuk memilih bibit cengkeh yang memiliki tinggi sekitar 60 sentimeter yang telah berusia 1 tahun atau pilih yang tingginya 90 sentimeter dengan usia 2 tahun.




Lihat apakah akar tungganya lurus dan tampak sehat dengan panjang kurang lebih 45 sentimeter, memiliki batang tunggal dengan jumlah rata-rata percabangannya 7 pasang dengan mayoritas warna daun hijau tua.

Cara Menanam Cengkeh yang Tepat

Untuk menanam cengkeh dengan tepat, dibutuhkan lahan yang tepat sebagai salah satu media menanam cengkeh.

Maka dari itu, persiapkanlah lahan yang tepat untuk menanam bibit cengkeh, sebelum bibit cengkeh berhasil Anda tanam, pastikan untuk memberikan pupuk kandang 2 pekan hingga 1 bulan lamanya.




Gambar Foto Cara Menanam Cengkeh di PerkebunanAnda bisa membuat saluran drainase yang berfungsi untuk mengatur kelebihan debit air lantas perhatikan pula jarak tanamnya yang tidak begitu dekat, ada pun waktu terbaik yang bisa Anda pilih untuk menanam cengkeh adalah di awal musim hujan.

Proses Pemeliharaan Cengkeh

Ada beberapa hal yang mestinya Anda perhatikan pasca menanam cengkeh dan itu adalah proses pemeliharaan cengkeh. Karena proses pemeliharaan ini ternyata jauh lebih banyak dan rumit untuk dilakukan.

  • Proses pengelolaan lahan tanaman cengkeh harus dilakukan dengan baik, maka penggemburan tanah pun wajib dilakukan tepat di sekeliling tanaman dengan cara mencangkul tanah sekitar 10 senti.

Lakukan 2x selama setahun yakni diawal dan di akhir musim hujan. Jangan lupa pula untuk membersihkan alang-alang hingga ke akar-akarnya.




  • Musim hujan jadi waktu yang tepat bila Anda bermaksud untuk melakukan penyulaman.
  • Sedangkan proses penyiraman tanaman cengkeh akan sangat baik bila dilakukan disaat musim kemarau pada saat awal pertumbuhan cengkeh.

Karena setelah dewasa, Anda tidak perlu menyiram cengkeh lagi kecuali iklim sedang sangat kering.

  • Pemasangan mulsa menjelang musim kemarau, dengan tujuan untuk menjaga dengan baik kelembaban tanah.

Cara Menanam Cengkeh dan Pemberian Pupuk

Ada banyak jenis pupuk yang bisa Anda gunakan, namun untuk tanaman cengkeh, bisa menggunakan pupuk organik maupun pupuk an-organik yang memiliki bentuk butiran.

Gambar Foto Cara Menanam Cengkeh yang Baik dan BenarLakukan pemberian pupuk sekitar 2x setiap tahunnya, pada awal dan akhir musim hujan. Sedangkan untuk pupuk anorganik yang bentuknya tablet, berikan satu kali tiap tahun, di awal musim hujan.

Panen

Proses pemanenan tanaman cengkeh bisa Anda lakukan kurang lebih 6 bulan pasca satu atau dua bunga mekar dengan warna kuning kemerahan

Perhatikan pula kepala bunganya yang masih tertutup, tampak mengkilat dan berisi. Anda bisa langsung memetik bunga cengkeh yang telah penuh namun belum mekar.

Inilah cara menanam cengkeh dengan proses yang baik dan benar, karena cengkeh merupakan salah satu rempah yang mahal di Indonesia.

Budidaya ini bisa sangat menguntungkan untuk Anda, karena Anda tidak perlu membeli cengkeh setiap kali membutuhkannya, cukup pergi ke halaman rumah atau kebun untuk memetik sendiri cengkeh yang Anda butuhkan.

Baca juga yuk:

Selamat mencoba dan semoga cengkeh yang Anda tanam benar-benar menghasilkan cengkeh berkualitas tinggi!

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here