Cara Menanam Durian Montong, Flowerian.Com – Bulan ini kebetulan merupakan bulan yang tepat bagi para pecinta buah durian, karena durian sedang musimnya.

Banyak pedagang durian yang sengaja menjual durian mereka di pinggir jalan untuk menarik perhatian pembeli.

Anda gemar makan buah durian namun tidak mau menunggu musim durian, karena ingin makan buah durian setiap saat ketika suka maka sangat dianjurkan untuk memiliki pohon durian sendiri.

Tanam dan panen buah durian, bukankah terdengar sangat menyenangkan. Begini cara menanam buah durian jenis durian montong:




Cara Menanam Durian Montong – Persiapkan Lahan

Gambar Foto Cara Menanam Durian Montong yang BenarSebelum maju ke langkah lebih lanjut, hal pertama yang harus Anda lakukan saat akan menanam durian montong adalah mempersiapkan lahannya.

Lahan harus dibersihkan dari gulma berikut tanaman lainnya yang mengganggu masuknya sinar ultraviolet, ada pun pembukaan lahan sebaiknya Anda lakukan di musim kemarau tujuannya agar pada musim hujan sudah dapat dipakai

Setelah itu, buat lubang di tanah sekitar 50-60 sentimeter, diamkan lubang kurang lebih selama 2 pekan lantas beri pupuk kandang dan biarkan lagi selama 1 minggu supaya pupuknya meresap sempurna, sedangkan untuk jarak tanam, usahakan membuatnya sekitar 10×10 meter.




Pilih Bibit Unggulan

Setelah Anda selesai mempersiapkan lahan, lanjutkan tahapan kedua dengan memilih bibit yang berkualitas baik.

Gambar Foto Cara Menanam Durian Montong dari Beli BibitAnda wajib memilih bibit yang bentuknya bagus, bisa dilihat dari daun bibit. apabila daunnya tampak masih segar maka bibit durian montong tersebut akan tumbuh subur dan berbuah cukup banyak.

Namun bila dedaunan yang mati jauh lebih banyak maka bibit itu kemungkinan besarnya belum mempunyai akar yang berkualitas baik, amannya pilihlah bibit yang berkualitas baik dilihat dari bentuk yang maksimal tidak memiliki kecacatan.




Cara Menanam Durian Montong dan Perawatan

Pasca menanam bibit durian montong, hal pertama yang pasti dan wajib Anda lakukan adalah perawatan dengan baik dan rutin.

Mulai dengan menyiram tanaman, dimulai sejak awal pertumbuhan sampai tanaman siap untuk berproduksi, saat tanaman berbungai, dianjurkan untuk mengurangi intensitas penyiraman.

Menyiram tanaman durian montong, paling baik dilakukan saat pagi hari, jangan lupa pula bersihkan gulma maupun benalu yang ada di sekitar pohon supaya nutrisi yang diperlukan oleh durian montong tidak terserap oleh parasit-parasit tersebut.

Anda pun bisa melakukan pemangkasan ranting yang telah mati supaya tidak menghalangi masuknya sinar matahari.

Pemupukan pun tida boleh ketinggalan, selain memberikan pupuk di awal penanaman durian montong, pemberian pupuk pun harus dilakukan secara berkala, terkadang pupuk kandang diberikan sebanyak 3x selama satu tahun di awal musim kemarau dan 3 tahun pertama, Anda bisa memberikan pupuk NIP yang kadar N tinggi.

Cara Menanam Durian Montong dan Pemberantasan Hama

Gambar Foto Cara Menanam Durian Montong di Tanah KebunBeberapa penyakit kerapkali menyerang tanaman durian diantaranya ada penyakit busuk akar yang penyebab utamanya adalah jamur Phytophthora palmivora.

Dengan gejala awal seperti bagian pangkal pohon yang mengalami pengeropsan dan tampak mulai membusuk, bila hanya Anda biarkan begitu saja, lama kelamaan akar tersebut akan menyebar lalu membuat pohon durian montong mati.

Tangai penyakit ini dengan menyemprotkan pestisida khusus jamur pada tanaman tersebut terutama di bagian pangkal pohon durian.

Panen

Pada umumnya, buah durian motong akan berbuah saat berusia 4-5 tahun, bila ukuran si buah telah mencapai umur tersebut dan bila ukuran buah telah mencapai diameter 10 sentimeter.

Ikat batang buah durian montong dengan memakai tali supaya saat matang nanti buah durian tidak akan jatuh dan rusak parah.

Suka Anggur? Yuk Baca Cara Tanam Anggur Sekaligus Menghiasi Rumah

Itulan tata cara menanam durian montong yang lezat dan mudah, selamat mencoba dan semoga Anda menyukainya.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here